APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

IPA

Sistem Pencernaan Manusia

MATERI

Obesitas

Sobat pintar, apabila kalian tidak menjaga kesehatan sistem pencernaan kalian dan pola hidup kalian, maka akan terjadi beberapa gangguan pada sistem pencernaan kalian.

Apa saja sih gangguan pada sistem pencernaan? Dan bagaimana cara menanggulanginya? Yuk simak topik berikut ini.

Obesitas

Obesitas adalah suatu kondisi tubuh yang memiliki kandungan lemak berlebih, sehingga dapat menimbulkan efek negatif pada kesehatan. Obesitas dapat meningkatkan risiko terkena beberapa jenis penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, dan osteoartritis.

Obesitas umumnya disebabkan karena konsumsi makanan yang berlebih dan kurangnya aktivitas tubuh. Namun demikian, obesitas juga dapat disebabkan oleh keturunan melalui pewarisan gen atau akibat konsumsi obat tertentu. Pada beberapa orang, ada yang sedikit mengonsumsi makanan namun mengalami kelebihan berat badan. Hal ini dapat disebabkan laju metabolisme tubuh yang lambat.

Upaya utama untuk mencegah atau menangani obesitas adalah dengan berolahraga dan mengatur pola makan. Pengaturan pola makan dapat dilakukan dengan mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung energi, seperti makanan yang tinggi gula dan lemak, dan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi.

Karies Gigi

Lanjut ke topik berikutnya...

Karies gigi

Karies gigi atau gigi berlubang, merupakan kerusakan gigi akibat infeksi bakteri yang merusak lapisan gigi sehingga merusak struktur gigi. Bakteri pada mulut mengolah gula sehingga menghasilkan asam. Asam yang diproduksi selama metabolisme dalam mulut ini dapat merusak gigi. Gigi berlubang dapat menyebabkan nyeri pada gigi jika sampai terlalu dalam kerusakannya karena telah sampai merusak saraf gigi.

Pada umumnya penyakit gigi dan mulut disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan mulut. Oleh karena itu, upaya pencegahan yang dapat kamu lakukan adalah dengan memerhatikan kebersihan gigi. Menyikat gigi minimal 2 kali sehari, membersihkan gigi dengan menggunakan benang gigi, obat kumur atau berkumur dengan larutan garam dan air hangat dapat membantu mengurangi plak pada gigi, serta pemeriksaan gigi secara teratur dapat mengurangi perkembangan bakteri yang menyebabkan terjadinya penyakit pada mulut dan gigi.

Maag (Gastritis)

Kemudian lanjut ke topik selanjutnya..

Sakit Maag (gastritis), merupakan penyakit yang menyebabkan terjadinya peradangan atau iritasi pada lapisan lambung. Mag dapat diakibatkan meningkatnya asam lambung, infeksi bakteri Helicobacter pylori, peningkatan asam lambung, stres, makan tidak teratur, dan mengonsumsi makanan yang terlalu pedas atau asam.

Maag dapat dicegah dengan cara makan teratur, makan. secukupnya, cuci tangan sebelum makan, menghindari makanan yang memicu produksi asam lambung yang berlebihan seperti makanan asam, makanan pedas, dan kopi. Selain itu menghindari stres yang berlebihan juga dapat membantu mencegah sakit mag. Apabila mag disebabkan adanya infeksi bakteri Helicobacter pylori, dapat diobati dengan mengonsumsi obat antibiotik seperti amoksilin dan tetrasiklin. Namun, tentu harus dengan resep dari dokter.  

Hepatitis

Lanjut ke topik berikutnya...

Hepatitis merupakan penyakit peradangan pada hati. Orang yang menderita hepatitis ringan memiliki gejala seperti orang yang terkena flu, yaitu sakit otot dan persendian, demam, diare dan sakit kepala. Penderita hepatitis akut dapat mengalami jaundice (menguningnya kulit dan mata), membesarnya hati, dan membesarnya limfa . Hepatitis apabila tidak segera ditangani dapat memicu fibrosis (kerusakan pada hati) dan sirosis (gagal hati kronis). Sirosis dapat meningkatkan risiko berkembangnya kanker hati.

1.

Jawablah soal berikut ini!

Penyakit pada sistem pencernaan memiliki gejala sebagai berikut ....

  1. Kadar airdalam feses banyak
  2. Susah buang air besar
  3. Sesak napas
  4. Menyerang kelenjar ludah
  5. Karena kurang makanan berserat

Yang merupakan ciri penyakit sembelit adalah ...


A.  1) dan 2)
B. 2) dan 5)
C. 2) dan 4) 
D.  3) dan 5)

JAWABAN BENAR

B.

2) dan 5)

PEMBAHASAN

Yang merupakan ciri penyakit sembelit adalah susah buang air besar dan karena kurang makanan berserat

2.

Jawablah soal berikut!

Pada sistem pencernaan, hormon yang merangsang empedu untuk mengeluarkan garam empedu adalah….


A. Insulin
B. Kolesistokinin
C. Tripsin
D. Menghancurkan eritrosit tua

JAWABAN BENAR

D.

Menghancurkan eritrosit tua

PEMBAHASAN

Hormon kolesistokinin merangsang empedu untuk mengeluarkan bilus. Bilus mengandung garam empedu.

redesain-navbar Portlet