APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

IPS

Manusia, Tempat, dan Lingkungan

MATERI

Kondisi Iklim

Apa sih yang dimaksud dengan iklim?

Iklim adalah rata-rata keadaan udara (meliputi antara lain: suhu, tekanan udara, penyinaran matahari, kelembaban, dan curah hujan) pada suatu waktu dan wilayah tertentu di permukaan bumi. Iklim merupakan keadaan rata-rata cuaca dalam waktu dan daerah luas. Kondisi iklim dapat ditentukan menggunakan data cuaca selama bertahun-tahun. Posisi Indonesia mengakibatkan Indonesia memiliki iklim tropis. Iklim tropis memiliki ciri-ciri yaitu:

  1. Suhu udaranya yang tinggi sepanjang tahun dengan rata-rata 18-270C;
  2. Durasi siang dan malam hampir sama selama 12 jam;
  3. Matahari bersinar sepanjang tahun;
  4. Suhu udara tinggi sepanjang tahun;
  5. Perbedaan suhu antara siang dengan malam relatif kecil;
  6. Curah hujan yang relatif tinggi.
  7. Adanya musim hujan dan musim kemarau.
     

Musim

Apa sih yang dimaksud dengan musim?

Musim di Indonesia dipengaruhi oleh letak geografis wilayah Indonesia. Keberadaan wilayah Indonesia diantara Benua Asia dan Benua Australia menyebabkan terjadinya musim hujan dan musim kemarau di Indonesia. 

1. Musim Hujan
Musim hujan di Indonesia disebabkan oleh Angin Muson Barat yang bertiup dari Benua Asia ke Benua Australia. Angin Muson Barat bertiup pada bulan Oktober-Maret. Hal ini disebabkan mulai tanggal 23 September sampai dengan tanggal 21 Maret, kedudukan semu tahunan matahari berada di belahan bumi selatan, dan sampai pada garis lintang 23,50LS tanggal 22 Desember. Benua Australia sedang berlangsung musim panas sedangkan di Benua Asia berlangsung musim dingin. 

Akibatnya, udara di atas Benua Australia bertekanan minimum dan di atas Benua Asia bertekanan maksimum. Dengan demikian, bertiuplah angin dari Benua Asia ke Australia melalui Indonesia. Karena angin tersebut bertiup melintasi Samudera Pasifik yang luas, maka mengandung banyak uap air dan menyebabkan banyak terjadinya hujan setelah sampai di wilayah Indonesia. Oleh karena itu, pada musim tersebut sebagian besar wilayah Indonesia sedang mengalami musim penghujan.


2. Musim Kemarau
Musim kemarau di Indonesia disebabkan oleh Angin Muson Timur yang bertiup dari Benua Australia ke Benua Asia. Angin Muson Timur disebut juga Angin Muson Tenggara, angin muson ini bertiup bulan April-Agustus. Hal ini disebabkan mulai tanggal 21 Maret dan sampai 23 September, kedudukan semu tahunan matahari berada di belahan bumi utara, dan sampai garis lintang 23,50 LU tanggal 21 Juni. Benua Asia sedang berlangsung musim panas sedang di Benua Australia berlangsung musim dingin. Akibatnya, udara di atas Benua Asia bertekanan minimum dan udara di atas Benua Australia bertekanan maksimum. 

Dengan demikian, bertiuplah angin dari Australia ke Asia melalui wilayah Indonesia. Angin tersebut sebelum sampai ke wilayah Indonesia, melintasi wilayah gurun yang luas di Australia, kemudian melalui laut yang sempit di antara Australia dan Indonesia. Akibatnya angin ini sedikit mengandung uap air, dan tidak mendatangkan hujan ketika sampai di wilayah Indonesia. Jadi, pada musim tersebut sebagian besar wilayah Indonesia mengalami musim kemarau.

Pergerakan Angin Muson Barat dan Angin Muson Timur

Sumber: pakmono.com

1.

Pilihlah jawaban yang tepat dari soal di bawah ini!

Ciri daerah beriklim tropis antara lain…


A. Siang sangat panas dan malam sangat dingin
B. Memiliki musim panas dan musim dingin
C. Lama siang dan malam tidak sama
D. Ada musim hujan dan musim kemarau

JAWABAN BENAR

D.

Ada musim hujan dan musim kemarau

PEMBAHASAN

Iklim merupakan keadaan rata-rata cuaca dalam waktu dan daerah luas. Kondisi iklim dapat ditentukan menggunakan data cuaca selama bertahun-tahun. Indonesia merupakan negara yang memiliki iklim tropis. Ciri-ciri dari iklim tropis antara lain suhu udaranya yang tinggi sepanjang tahun dengan rata-rata 18-270C, durasi siang dan malam hampir sama selama 12 jam, matahari bersinar sepanjang tahun, suhu udara tinggi sepanjang tahun, perbedaan suhu antara siang dengan malam relatif kecil, curah hujan yang relatif tinggi, dan adanya musim hujan dan musim kemarau.

2.

Pilihlah jawaban yang tepat dari soal di bawah ini!

Angin Muson Timur yang bertiup antara bulan April-Oktober dari daratan Australia menuju Asia akan berdampak bagi wilayah Indonesia berupa…


A. Musim kemarau
B. Musim dingin
C. Musim penghujan
D. Musim pancaroba

JAWABAN BENAR

A.

Musim kemarau

PEMBAHASAN

Angin Muson Timur yang bertiup dari Benua Australia sebelum sampai ke wilayah Indonesia, melintasi wilayah gurun yang luas di Australia, kemudian melalui laut yang sempit di antara Australia dan Indonesia. Akibatnya angin ini sedikit mengandung uap air, dan tidak mendatangkan hujan ketika sampai di wilayah Indonesia. Jadi, hal  tersebut menyebabkan sebagian besar wilayah Indonesia mengalami musim kemarau.

redesain-navbar Portlet