APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

IPA

Struktur dan Fungsi Tumbuhan

MATERI

Pendahuluan

Bagaimana Struktur dan Fungsi Tumbuhan Thallophyta di Atas ?

Masih ingatkah kamu bahwa tumbuhan dapat diklasifikasikan menjadi kelompok tumbuhan tidak berpembuluh (Thallophyta) dan tumbuhan berpembuluh (Tracheophyta)? Tumbuhan tidak berpembuluh (Thallophyta) meliputi tumbuhan lumut (Bryophyta).

Tumbuhan berpembuluh (Tracheophyta) meliputi:

  • Tumbuhan paku (Pteridophyta)
  • Tumbuhan berbiji (Spermatophyta).

Sedangkan tumbuhan berbiji dapat dikelompokkan lagi menjadi:

  • Tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae)
  • Tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae).

Pada bagian ini kamu akan mempelajari lebih dalam tentang tumbuhan berpembuluh.

Masih ingatkah kamu apa itu organ?
Organ merupakan kumpulan dari beberapa macam jaringan yang berbeda dan membentuk satu kesatuan untuk melakukan fungsi tertentu. Tahukah kamu organ penyusun tumbuhan berpembuluh? Tubuh tumbuhan berpembuluh tersusun atas beberapa organ. Secara umum, organ penyusun tumbuhan berpembuluh dapat dikelompokkan menjadi organ vegetative dan organ generatif.

Apakah organ vegetatif itu?
Organ vegetatif merupakan organ tumbuhan yang berfungsi untuk pendukung pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, terutama berguna untuk penyerapan, pengolahan, pengangkutan, dan penimbunan zat-zat makanan. Organ vegetatif tumbuhan berpembuluh terdiri atas akar, batang, dan daun. Organ generatif merupakan organ tumbuhan yang berfungsi dalam proses perkembangbiakan secara generatif atau seksual (didahului oleh peristiwa perkawinan). Pada tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae) organ generatif terdiri atas bunga, buah, dan biji.

Struktur dan Fungsi Akar

Sobat pintar, lanjut ke topik terkait struktur dan fungsi akar.

Akar merupakan organ tumbuhan yang umumnya berada di bawah permukaan tanah, tidak memiliki buku-buku, tumbuh ke pusat bumi atau menuju air, warna tidak hijau (keputih-putihan atau kekuning-kuningan), dan memiliki bentuk meruncing.

Terdapat dua jenis sistem perakaran pada tumbuhan, yaitu serabut dan tunggang.

  • Tumbuhan monokotil seperti padi, jagung, dan rumput memiliki sistem perakaran serabut. Sebaliknya pada
  • Tumbuhan dikotil seperti kacang tanah dan mangga memiliki sistem perakaran tunggang.

Akar memiliki fungsi untuk :

  • Menambatkan tubuh tumbuhan pada tanah atau medium tumbuhnya
  • Menyerap air dan mineral dalam tanah atau pada medium tumbuhnya. Pada beberapa tumbuhan, akar mengalami modifikasi sehingga dapat memiliki fungsi untuk menyimpan cadangan makanan misalnya pada singkong dan bengkuang serta berfungsi juga untuk menyerap oksigen atau untuk bernapas, misalnya pada tumbuhan bakau.

Pada wortel dan lobak akar tunggang berfungsi menyimpan cadangan makanan yang akan digunakan tumbuhan selama perbungaan dan pembentukan buah. Oleh karena itu, wortel dan lobak akan dipanen sebelum perbungaan.

Struktur dan Fungsi Batang

Sobat pintar, sekarang kita beralih ke topik struktur dan fungsi batang.

Pada umumnya tumbuhan yang kamu lihat memiliki batang yang berdiri tegak di atas tanah serta mendukung cabang, daun, dan bunga. Batang umumnya berbentuk panjang bulat seperti silinder, memiliki ruas-ruas (internodus) yang masing-masing dibatasi oleh buku-buku (nodus).

Pada nodus inilah tempat melekatnya daun dan tunas. Batang memiliki banyak fungsi antara lain menyokong bagian-bagian tumbuhan yang berada di atas tanah, dan sebagai jalan pengangkutan air dan mineral dari akar menuju daun dan jalan pengangkutan makanan dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan.

Tahukah kamu apa perbedaan struktur luar batang tumbuhan monokotil dan dikotil?

Apa yang kamu amati dari batang tumbuhan monokotil dan batang tumbuhan dikotil? Batang tumbuhan monokotil memiliki ruas-ruas batang terlihat jelas, sedangkan batang tumbuhan dikotil ruas-ruas batang tidak terlihat jelas

Tumbuhan Dikotil

Tumbuhan dikotil secara sederhana didefinisikan sebagai tumbuhan dengan bijinya berkeping atau berbiji belah. Tumbuhan dikotil dan monokotil memiliki karakteristik daun, akar dan batang yang berbeda. Pada tumbuhan dikotil, tulang pada daun tanamannya menyirip dan menjari dengan urat yang berbentuk jaring. Dari akarnya, akar tumbuhan dikotil adalah akar tunggang. Ciri lainnya adalah batang tanaman dikotil umumnya memiliki kambium dan batangnya bisa tumbuh menjadi besar. Yang termasuk dalam tumbuhan dikotil antara lain adalah :

  • Tumbuhan suku getah-getahan, yaitu tumbuhan yang memiliki getah berwarna putih pada tubuhnya, seperti pohon singkong dan pohon karet.
  • Tumbuhan suku kacang-kacangan (Leguminoceae) seperti kacang tanah dan kacang panjang.
  • Tumbuhan suku terung-terungan (Solanaceae) yang bunganya berbentuk bintang dan terompet dan buahnya memiliki daging yang berair, seperti tomat, terong dan cabai.
  • Tumbuhan suku jambu-jambuan (Myrtaceae) seperti jambu biji dan jambu air.
     

Tumbuhan Monokotil

Tumbuhan monokotil adalah tumbuhan yang bijinya tunggal karena hanya berkeping satu. Ciri dari tumbuhan monokotil adalah memiliki daun yang berbentuk pita dan urat daunnya sejajar seperti daun yang dimiliki padi. Tumbuhan monokotil memiliki akar serabut dan batangnya kecil serta tidak memiliki kambium. Adapun yang masuk dalam golongan tumbuhan monokotil antara lain adalah:

  • Tumbuhan suku rumput-rumputan (gramineae) seperti padi dan jagung.
  • Tumbuhan suku pinang-pinangan (palmae) contohnya pohon kelapa dan sagu
  • Tumbuhan suku anggrek-anggrekan (orchidaceae)
  • Suku pisang-pisangan (musaceae)
  • Suku jahe-jahean (zingiberceae) seperti jahe, temu dan kunyit.

Bagaimana sobat pintar?

Apa kalian sudah bisa membedakan antara struktur batang dikotil dan monokotil?

Struktur dan Fungsi Daun

Yuk kita lanjut ke topik berikutnya ya...

Daun merupakan organ tumbuhan yang menempel pada batang, biasanya berbentuk tipis lebar dan banyak mengandung zat warna hijau yang dinamakan klorofil. Daun memiliki beberapa fungsi, antara lain sebagai alat untuk mengambil gas karbon dioksida (CO2) yang digunakan sebagai sumber (bahan baku) dalam fotosintesis, mengatur penguapan air (transpirasi), dan pernapasan (respirasi) tumbuhan.

Pada bagian sebelumnya kamu telah mempelajari bahwa sistem perakaran dan batang antara tumbuhan monokotil dan dikotil berbeda. Demikian pula dengan daun, setiap tumbuhan memiliki bentuk, ukuran, dan warna daun yang berbeda untuk mencirikan tumbuhan tersebut.

Apakah struktur luar daun monokotil dengan daun dikotil berbeda?

Ada perbedaan struktur luar daun monokotil dan daun dikotil. Peruratan daun merupakan ciri untuk mengetahui suatu tumbuhan termasuk monokotil maupun dikotil. Daun monokotil memiliki peruratan daun yang sejajar, sedangkan tumbuhan dikotil memiliki peruratan daun menjala.

Pada proses fotosintesis dibutuhkan cahaya sebagai sumber energi. Energi tersebut ditangkap oleh zat hijau daun yang disebut klorofil. Gas karbon dioksida (CO2) dan air (H2O) digunakan sebagai bahan baku untuk menghasilkan glukosa (C6H12O6) dan oksigen (O2).

Glukosa selanjutnya akan disusun menjadi zat pati/amilum (C6H10O5)n melalui reaksi polimerisasi. Amilum tersebut kemudian disimpan dalam akar (misalnya pada singkong), batang (misalnya pada sagu), dan buah (misalnya pada padi).

Struktur dan Fungsi Bunga

Sobat pintar tentu pernah melihat bunga bukan?

Bunga merupakan alat reproduksi generatif pada tumbuhan. Bunga biasanya memiliki warna yang menarik dan berfungsi untuk menarik serangga atau hewan lain yang dapat membantu proses penyerbukan.

Secara umum, bunga tersusun atas dua bagian utama, yaitu perhiasan bunga dan alat reproduksi bunga. Perhiasan bunga meliputi tangkai, kelopak (kaliks), dan mahkota (korola). Sedangkan alat reproduksi berupa benang sari (alat kelamin jantan) dan putik (alat kelamin betina). Bunga yang memiliki bagian-bagian tersebut disebut bunga lengkap. Sedangkan bunga yang tidak memiliki salah satunya disebut bunga tidak lengkap.

Berdasarkan keberadaan alat reproduksi dalam satu bunga, ada bunga yang memiliki benang sari dan putik dalam satu bunga. Bunga yang demikian disebut dengan bunga sempurna. Namun, ada juga bunga yang hanya memiliki satu alat kelamin saja dalam satu bunga, benang sari saja atau putik saja. Bunga yang demikian disebut bunga tidak sempurna.

Apakah struktur bunga pada tumbuhan dikotil dan monokotil sama?

Tumbuhan monokotil dan dikotil dapat dibedakan berdasarkan karakteristik bunga, yaitu jumlah bagian-bagian bunga. Tumbuhan monokotil mempunyai bagian-bagian bunga seperti daun kelopak, daun mahkota, dan benang sari yang berkelipatan 3 (tiga). Pada tumbuhan dikotil mempunyai bagian-bagian bunga berkelipatan 4 (empat) atau 5 (lima).

Struktur dan Fungsi Buah dan Biji

Sobat pintar, pernahkah kamu memakan buah mangga atau buah yang lain?

Ketika kamu makan buah biasanya di dalamnya juga terdapat biji. Tahukah kamu darimana buah dan biji berasal? Masih ingatkah kamu bagian-bagian dari bunga?

Salah satu bagian dari bunga yaitu putik (pistillum). Putik terdiri atas tiga bagian, yaitu bagian dasar yang menggelembung disebut bakal buah (ovarium), bagian yang memanjang disebut tangkai putik (stilus) dan kepala putik (stigma).

Di dalam bakal buah terdapat satu atau lebih bakal biji (ovul). Pada perkembangan selanjutnya, bakal buah akan berkembang menjadi buah sedangkan bakal biji akan berkembang menjadi biji.

 

1. Susunan anatomi batang berikut yang tidak dimiliki oleh tumbuhan dikotil adalah...
A. Kulit dan kayu dapat dipisahkan
B. Pembuluh angkut tersebar
C. Pembuluh angkut dalam lingkaran
D. Kayu dan kulit dipisahkan oleh kambium

JAWABAN BENAR

B.

Pembuluh angkut tersebar

PEMBAHASAN

Karena tmbuhan dikotil memiliki pembuluh angkut melingkar tetatur pada penampang batangnya.

2.

Perhatikan pernyataan berikut!
1) Melindungi akar
2) Mengangkut air ke pembuluh berikutnya pada batang
3) Menyerap air dan garam mineral dari tanah
4) Menyampaikan makanan ke bagian akar
Fungsi kaliptra dan rambut akar berturut-turut sesuai nomor....


A. 1 dan 2
B. 2 dan 4
C. 1 dan 3
D. 3 dan 4

JAWABAN BENAR

C.

1 dan 3

PEMBAHASAN

Fungsi kaliptra adalah melindungi akar. Fungsi rambut-rambut akar adalah menyerap air dan garam mineral dari dalam tanah. Adapun fungsi xilem adalah mengangkut air dan hara dari akar ke batang kemudian menuju ke daun. Floem berfungsi menyampaikan makanan hasil fotosintesis ke seluruh tubuh.

redesain-navbar Portlet