APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

IPA

Usaha, Energi, dan Pesawat Sederhana

MATERI

Pendahuluan

Sobat pintar, pada saat kita melakukan aktivitas, kita selalu berupaya agar dapat melakukan usaha dengan mudah. Oleh karena itu, kita menggunakan alat bantu (pesawat sederhana) untuk membantu melakukan aktivitas.

Pesawat sederhana adalah alat mekanik yang dapat mengubah arah atau besaran dari suatu gaya.

Secara umum, alat-alat ini bisa disebut sebagai mekanisme paling sederhana yang memanfaatkan keuntungan mekanik untuk menggandakan gaya. Sebuah pesawat sederhana menggunakan satu gaya kerja untuk bekerja melawan satu gaya beban. Dengan mengabaikan gaya gesek yang timbul, maka kerja yang dilakukan oleh beban besarnya akan sama dengan kerja yang dilakukan pada beban.

Kerja yang timbul adalah hasil gaya dan jarak. Jumlah kerja yang dibutuhkan untuk mencapai sesuatu bersifat konstan, walaupun demikian jumlah gaya yang dibutuhkan untuk mencapai hal ini dapat dikurangi dengan menerapkan gaya yang lebih sedikit terhadap jarak yang lebih jauh. Dengan kata lain, peningkatan jarak akan mengurangi gaya yang dibutuhkan. Rasio antara gaya yang diberikan dengan gaya yang dihasilkan disebut keuntungan mekanik.

Jenis-Jenis Pesawat Sederhana

Sobat pintar, terdapat beberapa jenis pesawat sederhana diantaranya:

Katrol
Tahukah kamu bagaimana seseorang dapat mengambil air dari sumur yang dalam dengan menggunakan timba. Ini karena orang tersebut memanfaatkan katrol tetap yang berfungsi untuk mengubah arah gaya. Jika tali yang terhubung pada katrol ditarik ke bawah, maka secara otomatis timba yang berisi air akan terkerek ke atas. Keuntungan mekanis katrol tetap sama dengan 1. Karena pada katrol tetap tunggal, gaya kuasa yang digunakan untuk menarik bebas sama dengan gaya beban. Berbeda dengan katrol tetap, kedudukan katrol bebas berubah dan tidak dipasang di tempat tertentu. Perhatikan gambar di bawah

 

Roda Berporos
Kamu tentunya sudah tidakasing lagi dengan sepeda, bahkan sebagian besar di antara kamu pasti pernah menggunakannya. Roda gigi (gear) dan ban pada  sepeda adalah salah satu contoh pesawat sederhana yang tergolong roda berporos. Roda gigi berfungsi sebagai pusat pengatur gerak roda sepeda yang terhubung langsung dengan roda sepeda, sedangkan roda sepeda menerapkan prinsip roda berporos untuk mempercepat gaya saat melakukan perjalanan. Gambar dibawah menunjukkan roda gigi pada sepeda motor sebagai contoh roda berporos. Selain roda sepeda, contoh penerapan pesawat sederhana jenis roda berporos adalah pada kursi roda, mobil, dan sepatu roda.

 

Bidang Miring
Bidang miring
merupakan bidang datar yang diletakkan miring atau membentuk sudut tertentu sehingga dapat memperkecil gaya kuasa. Contoh penerapan bidang miring adalah tangga, sekrup, dan pisau. Keuntungan mekanis bidang miring dapat dihitung sebagai berikut.

Karena segi tiga yang besar sebangun dengan segitga yang kecil, maka

sehingga,

KM bidangmiring = l/h

Keterangan:
KM = keuntungan mekanis
FB = gaya beban
FK = gaya kuasa
l = panjang bidang miring
h = tinggi bidang miring

 

Pengungkit
Pengungkit
merupakan salah satu jenis pesawat sederhana yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh alat-alat yang merupakan pengungkit antara lain gunting, linggis, jungkat-jungkit, pembuka botol, pemecah biji kenari, sekop, koper, pinset, dan sebagainya.

Pengungkit dapat memudahkan usaha dengan cara menggandakan gaya kuasa dan mengubah arah gaya. Agar kita dapat mengetahui besar gaya yang dilipatgandakan oleh pengungkit maka kita harus menghitung keuntungan mekanisnya.

Cara menghitung keuntungan mekanisnya adalah dengan membagi panjang lengan kuasa dengan panjang lengan beban. Panjang lengan kuasa adalah jarak dari tumpuan sampai titik bekerjanya gaya kuasa. Panjang lengan beban adalah jarak dari tumpuan sampai dengan titik bekerjanya gaya beban. Agar kamu mudah memahaminya, perhatikan gambar berikut!

Karena syarat kesetimbangan tuas adalah

FB × LB = FK × LK
maka
KMtuas = LB/LK

Keterangan:
KM = keuntungan mekanis
FB = gaya beban
FK = gaya kuasa
LK = lengan kuasa
LB = lengan beban

1.

Jawablah soal berikut ini!

Gaya yang dikeluarkan untuk memindahkan suatu beban disebut ....


A. Lengan Beban
B. Kuasa
C. Tenaga
D. Usaha

JAWABAN BENAR

B.

Kuasa

PEMBAHASAN

Dalam pembahasan pesawat sederhana menyerupai tuas dan katrol dikenal beberapa istilah untuk menyatakan besaran yang digunakan, yaitu:

  1. Beban : berat benda yang akan dipindahkan
  2. Kuasa : besar gaya yang dipakai untuk memindahkan beban
  3. Lengan kuasa = jarak antara kuasa dan titik tumpu
  4. Lengan beban = jarak antara beban dan titik tumpu.

2.

Cermati gambar bidang miring berikut ini.

Jika besar gaya F dalah 60 Newton, tentukan keuntungan mekanik bidang miring !


A. 1,53
B. 1,63
C. 1,67
D. 1,73

JAWABAN BENAR

C.

1,67

PEMBAHASAN

3.

Jawablah soal berikut ini!

Pesawat sederhana yang terdiri dari sebuah batang yang dapat berputar di sekitar satu poros disebut...


A. Katrol
B. Dongkrak
C. Tuas
D. Gergaji

JAWABAN BENAR

C.

Tuas

PEMBAHASAN

Pesawat sederhana yang terdiri dari sebuah batang yang dapat berputar di sekitar satu poros disebut tuas.

4.

Jawablah soal berikut ini!

Katrol adalah pesawat sederhana yang terdiri dari...


A. Batang yang dapat berputar di sekitar satu poros
B. Roda bergerigi yang digunakan untuk mengangkat beban
C. Rangkaian roda gigi untuk memindahkan tenaga
D. Roda yang digunakan untuk mengangkat beban

JAWABAN BENAR

C.

Rangkaian roda gigi untuk memindahkan tenaga

PEMBAHASAN

Katrol adalah pesawat sederhana yang terdiri dari rangkaian roda gigi yang digunakan untuk memindahkan tenaga dan mengangkat beban.

5.

Jawablah soal berikut ini!

Gergaji adalah contoh pesawat sederhana yang mengubah gerakan...


A. Linier menjadi rotasi
B. Rotasi menjadi linier
C. Berputar pada porosnya
D. Miring pada bidangnya

JAWABAN BENAR

A.

Linier menjadi rotasi

PEMBAHASAN

Gergaji adalah contoh pesawat sederhana yang mengubah gerakan linier menjadi gerakan rotasi saat digunakan untuk memotong atau mengerat benda.

redesain-navbar Portlet