APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Bahasa Indonesia

Artikel Ilmiah Populer

MATERI

Definisi Artikel

Sobat Pintar, pernahkah kalian membaca koran atau majalah yang di dalamnya terdapat artikel-artikel tentang lingkungan, kehidupan sebuah suku, atau hasil penelitian tentang hewan dan tumbuhan? Sering kali artikel tersebut disajikan dengan gambar dan grafik untuk melengkapi informasinya. Artikel ilmiah populer biasanya dimuat dalam media cetak dan elektronik. Lalu apa sebenarnya artikel ilmiah populer itu?

Artikel berati karya tulis, ilmiah artinya bersifat ilmu (mengandung ilmu pengetahuan), dan populer berarti sesuai dengan kebutuhan masyarakat pada umumnya; mudah dipahami orang banyak. Berdasarkan pengertian tersebut, kalian dapat  disimpulkan bahwa, artikel ilmiah populer adalah karya tulis yang mengandung ilmu pengetahuan dan ditulis dengan bahasa Indonesia yang ringan serta mudah dipahami. Jika artikel ilmiah harus menggunakan ragam bahasa formal dan baku, serta harus disusun secara sistematis, artikel ilmiah populer tidak. Jadi, artikel ilmiah sifatnya lebih bebas. 

Adapun tujuan penulisan artikel ilmiah populer adalah

  • Memperbanyak jangkauan pembaca.
  • menambah wawasan bagi semua kalangan, bukan hanya akademisi.
  • mengangkat isu atau topik yang sedang hangat dibicarakan.

Ciri-Ciri Artikel


Sobat, setelah memahami definisi artikel, apa saja ya ciri-ciri artikel? Yuk simak penjelasan di bawah!

Ciri-ciri artikel, yaitu 

1) Adanya pendapat penulis 
Pendapat merupakan sudut pandang atau penilaian penulis tentang suatu hal. Misalnya, penulis akan menyusun artikel ilmiah populer yang berjudul "Pentingnya Menggunakan Masker saat Pandemi Covid-19" maka dalam artikel tersebut akan dijumpai sudut pandang atau pendapat dari penulis mengapa menggunakan masker itu penting.

2) Adanya bukti 
Pernyataan diikuti bukti-bukti yang mendukung pendapat penulis.
Misalnya dalam hal ini penulis dapat menyebutkan bukti bagaimana masyarakat masih acuh tak acuh terhadap penggunaan masker, terutama ketika berada di tempat-tempat atau fasilitas umum.

3) Adanya alasan 
Alasan berupa penjelasan tentang pernyataan dan bukti-bukti.  Contohnya penulis dapat menyebutkan alasan mengapa menggunakan masker itu penting ketika pandemi, misal virus Covid-19 bisa menyebar dengan mudah  melalui droplet atau percikan dari saluran pernapasan. Hal itu bisa terjadi ketika orang yang terinfeksi batuk, bersin, berbicara, berteriak, atau bernyanyi, lalu droplet yang keluar terhirup melalui mulut atau hidung orang lain di sekitarnya. Nah, masker merupakan penghalang sederhana yang bisa membantu mencegah percikan pernapasan yang berisi virus dari orang lain masuk ke dalam tubuh kita. 

4) Bahasa ringan 
Bahasa yang digunakan dalam artikel ilmiah populer adalah bahasa ringan, artinya bahasa yang dapat dipahami oleh kaum awam.

5) Terdapat penggunaan fakta dan opini 
Fakta merupakan kalimat yang memiliki ciri : peristiwa atau keadaan yang benar-benar nyata, dapat dibuktikan kebenarannya, disertai data (persentase, tanggal kejadian), dan informasinya bersifat tetap. Sementara itu, opini adalah kalimat yang bercirikan dengan informasi yang belum tentu disetujui atau dibuktikan kebenarannya, biasanya terdapat kata relatif, kira-kira, menurut, berpendapat, perkiraan, seharusnya, atau sebaiknya. Selain itu, informasi dalam opini juga dapat berubah-ubah.

1.

Jawablah soal di bawah ini dengan tepat!

Berikut ini pernyataan yang tepat mengenai artikel ilmiah populer adalah ...


A. termasuk jenis karya sastra
B. bahasanya mudah dipahami
C. dimuat dalam media sosial
D. mengandung sedikit ilmu pengetahuan

JAWABAN BENAR

B.

bahasanya mudah dipahami

PEMBAHASAN

Artikel ilmiah populer merupakan jenis karya tulis ilmiah yang menggunakan bahasa ringan dan mudah dipahami oleh kaum awam.

2.

Kerjakan soal di bawah ini!

Yang tidak termasuk ciri-ciri artikel ilmiah populer adalah ...


A. Tidak mengandung opini penulis
B. terdapat bukti yang jelas
C. bahasanya ringan
D. adanya fakta

JAWABAN BENAR

A.

Tidak mengandung opini penulis

PEMBAHASAN

Artikel ilmiah populer seharusnya mengandung sudut pandang atau pendapat dari penulis mengenai suatu hal atau topik pembahasan.

redesain-navbar Portlet