APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Bahasa Indonesia

Mengulas Karya Fiksi

MATERI

Pengertian dan Tujuan Karya Fiksi


Pernahkah Sobat Pintar membaca sebuah karya fiksi, seperti novel atau cerpen lalu Sobat merasa bahwa karya tersebut bagus, ceritanya menarik, atau justru terkesan membosankan? Kemudian kalian berpikir “Harusnya ceritanya seperti ini atau harusnya bahasanya diganti begini, pasti ceritanya lebih bagus” Nah, Sobat sebenarnya bagus atau tidaknya sebuah karya fiksi itu tergantung dari unsur-unsur yang berada di dalamnya. Jadi, agar kita dapat menilai karya fiksi dengan baik, atau bahkan menulis karya fiksi sendiri, tentunya Sobat perlu memahami dulu, apa itu karya fiksi dan apa saja unsur-unsur pembangun yang berada di dalamnya.

Karya fiksi (sastra) adalah karya hasil perpaduan antara perasaan dan pikiran (Suharianto, 2005). Wellek dan Warren (2009) mendefinisikan karya fiksi sebagai cerita atau latar yang bersumber dari imajinasi. Meskipun karya fiksi adalah cerita rekaan yang bersumber dari imajinasi penulis, ada pelajaran penting di dalamnya tentang cara menghadapi masalah dalam kehidupan nyata.

Misalnya saja cerita tentang “Timun Mas”, walaupun termasuk karya fiksi berjenis cerita rakyat, Timun Mas mengajarkan pembacanya untuk berusaha agar tidak menyerah ketika berada dalam kesulitan, meminta hanya kepada Tuhan, dan menepati janji.

Unsur-Unsur Karya Fiksi

Saat membaca sebuah cerita, Sobat Pintar mungkin akan menyukai beberapa hal dalam cerita itu. Kalian mungkin suka tokohnya, latar ceritanya, atau jalan ceritanya. Hal-hal yang kalian suka itu disebut unsur cerita. Unsur-unsur inilah yang membentuk karya tersebut. Cara penulis menuliskan unsur-unsur tersebut menjadi penentu bagus tidaknya sebuah cerita. Sebuah karya fiksi tidak terlepas dari empat hal berikut.

Tokoh 
Tokoh cerita adalah tokoh-tokoh yang ada di dalam sebuah cerita. Tokoh cerita dibedakan menjadi dua, yaitu tokoh utama dan tokoh pendukung. Kalian dapat mengenali tokoh utama cerita dengan mencermati hal-hal berikut. 

  • Tokoh utama adalah tokoh yang paling banyak muncul di sepanjang cerita. 
  • Tokoh utama memiliki peran penting dalam cerita. Bila tokoh ini tidak ada, cerita itu pun tidak akan ada.

Latar cerita 
Latar cerita adalah tempat dan waktu terjadinya cerita. Sobat dapat mengetahui latar suatu cerita dengan melihat nama-nama tempat dan waktu dalam cerita.

Tema cerita 
Tema cerita adalah pokok masalah yang dipaparkan dalam cerita. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tema adalah pokok pikiran atau dasar cerita yang (dipercakapkan, dipakai sebagai dasar mengarang). Tema dalam karya fiksi cukup beragam seperti tema keagamaan, ketuhanan, percintaan, pendidikan, dan lain sebagainya.

Alur atau jalan cerita 
Dalam karya fiksi, jalan cerita disebut juga alur atau plot. Alur berisi rangkaian kejadian yang dihadapi tokoh cerita dari awal sampai akhir. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, alur adalah rangkaian peristiwa yang direka atau dijalin dengan saksama dan menggerakkan jalan cerita melalui kerumitan ke arah klimaks dan penyelesaian. Terdapat tiga macam alur cerita. 

  1. Alur maju adalah alur yang diawali cerita kejadian masa kini dengan konflik datar, pada bagian tengah, konflik semakin menanjak, dan diakhiri klimaks serta penyelesaian pada akhir cerita. 
  2. Alur mundur adalah alur yang dibuka dengan penceritaan kejadian masa lampau di awal cerita dan diselesaikan dengan konflik pada masa kini. 
  3. Alur campuran (maju-mundur) adalah alur yang mencampurkan kisah kejadian masa kini dan masa lalu secara bergantian. 

Sobat Pintar dapat menggunakan cara kreatif berikut untuk mengenali urutan peristiwa demi peristiwa yang membentuk alur cerita. Cara kreatif ini disebut dengan PASKA (Pada mulanya, Selanjutnya, Kemudian, dan Akhirnya).

1.

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

Karya fiksi merupakan karangan yang bersumber dari …


A. Keterangan penulis
B. Pengamatan
C. Imajinasi
D. Wawancara

JAWABAN BENAR

C.

Imajinasi

PEMBAHASAN

Karya fiksi merupakan karangan yang bersumber dari imajinasi pengarang. 

2.

Jawablah soal di bawah ini dengan benar!

Alur cerita yang menceritakan kejadian masa lampau di awal cerita dan diselesaikan dengan konflik pada masa kini disebut dengan alur …


A. Maju
B. Mundur
C. Campuran
D. Maju-mundur

JAWABAN BENAR

B.

Mundur

PEMBAHASAN

Alur cerita yang menceritakan kejadian masa lampau di awal cerita dan diselesaikan dengan konflik pada masa kini disebut dengan alur mundur.

redesain-navbar Portlet