APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Bahasa Indonesia

Artikel Ilmiah Populer

MATERI

Struktur Artikel

Struktur artikel ilmiah populer cenderung cukup singkat, padat, dan jelas. Oleh karena itu, artikel ilmiah populer terdiri atas empat bagian saja, yaitu judul, pendahuluan, isi, dan penutup. Berikut adalah penjelasan lengkapnya!

Judul
Judul artikel ilmiah populer umumnya lebih sederhana dan menarik minat pembaca, tetapi judul artikel tetap harus mencerminkan isi teks.

Pendahuluan
Pendahuluan adalah bagian yang menjelaskan tentang pengenalan atau pembukaan dari artikel ilmiah populer. Bagian ini juga dapat diisi dengan latar belakang atau alasan mengapa penulis membahas topik atau permasalahan ini.

Isi
Di dalam bagian ini, pandangan, bukti, dan alasan penulis mengenai topik yang dibahas disebutkan secara rinci. Biasanya penulis akan menambahkan beberapa argumen dari para ahli dan data yang mendukung suatu penulisan.

Penutup
Penutup berisi kesimpulan penulis tentang suatu topik yang sudah dianalisis.

Kaidah Bahasa Artikel Ilmiah Populer


Agar bahasanya lebih ringan dan isinya mudah dipahami, artikel ilmiah populer juga mengandung kalimat analogi, sinonim, dan antonim. Apakah yang dimaksud dengan kalimat perbandingan, analogi, sinonim, dan antonim itu? Simaklah penjelasan berikut ini!

Perbandingan 
Perbandingan artinya membandingkan dua hal yang mempunyai kesamaan bentuk dan sifat secara langsung. Biasanya terdapat kata daripada, seperti, selaras, dibandingkan, sementara. Contohnya pada kalimat Fasilitas untuk peserta didik difabel di sekolah ini tidak seperti fasilitas untuk peserta didik difabel di sekolahku.

Analogi
Analogi adalah membandingkan dua hal yang mempunyai kesamaan bentuk dan dengan cara kiasan atau perbandingan tidak langsung. Biasanya mengandung kata bak, bagai, umpama, seumpama, laksana. Contohnya pada kalimat Membicarakan fasilitas untuk peserta didik difabel cukup rumit, bak mencari jarum dalam jerami.

Sinonim 
Sinonim adalah kata yang memiliki persamaan atau kemiripan makna, seperti bertemu dan berjumpa, melihat dan menatap, dan lain sebagainya.

Antonim 
Antonim merupakan kata yang memiliki makna saling bertetangan, seperti bersih dengan kotor, rapi dengan berantakan, dan lain sebagainya.

1.

Jawablah soal di bawah ini dengan benar!

Struktur artikel ilmiah populer yang tepat adalah ...


A. Judul-latar belakang-isi-penutup
B. judul-isi-penutup
C. judul-pendahuluan-isi-penutup
D. judul-pendahuluan-pembukaan-isi-penutup

JAWABAN BENAR

C.

judul-pendahuluan-isi-penutup

PEMBAHASAN

Struktur artikel ilmiah populer terdiri atas judul-pendahuluan-isi-penutup

2.

Perhatikan kalimat berikut!

"Mencari ilmu itu layaknya mendaki gunung, akan banyak rintangan yang dihadapi"
Kalimat di atas mengandung ciri kebahasaan artikel ilmiah populer, yaitu ...


A. menggunakan sinonim
B. menggunakan antonim
C. menggunakan perbandingan
D. menggunakan analogi

JAWABAN BENAR

D.

menggunakan analogi

PEMBAHASAN

Kalimat mencari ilmu layaknya mendaki gunung merupakan contoh kalimat yang menggunakna bahasa analogi atau perbandingan secara tidak langsung yang menyamakan kegiatan mencari ilmu dengan mendaki guunung karena memiliki kesamaan, yaitu sama-sama memiliki rintangan berat.

redesain-navbar Portlet