APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Bahasa Indonesia

Teks Berita

MATERI

Unsur-Unsur Berita

UNSUR-UNSUR TEKS BERITA

Unsur-unsur berita adalah hal yang harus ada dalam berita. Jika unsur-unsur ini tidak terdapat, maka berita tersebut akan menjadi berita yang rancu dan tidak bisa diterima masyarakat dengan baik. Unsur-unsur tersebut adalah 5W+1H, atau yang bisa disingkat sebagai ADIKSIMBA (Apa, DImana, Kapan, SIapa, Mengapa, BAgaimana).

1. What (apa)
Unsur ini meliputi apa saja yang terkandung dalam berita. Biasanya pembahasan mengenai peristiwa apa yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan di tengah kalangan masyarakat. Membuat berita tidak asal mencurahkan isi hati seperti karangan-karangan naratif. Akan tetapi harus mampu mempertanggung-jawabkan kebenarannya, maka dari itu berita harus membahas sesuatu yang kebenarannya dapat dibuktikan sehingga tidak menimbulkan keresahan dalam masyarakat.

2. Who (siapa)
Unsur “who” meliputi subjek yang bersangkutan dalam berita tersebut. Yaitu siapa saja yang terlibat dalam kejadian yang diberitakan tersebut. Orang-orang yang terlibat dalam berita harus disebutkan secara jelas, sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman.

3. When (kapan)
Adalah kapan terjadinya peristiwa yang sedang dibahas dalam berita. Waktu terjadinya peristiwa harus dijelaskan secara jelas sehingga berita menjadi mudah untuk dimengerti dan diterima masyarakat.

4. Where (dimana)
Where adalah tempat dimana peristiwa itu terjadi. Berita harus memuat lokasi kejadian sehingga berita menjadi jelas dan dapat dengan mudah dipahami.

5. Why (mengapa)
Unsur “why” merupakan bagian yang menjelaskan mengapa peristiwa itu bisa terjadi. Unsur ini biasanya meliputi alasan dan latar belakang masalah atau peristiwa yang diberitakan. Yang dijelaskan di bagian ini adalah mengapa peristiwa tersebut bisa terjadi, kemudian dijelaskan secara runtut dan mudah dipahami.

6. How (bagaimana)
Unsur terakhir ini adalah memuat bagaimana peristiwa tersebut bisa terjadi. Biasanya pada bagian ini dijelaskan secara kronologis mengenai bagaimana kejadian peristiwa tersebut.

Struktur Berita

STRUKTUR TEKS BERITA

Piramida terbalik adalah salah satu konsep, formula atau struktur penulisan berita atau sebuah acuan baku yang sering digunakan oleh para wartawan untuk menyusun sebuah teks berita. Penggunaan metode piramida terbalik berkaitan dengan space atau ruang dalam halaman yang disediakan untuk memuat berita.

Ketika berita itu terlalu panjang dan tidak cukup untuk dimuat di halaman yang disediakan, maka editor bisa membuang bagian berita itu mulai dari paling bawah atau derajat informasi pentingnya yang paling rendah yang biasanya diletakan di bagian bawah atau akhir berita.

Struktur teks berita piramida terbalik bisa dilihat pada gambar di bawah ini:


Terus kak, bagaimana maksudnya? Nah sekarang coba perhatikan penjelasan berikut ini:

1. Lead / Paling Penting
Bagian paling atas adalah Lead atau kepala berita merupakan puncaknya. Bagian ini menempati urutan paling utama dalam teks berita. Pada bagian ini wartawan harus menjawab sebagian besar unsur 5W + 1H. Kenapa begitu? Jika pemotongan berita yang dilakukan editor karena keterbatasan halaman, berita ini masih memiliki arti dan layak sebagai sebuah berita.

2. Neck / Cukup Penting
Bagian kedua dari atas adalah Neck atau leher berita bagian ini adalah urutan yang cukup penting. Bagian ini disebut neck atau leher karena umumnya merupakan peralihan alur atau penyambung alur ide berita yang ada pada bagian lead atau kepala berita untuk dilanjutkan pada gagasan-gagasan yang tertuang pada bagian berikutnya yang menempati derajat prioritas lebih rendah.

3. Body / Penting
Berikutnya adalah bagian body, umumnya merupakan penjabaran dari gagasan berita yang tertulis dalam lead dan neck. Penjabaran itu bisa merupakan jawaban dari why (mengapa) dan how (bagaimana).

4. Body Lanjutan / Kurang Penting
Bagian body lanjutan, bagian ini mencantumkan berbagai data yang tidak terlalu penting. Misalnya daftar nama orang-orang yang mengalami kecelakaan atau hal-hal lain yang jika dihilangkan oleh editor tidak terlalu berpengaruh terhadap substansi atau pokok bahasan berita tersebut.

 

1.

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

Yang termasuk ke dalam bagian peralihan alur atau penyambung alur ide berita, adalah bagian....


A. Lead
B. Neck
C. Body
D. Body lanjutan

JAWABAN BENAR

B.

Neck

PEMBAHASAN

Bagian neck atau leher merupakan peralihan alur atau penyambung alur ide berita yang ada pada bagian lead atau kepala berita untuk dilanjutkan pada gagasan-gagasan yang tertuang pada bagian berikutnya yang menempati derajat prioritas lebih rendah.

2.

Jawablah pertanyaan berikut ini!

Bagian unsur berita yang memuat tentang alasan tentang dibalik terjadinya suatu peristiwa atau kejadian itu diberitakan adalah….


A. Unsur “mengapa”
B. Unsur “apa”
C. Unsur “siapa”
D. Unsur “Kapan”

JAWABAN BENAR

A.

Unsur “mengapa”

PEMBAHASAN

Unsur “mengapa” selalu menjelaskan tentang alasan tentang dibalik terjadi suatu peristiwa atau kejadian itu diberitakan

3.

Jawablah pertanyaan di bawah ini!

Bagian dalam struktur berita yang berisi hal paling utama dan memuat jawaban dari unsur 5W+1H adalah....


A. Lead
B. Neck
C. Body
D. Hand

JAWABAN BENAR

A.

Lead

PEMBAHASAN

Bagian lead atau kepala menempati urutan paling utama dalam teks berita. Pada bagian ini dalam teks berita harus menjawab sebagian besar unsur 5W + 1H.

4.

Jawablah pertanyaan berikut!

Struktur dalam teks berita yang berisi data yang tidak terlalu penting adalah....


A. Body
B. Lead
C.

Body lanjutan


D. Hand

JAWABAN BENAR

A.

PEMBAHASAN

Bagian body lanjutan merupakan bagian yang mencantumkan data yang tidak terlalu penting dan biasanya terletak di bagian paling bawah dari teks berita.

5.

Perhatikan kutipan berikut!

Budidaya tanaman hias menjadi salah satu sarana dalam mendapat uang di masa pandemi. Seperti Budi, yang selama setahun pandemi beralih profesi menjadi penjual tanaman hias setelah dirinya terkena PHK.

Kalimat yang bercetak miring mengandung unsur....


A. di mana
B. mengapa
C. siapa
D. bagaimana

JAWABAN BENAR

C.

siapa

PEMBAHASAN

Kalimat yang bercetak miring mengandung unsur siapa karena menjelaskan tentang siapa yang terlibat dalam kejadian dalam berita yang dibahas.

redesain-navbar Portlet