APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

IPA

Cahaya dan Alat Optik

MATERI

Rabun Dekat (Hipermetropi)

Sobat pintar, apa saja gangguan pada indra penglihatan?

Seorang penderita rabun dekat tidak dapat melihat benda yang berada pada jarak dekat (± 30 cm) dengan jelas. Hal ini karena bayangan yang terbentuk jatuh di belakang retina, sehingga bayangan yang jatuh pada retina menjadi tidak jelas (kabur). Kacamata positif dapat menolong penderita rabun dekat, sebab lensa cembung mengumpulkan cahaya sebelum cahaya masuk ke mata. Dengan demikian, kornea dan lensa dapat membentuk bayangan yang jelas pada retina.

Kekuatan lensa kacamata yang diperlukan sesuai dengan rumus berikut:

Keterangan:
PH = Kekuatan lensa kacamata untuk hipermetropi (dioptric atau D)
s = Jarak benda di depan kacamata (cm)
PP (Punctum Proximum) = titik dekat mata seseorang (cm)

Rabun Jauh (Miopi)

Lanjut ke topik berikutnya ...

Seorang penderita rabun jauh tidak dapat melihat benda yang berada pada jarak jauh (tak hingga) dengan jelas. Hal ini dikarenakan bayangan yang terbentuk jatuh di depan retina, seperti yang ditunjukkan Gambar di bawah ini. Kacamata negatif dapat menolong penderita rabun jauh karena lensa cekung akan dapat membuat cahaya menyebar sebelum cahaya masuk ke mata. Dengan demikian, bayangan yang jelas akan terbentuk di retina.

Kekuatan atau daya lensa kacamata yang diperlukan sesuai dengan rumus berikut:

Keterangan:

PM = Daya lensa untuk miopi (dioptri atau D)
PR (Punctum Remotum) = titik jauh mata (cm)

Buta Warna

Perhatikan Gambar di bawah ini! Apakah kamu dapat melihat angka? Coba sebutkan angka berapa yang dapat kamu lihat! Masih ingatkah kamu pada sel kerucut? Kamu memiliki lebih kurang tujuh juta sel kerucut pada retina. Gelombang cahaya dipantulkan dari benda masuk ke pupil dan ditangkap oleh retina. Respons dari sel kerucut pada cahaya dengan panjang gelombang yang berbeda menyebabkan kamu dapat melihat benda yang berwarna.

Buta warna merupakan suatu kelainan pada mata yang disebabkan ketidakmampuan sel-sel kerucut mata untuk menangkap suatu warna tertentu. Penyakit ini bersifat menurun. Buta warna ada yang buta warna total dan buta warna sebagian. Buta warna total hanya mampu melihat warna hitam dan putih saja, sedangkan buta warna sebagian tidak dapat melihat warna tertentu, yaitu merah, hijau, atau biru.

1.

Jawablah soal berikut ini!

Kacamata berlensa cekung digunakan untuk membantu penderita..


A. Miopi
B. Hipermetropi
C. Presbiopi
D. Rabun Senja

JAWABAN BENAR

A.

Miopi

PEMBAHASAN

Miopi dapat terjadi karena bola mata yang terlalu panjang atau karena kelengkungan kornea yang terlalu besar sehingga cahaya yang masuk tidak difokuskan secara baik dan objek jauh tampak buram. Penderita penyakit ini tidak dapat melihat jarak jauh dan dapat ditolong denganmenggunakan kacamata negatif (cekung).

2.

Jawablah soal berikut ini!

Kondisi mata yang menyebabkan mata tidak dapat meilhat jauh adalah ….


A. Miopi
B. Mata tua
C. Hipertropi
D. Prisbiopi

JAWABAN BENAR

A.

Miopi

PEMBAHASAN

Miopi merupakan Kondisi mata yang menyebabkan mata tidak dapat meilhat jauh

3.

Jawablah soal berikut ini!

Gangguan penglihatan yang ditandai dengan ketidakmampuan melihat jarak dekat dengan jelas disebut...


A. Miopi
B. Hiperopia
C. Astigmatisme
D. Presbiopi

JAWABAN BENAR

A.

Miopi

PEMBAHASAN

Miopi, atau biasa disebut sebagai rabun dekat, adalah gangguan penglihatan di mana penderita mengalami kesulitan melihat jarak dekat dengan jelas, sementara penglihatan jarak jauh masih relatif baik.

4.

Jawablah soal berikut ini!

Gangguan penglihatan yang ditandai dengan perubahan warna penglihatan atau kehilangan kemampuan membedakan warna disebut...


A. Miopi
B. Hiperopia
C. Astigmatisme
D. Buta warna

JAWABAN BENAR

D.

Buta warna

PEMBAHASAN

Buta warna atau daltonisme adalah gangguan penglihatan di mana penderita mengalami kesulitan atau kehilangan kemampuan membedakan warna secara normal. Penderita kolorblind seringkali tidak dapat membedakan antara warna-warna tertentu.

redesain-navbar Portlet