APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

IPA

Getaran dan Gelombang

MATERI

Mekanisme Pendengaran Manusia

Telinga dibagi menjadi tiga bagian, yaitu telinga luar, telinga tengah, dan telinga dalam. Perhatikan Gambar di bawah !

Bunyi yang terdengar oleh telinga kita memerlukan medium. Jadi, mungkinkah kita dapat mendengar di ruang hampa udara? Tentu saja tidak. Bunyi memerlukan medium untuk merambat. Apakah di telinga terdapat medium untuk merambatkan bunyi? Telinga luar dan telinga tengah terisi oleh udara dan rongga telinga dalam terisi oleh cairan limfa.

Proses mendengar pada manusia melalui beberapa tahap. Perhatikan pada Gambar di bawah! Tahap tersebut diawali dari lubang telinga yang menerima gelombang dari sumber suara. Gelombang suara yang masuk ke dalam lubang telinga akan menggetarkan gendang telinga (yang disebut membran timpani). Getaran membran timpani ditransmisikan melintasi telinga tengah melalui tiga tulang kecil, yang terdiri atas tulang martil, landasan, dan sanggurdi. Telinga tengah dihubungkan ke faring oleh tabung eustachius. Getaran dari tulang sanggurdi ditransmisikan ke telinga dalam melalui membran jendela oval ke koklea. Koklea merupakan suatu tabung yang bergulung seperti rumah siput. Koklea berisi cairan limfa.

Getaran dari jendela oval ditransmisikan ke dalam cairan limfa dalam ruangan koklea. Di bagian dalam ruangan koklea terdapat organ korti. Organ korti berisi cairan sel-sel rambut yang sangat peka. Inilah reseptor getaran yang sebenarnya. Sel-sel rambut ini akan bergerak ketika ada getaran di dalam koklea, sehingga menstimulasi getaran yang diteruskan oleh saraf auditori ke otak.

Pendengaran pada Hewan

Sobat pintar, pernahkah kamu melihat anjing menggerakkan telinganya? Anjing sering menggerakkan telinga ketika melakukan pelacakan atau berburu. Beberapa mamalia akan menggunakan daun telinga untuk memfokuskan suara yang diterimanya. Sistem ini disebut sistem sonar yaitu sistem yang digunakan untuk mendeteksi tempat dalam melakukan pergerakan dengan deteksi suara frekuensi tinggi (ultrasonik). Sonar atau Sound Navigation and Ranging merupakan suatu metode penggunaan gelombang ultrasonik untuk menaksir ukuran, bentuk, letak, dan kedalaman benda-benda, seperti pada Gambar di bawah!

 

1.

Jawablah saol berikut ini!

Pada telinga tengah terdapat tulang-tulang kecil yang terangkai berurutan dari luar ke dalam adalah …


A. Martil – landasan – sanggurdi
B. Martil – sanggurdi – landasan
C. Landasan – martil – sanggurdi
D. Landasan – sanggurdi – martil

JAWABAN BENAR

A.

Martil – landasan – sanggurdi

PEMBAHASAN

Pada telinga tengah terdapat tulang-tulang kecil yang terangkai berurutan dari luar ke dalam adalah martil – landasan – sanggurdi.

2.

Jawablah soal berikut ini!

Proses pendengaran dimulai dengan adanya gelombang bunyi yang masuk melalui lobang telinga dan menggetarkan membran timpani, selanjutnya getaran akan dilanjutkan ke nervus auditorius melalui ....


A. Inkus-malleus-koklea-stapes
B. Malleus-inkkus-stapes-koklea
C. Stapes-malleus-inkus-koklea
D. Koklea-inkus-malleus-stapes

JAWABAN BENAR

B.

Malleus-inkkus-stapes-koklea

PEMBAHASAN

Urutan jalannya getaran melalui tulang-tulang pendengaran : malleus-inkus-stapes-koklea

3.

Jawablah soal berikut ini!

Bagian yang bertanggung jawab untuk mendeteksi dan mentransmisikan bunyi ke otak pada manusia adalah...


A. Telinga bagian luar
B. Telinga bagian tengah
C. Telinga bagian dalam
D. Gendang telinga

JAWABAN BENAR

C.

Telinga bagian dalam

PEMBAHASAN

elinga bagian dalam terdiri dari koklea yang mengandung sel-sel rambut dan saraf pendengaran yang bertanggung jawab untuk mendeteksi bunyi dan mentransmisikannya ke otak melalui saraf pendengaran.

4.

Jawablah soal berikut ini!

Proses pendengaran dimulai saat gelombang suara masuk melalui...


A. Telinga bagian luar
B. Telinga bagian tengah
C. Telinga bagian dalam
D. Gendang telinga

JAWABAN BENAR

A.

Telinga bagian luar

PEMBAHASAN

Proses pendengaran dimulai saat gelombang suara masuk melalui telinga bagian luar, yang terdiri dari aurikula (telinga luar) dan saluran telinga.

redesain-navbar Portlet