APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Bahasa Indonesia

Ulasan

MATERI

Jenis Teks Ulasan

JENIS-JENIS TEKS ULASAN

Berdasarkan isinya, teks ulasan atau resensi dibagi beberapa jenis, diantaranya yaitu:

1. Teks Ulasan Informatif
Berisi mengenai gambaran singkat, padat dan umum suatu karya. Teks ulasan ini tidak menyampaikan seluruh isi karya namun hanya memaparkan bagian yang penting saja dan menekankan pada kelebihan dan kekurangan karya tersebut.

2. Teks Ulasan Deskriptif
Berisi gambaran detail pada tiap bagian suatu karya. Hal ini umumnya dilakukan pada karya fiksi untuk mendapatkan gambaran jelas tentang manfaat, pentingnya informasi dan kekuatan argumentatif yang dituangkan penulis dalam sebuah karya.

3. Teks Ulasan Kritis
Berisi ulasan terperinci suatu karya sastra dengan mengacu pada metode atau pendekatan ilmu pengetahuan tertentu. Teks ulasan ini dibuat secara objektif dan kritis, bukan hanya dari pandangan pembuat ulasan tersebut. Contoh resensi melakukan resensi pada novel dan karya fiksi lain dengan menggunakan pendekatan feminis dan sosiologi.

Contoh Teks Ulasan

ULASAN FILM DEAD POETS SOCIETY

Identitas
Judul film: Dead Poets Society
Sutradara: Peter Weir
Pemeran: Robin Williams, Robert Sean Leonard, Ethan Hawke, Josh Charles, Gale Hansen, James Waterston, Norman Lloyd dan Kurtwood Smith.
Tahun rilis: 1989
Durasi: 128 menit
Bahasa: Inggris


Orientasi
Dead Poets Society merupakan film Amerika yang rilis pada tahun 1989. Film ini meraih pernah Penghargaan Oscar untuk nominasi Skenario Asli dan Sutradara Terbaik, serta aktor dari tokoh utama dalam film ini juga memenangkan Piala Oscar, yaitu Robin Williams, sebagai Pemeran Utama Pria Oscar.


Sinopsis
Dead Poet Society bercerita tentang tujuh anak lelaki, Neil Perry, Todd Anderson, Knox Overstreet, Charlie Dalton, Richard Cameron, Steven Meeks, dan Gerard Pitts yang baru saja masuk Akademi Welton. Sekolah ini adalah sekolah berasrama yang menganut prinsip: tradisi, kehormatan, disiplin, dan prestasi.

Pada awal dimulainya kelas, seorang guru pengganti bahasa Inggris, Pak Keating (diperankan oleh Robin Williams), baru saja memulai pelajaran. Seorang siswa membaca pengantar buku tentang puisi, yang menyebutkan bagaimana mengukur kualitas sebuah puisi, yang dapat diukur dan diberi skala, proses ini sudah umum dalam literatur klasik waktu itu. Pak Keating, sebaliknya menyuruh muridnya merobek halaman pengantar puisi di buku tersebut.

Dalam film ini banyak sekali proses penyadaran, di mana para murid melihat bahwa otoritas lembaga seperti sekolah dapat dan selalu berupaya menjadi pengarah, tetapi hanya diri kita sendiri yang dapat mengetahui siapa diri kita.


Analisis
Tokoh yang dibawakan oleh Robin Williams, yaitu Pak Keating, sangat menunjukkan sosok jiwa pengajar yang seharusnya dalam sekolah. Pak Keating dengan sabar mengajarkan murid-muridnya banyak prinsip baru yang walau melenceng dari pengajaran pada umumnya tapi tidak menyesatkan, namun malah membuat muridnya menjadi memiliki pemikiran baru tentang menjadi diri sendiri dan bukan atas perintah orang lain.


Evaluasi
Tokoh pak Keating ini sangat menginspirasi, terutama untuk peran sebagai guru. Guru memang dituntut untuk menjadi pengajar, namun bukan untuk menjadi orang yang menyuruh muridnya melakukan hal yang membuat muridnya terbebani. Film yang sangat direkomendasikan untuk ditonton.

Kekurangan yang menurut saya ada dalam film ini hanyalah terdapat unsur yang tidak boleh ditonton oleh anak-anak yang masih dalam pengawasan orang tua. Karena tanpa adanya pengawasan, mungkin ada beberapa adegan yang ditiru. Jadi jika anak ingin menonton, disarankan dengan adanya pengawasan orang dewasa.


Rangkuman
Walau film ini tergolong sangat lama, alias karena rilis pada tahun 1989, tapi film ini masih sangat direkomendasikan untuk ditonton untuk menjadi inspirasi terutama bagi anak-anak yang sudah mulai beranjak remaja.

1.

Jawablah pertanyaan berikut!

Jenis teks ulasan yang dibuat hanya dengan menuliskan gambaran umum dan memaparkan kelebihan serta kekurangan karya adalah teks ulasan….


A. Deskriptif
B. Kritis
C. Informatif
D. Inovatif

JAWABAN BENAR

C.

Informatif

PEMBAHASAN

Teks ulasan informatif hanya menggambarkan secara umum karya yang diulas dan hanya menampilkan kekurangan serta kelebihan karya yang diulas. 

2.

Jawablah pertanyaan berikut!

Yang menjadi pembeda antara teks ulasan kritis dengan jenis teks ulasan lainnya adalah….


A. Teks ulasan kritis hanya menampilkan keunggulan dan kelebihan karya yang diulas
B. Teks ulasan kritis menggunakan pendekatan ilmiah dalam mengulas karya yang diulas
C. Teks ulasan kritis tidak mencantumkan identitas dari karya yang diulas
D. Teks ulasan kritis menjelaskan secara detail bagaimana bentuk, isi, dan amanat dalam karya yang diulas

JAWABAN BENAR

B.

Teks ulasan kritis menggunakan pendekatan ilmiah dalam mengulas karya yang diulas

PEMBAHASAN

Teks ulasan kritis dibuat dengan objektif (bukan dari opini pribadi) melainkan dibuat secara ilmiah dengan mencantumkan pendekatan secara ilmiah pula.

redesain-navbar Portlet