APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Bahasa Indonesia

Teks Persuasif

MATERI

Jenis Teks Persuasif

JENIS-JENIS TEKS PERSUASIF

Paragraf persuasif dapat dibedakan ke dalam 4 jenis paragraf yaitu:

1. Teks Persuasif Politik
Teks persuasif dengan bentuk ajakan atau usaha dalam mempengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu atau berkecimpung di dunia politik. Paragraf jenis ini banyak digunakan oleh orang-orang politik untuk kepentingan partai/kampanye atau juga bisa untuk kepentingan negara.

2. Teks Persuasif Pendidikan
Teks persuasif jenis ini digunakan oleh lembaga atau orang-orang yang bergelut di dunia pendidikan untuk membantu tujuan pendidikan. Paragraf ini biasanya berupa himbauan, anjuran, motivasi atau panduan. Selain oleh lembaga, paragraf ini juga digunakan oleh guru untuk mempengaruhi siswanya untuk lebih rajin belajar dan menggapai cita-citanya.

3. Teks Persuasif Advertensi
Teks ini dibuat untuk tujuan periklanan yang digunakan oleh produsen-produsen produk tertentu untuk memperkenalkan barang atau jasa kepada para konsumen. Persuasi advertensi bertujuan untuk memasarkan atau mempromosikan barang atau jasa sehingga konsumen berminat untuk membeli barang atau menggunakan jasa yang dipromosikan.

4. Teks Persuasif Propaganda
Teks persuasif ini berisi tentang informasi yang  bertujuan untuk mempengaruhi pendapat dan kelakuan dari masyarakat atau sekelompok orang.

Contoh Teks Persuasif

TETAP PAKAI MASKER WALAU SUDAH VAKSIN

Pengenalan Isu
Sudah hampir 2 tahun lebih berlalu, tapi Covid-19 masih tetap ada di negara kita yang tercinta ini. Namun upaya pemerintah dalam melakukan vaksin massal kepada warga Indonesia sudah banyak dilakukan. Banyak orang yang sudah melakukan vaksin merasa, akhirnya mereka bisa bebas tidak memakai masker saat bepergian kemanapun. Tapi ternyata, sudah vaksin bukanlah satu-satunya hal yang dapat mencegah tubuh kita terkena Covid-19.

Rangkaian Argumen
Satgas Covid-19 mengatakan, walau sudah melakukan vaksin dosis kedua kita tetap harus menjaga protokol kesehatan yaitu dengan tetap memakai masker, cuci tangan, dan menjaga jarak. Dengan tetap memakai masker, kita juga bisa terhindar dari segala jenis penyakit lainnya dan lebih mengefektifkan vaksin yang sudah kita terima.

Pernyataan Ajakan
Karena itu walau sudah vaksin marilah kita tetap harus menggunakan masker dan tetap selalu cuci tangan saat melakukan aktivitas. Mari kita jaga kesehatan diri sendiri dan juga orang lain di sekitar kita.

Penegasan Kembali
Demikianlah pentingnya tetap memakai masker meski sudah melakukan vaksinasi. Tapi bukan berarti kita harus tidak vaksin. Kita tetap harus vaksin untuk menguatkan tubuh kita dari virus corona.

1.

Jawablah pertanyaan berikut!

Teks persuasif dengan bentuk ajakan atau usaha dalam mempengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu atau berkecimpung di dunia politik adalah....


A. Teks persuasif advertensi
B. Teks persuasif politik
C. Teks persuasif propaganda
D. Teks persuasif pendidikan

JAWABAN BENAR

B.

Teks persuasif politik

PEMBAHASAN

Teks persuasif politik adalah teks yang berisi ajakan atau usaha untuk mempengaruhi pembaca untuk berkecimpung ke dunia politik.

2.

Perhatikan kutipan teks berikut ini!

Tahukah Anda bahwa setiap harinya populasi manusia di bumi semakin bertambah? Salah satu dampak yang dihasilkannya adalah luas hutan yang semakin berkurang karena dijadikan tempat tinggal. Menurut analisis data satelit yang dirilis Universitas Maryland (UMD) dan World Resources Institute (WRI), sejak 2002, lebih dari 60 juta hektar hutan primer telah hilang di daerah tropis, setara dengan 1,3 kali luas Sumatera. Dengan begitu, pemanasan bumi semakin terasa karena meningkatnya kadar CO2.

Kutipan teks di atas merupakan teks persuasif bagian....


A. Pengenalan isu
B. Rangkaian argumen
C. Pernyataan ajakan
D. Penegasan kembali

JAWABAN BENAR

A.

Pengenalan isu

PEMBAHASAN

Kutipan teks persuasif di atas merupakan bagian dari pengenalan isu karena menjelaskan tentang masalah yang menjadi topik dalam teks.

redesain-navbar Portlet