APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Bahasa Indonesia

Iklan, Slogan, dan Poster

MATERI

Pengertian Iklan

PENGERTIAN IKLAN

Kata iklan pasti sudah tidak asing ditelinga kita. Pasalnya, kita sudah sering melihat iklan lewat televisi, bahkan juga lewat aplikasi sosial media. Akan tetapi, apasih sebenarnya iklan itu?? Jadi, pada umumnya, teks iklan adalah suatu media komunikasi yang sangat efektif untuk menyampaikan informasi kepada target masyarakat dengan tujuan untuk mempengaruhi, mempromosikan, mengingatkan, menginformasikan, melarang, membujuk dan merayu target audience.

Perhatikan gambar berikut!


Sumber : Bisniz.id

Belakangan ini, sobat pintar sering kan melihat gambar seperti di atas? Nah, gambar di atas merupakan contoh iklan yang bertujuan untuk mengingatkan, menginformasikan, dan mengajak audiens untuk melakukan langkah-langkah pencegahan virus Covid-19. Selain itu, iklan juga bertujuan  untuk memperkenalkan suatu produk, baik barang maupun jasa kepada masyarakat, guna menarik perhatian masyarakat untuk mengenali, membeli, hingga mengkonsumsi atau menggunakan produk yang diiklankan.

Tujuan dan Manfaat Iklan

TUJUAN DAN MANFAAT IKLAN

Tujuan Iklan

Dari pengertian iklan di atas, kita bisa tau apa tujuan dari iklan. Tujuan dari iklan diantaranya adalah:

1. Memberikan informasi kepada khalayak mengenai suatu produk barang atau jasa, merek, perusahaan, ataupun suatu ide. Iklan menggunakan bahasa persuasif dengan menonjolkan kelebihan produk/ jasa yang ditawarkan.
2. Mempengaruhi orang lain yang merupakan target market untuk menggunakan dan membeli produk atau jasa yang ditawarkan kepada mereka.

Manfaat Iklan

Iklan tidak akan pernah ada jika tidak memberikan manfaat bagi si pengiklan. Secara umum ada beberapa manfaat iklan yang bisa didapatkan oleh pengiklan, yaitu:

1. Produk yang diiklankan semakin terkenal oleh masyarakat luas yang menjadi calon konsumen produk tersebut.
2. Konsumen baru semakin bertambah sehingga meningkatkan angka penjualan produk/ jasa yang diiklankan.
3. Keuntungan pihak pengiklan akan meningkat karena penjualan produk/ jasanya yang diiklankan.
4. Meningkatkan brand awareness sebuah merek di masyarakat luas sehingga masyarakat mudah mengidentifikasi produknya.

Ciri-ciri Iklan dan Syarat Iklan

CIRI-CIRI TEKS IKLAN

Setiap teks pasti memiliki ciri-ciri tersendiri. Berikut ini adalah ciri-ciri iklan pada umumnya:
1. Informasi dan pesan yang disampaikan dalam iklan bersifat komunikatif dan informatif.
2. Iklan menggunakan kata-kata yang bersifat persuasif agar lebih menarik bagi orang lain.
3. Menggunakan pemilihan kata (diksi) atau bahasa yang tepat, logis, sopan, dan mudah dimengerti oleh masyarakat atau target market.
4. Iklan berisi menjelaskan tentang produk dan cara kerja produk yang diiklankan.

 

KETENTUAN TEKS IKLAN

Iklan tidak boleh dibuat secara sembarangan. Ada ketentuan-ketentuan yang harus diperhatikan, diantaranya:
1. Iklan harus bersifat objektif, proporsional, dan jujur.
2. Iklan harus berisi informasi yang jelas, padat, dan mudah difahami khalayak ramai.
3. Iklan sebaiknya dikemas sedemikian rupa agar menarik perhatian dan minat masyarakat.
4. Iklan seharusnya tidak menyinggung, menyakiti, atau merendahkan pihak/produk lain.

Kaidah Kebahasaan Teks Iklan

KAIDAH KEBAHASAAN TEKS IKLAN

Kaidah kebahasaan teks iklan adalah aturan bahasa yang digunakan dalam sebuah teks iklan. Kaidah kebahasaan di dalam teks iklan adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan Slogan
Slogan adalah perkataan atau kalimat yang menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menyampaikan sesuatu. Slogan sangat penting untuk dunia periklanan. Dengan slogan, iklan tersebut akan mudah diingat publik dan akan lebih terkenal.

2. Kalimat Persuasif
Kalimat persuasif adalah kalimat yang bertujuan meyakinkan dan membujuk pembaca agar melaksanakan atau menerima gagasan penulis terhadap suatu hal.

3. Menggunakan Subjek Orang Pertama
Teks iklan biasanya menggunakan subjek orang pertama tunggal atau jamak, seperti aku, saya, dan kami untuk mengganti pihak atau instansi pemasang iklan.

Jenis-jenis Iklan

JENIS-JENIS IKLAN

Ada beberapa jenis-jenis dari teks iklan tergantung media yang menjadi perantara penyebaran iklan tersebut. 

Jenis-jenis iklan berdasarkan media publikasinya yaitu meliputi:

1. Iklan Media Cetak
Iklan media cetak adalah jenis iklan yang dipublikasikan menggunakan media cetak seperti koran, majalah, tabloid, dan lain- lain. Dalam iklan media cetak terdapat 2 jenis iklan diantaranya:

a. Iklan Baris
Iklan yang hanya dibuat dalam beberapa baris, umumnya terdiri atas 3-4 baris dengan luas tidak lebih dari satu kolom. Biayanya relatif lebih murah, dihitung perbaris. Untuk menghemat biaya dan semua informasi dapat tersampaikan, bahasa yang digunakan dalam iklan ini umumnya disingkat, penuh makna, dan sederhana. Contohnya seperti gambar di bawah ini:


b. Iklan Kolom
Iklan yang dibuat dalam bentuk kolom. Iklan ini lebih tinggi dari pada iklan baris. Terkadang iklan ini juga dilengkapi dengan gambar, simbol, atau lambang yang mendukung isi iklan. Contohnya seperti pada gambar di bawah ini:\


2. Iklan Advertorial
Iklan advertorial adalah jenis iklan yang dikemas seperti berita.


3. Iklan Display
Iklan display atau yang bisa disebut juga dengan display advertisement adalah iklan bergambar di internet dengan format visual seperti gambar ataupun video yang bertujuan untuk mengiklankan suatu produk atau layanan jasa.

4. Iklan Elektronik
Iklan elektronik adalah iklan yang media publikasinya melalui media elektronik. Iklan elektronik dapat digolongkan menjadi:

a. Iklan Radio
Iklan yang dipublikasikan melalui radio berupa kombinasi dari bunyi kata- kata (voice) dan efek suara (sound effect) dan iklan ini hanya bisa didengar.

b. Iklan Televisi
Iklan yang dipublikasikan melalui televisi berupa kombinasi dari suara, gambar, dan juga gerak. Sehingga kita tidak hanya dapat mendengar suara dari iklan ini, tapi juga dapat melihat gambarnya di televisi.


Selain jenis-jenis iklan yang berdasarkan media publikasinya, ada juga jenis-jenis iklan berdasarkan tujuannya.

Jenis-jenis iklan berdasarkan tujuannya meliputi:

1. Iklan Komersial
Iklan yang bertujuan untuk memasarkan barang dan jasa. Iklan ini dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu iklan taktis dan iklan strategis.

a. Iklan taktis
Iklan yang bertujuan mendesak konsumen untuk segera membeli. Contoh iklan ini seperti iklan promo harga produk yang hanya berlaku selama sehari, seperti pada gambar berikut:

b. Iklan strategis
Iklan yang membangun merek dagang. Contohnya seperti pada gambar berikut:




2. Iklan Perusahaan
Iklan yang bertujuan untuk membangun citra perusahaan yang berujung pada membangun citra produk atau jasa yang diproduksi oleh perusahaan tersebut agar dibeli. Contohnya seperti pada gambar di bawah ini:


3. Iklan Layanan Masyarakat
Iklan yang menyajikan pesan-pesan sosial yang bertujuan untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap sejumlah masalah di masyarakat yang harus dihadapi, yakni seperti kondisi yang bisa mengancam keselarasan dan kehidupan umum. Iklan ini bisa berisi tentang informasi seputar sebuah masalah dan bagaimana cara mengatasinya, atau bisa juga tentang layanan untuk masyarakat dari pemerintah. Contohnya seperti berikut:


 

1.

Jawablah pertanyaan berikut ini!

DIbawah ini yang bukan merupakan ciri-ciri iklan adalah….


A. Informasi atau pesan disampaikan secara komunikatif dan informatif
B. Iklan menggunakan kata-kata yang deskriptif 
C. Menggunakan kata-kata (diksi) atau bahasa yang tepat, logis, sopan, dan mudah dimengerti 
D. Iklan harus bersifat obyektif, proporsional, dan jujur.

JAWABAN BENAR

B.

Iklan menggunakan kata-kata yang deskriptif 

PEMBAHASAN

Ciri-ciri Iklan yaitu :

1 Informasi atau pesan disampaikan secara komunikatif dan informatif

2. Iklan menggunakan kata-kata yang persuasif agar lebih menarik bagi orang lain.

3. Menggunakan kata-kata (diksi) atau bahasa yang tepat, logis, sopan, dan mudah dimengerti oleh masyarakat atau target market.

4. Menjelaskan tentang produk/ jasa dan cara kerja produk/ jasa tersebut.

2.

Jawablah pertanyaan berikut ini!

Iklan yang biasanya digunakan oleh untuk menyebarkan informasi tentang produk melalui suara dan gambar bergerak adalah….


A. Iklan radio
B. Iklan internet
C. Iklan kolom
D. Iklan televisi

JAWABAN BENAR

D.

Iklan televisi

PEMBAHASAN

Iklan televisi adalah iklan yang menggunakan media televisi sebagai media publikasi suatu iklan dengan menggunakan suara serta gambar bergerak.

3.

Jawablah pertanyaan berikut!

Iklan yang bertujuan mendesak konsumen untuk segera membeli adalah iklan....


A. strategis
B. taktis
C. elektronik
D. layanan masyarakat

JAWABAN BENAR

B.

taktis

PEMBAHASAN

Iklan taktis adalah iklan komersial yang mendesak konsumen untuk segera membeli. Seperti contohnya memberika diskon dalam waktu 3 hari terhadap suatu produk tertentu.

4.

Perhatikan iklan berikut!

(1) Kunjungilah pameran Buku Kiat Ujian!
(2) Peluang nilai ujian maksimal
(3) Harga buku murah terjangkau
(4) Pameran tanggal 2 Februari s.d. 10 Februari 2016 di Aula Serba Belajar.

Pernyataan yang berupa fakta pada iklan tersebut adalah....


A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

JAWABAN BENAR

D.

(4)

PEMBAHASAN

Pernyataan 4 terdapat fakta yaitu berupa tanggal dari pameran yang pastinya akurat.

5.

Perhatikan iklan berikut!

Jamu pelangsing Savannah
Diet Cepat Cara Sehat
Tanpa Menyiksa diri

Maksud dari iklan di atas adalah....


A. Menawarkan alat pelangsing yang aman bagi tubuh
B. Jamu untuk melangsingkan badan dengan diet alami
C. Meminum jamu sama dengan menyiksa diri
D. Banyak cara melangsingkan badan tanpa diet

JAWABAN BENAR

B.

Jamu untuk melangsingkan badan dengan diet alami

PEMBAHASAN

Iklan di atas menjelaskan tentang jami untuk melangsingkan badan dengan diet alami.

redesain-navbar Portlet