APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

IPS

Interaksi Keruangan dalam Kehidupan Negara ASEAN

MATERI

Letak Koordinat Negara ASEAN

Sumber: Wikipedia.com

Sobat pintar, kalian tau gak sih Negara ASEAN memiliki wilayah laut dengan luas sekitar 5.060.100 km2, dengan wilayah daratan memiliki luas 4.817.000 km 3. Dan hanya Negara Laos yang tidak memiliki laut di dalam negaranya, Berdasarkan letak geografis ASEAN terletak diantara dua samudra dan dua benua yaitu Samudra hindia dan pasifik, sedangkan dua benua yaitu Asia dan Australia.
Negara ASEAN juga memiliki ciri-ciri berdasarkan bentuk secara geografisnya loh, yaitu :
A. Compact, yaitu berbentuk seperti lingkaran. Contohnya Negara kamboja
B. Fragmented, yaitu berbentuk kepulauan yang terpisah-pisah, Contohnya Indonesia
C. Elongated, yaitu berbentuk memanjang, Contohnya Vietnam
D. Protruded, yaitu bentuknya lebih kompleks dan beragam, biasanya terdapat ‘’tangan’’, Contohnya Thailand dan Myanmar. 
 

Letak Koordinat Negara ASEAN


Sumber: Wikipedia.com

Yang perlu kalian ketahui adalah Letak Koordinat adalah titik yang berpedoman pada garis latitude (garis lintang) dan longitude ( garis bujur) suatu daerah pada peta. Letak koordinat juga sering disebut sebagai letak astronomis loh. Selanjutnya kita akan memahami letak astronomis dari masing-masing Negara secara umum, diantaranya :

1. Indonesia 

Indonesia terletak antara 95° BT – 141° BT dan  6° LU-11° LS dan persilangan dua benua dan dua samudra. Secara geologis, Indonesia merupakan daerah pertemuan antara dua deretan pegunungan, yaitu sirkum pasifik dan sirkum mediterania. Selain itu, Indonesia juga merupakan pertemuan antara lempeng Asia, Indo-Australia, dan lempeng dasar samudra pasifik.

2. Brunei Darussalam

Negara Brunei Darussalam terletak pada 4°LU-6°LU dan 114° BT-115°BT. Wilayah Brunei dikelilingi oleh Negara Malaysia. Negara Brunei Darussalam terbagi menjadi dua bagian, yaitu bagian barat dan bagian timur. Bagian barat terdiri atas 3 daerah, yaitu daerah tutong, Belait, dan Brunei. Bagian timur adalah daerah temburong.

3. Filipina

Filipina  terletak antara 5°LU-21°LU dan di antara 117°BT-126°BT. Luas wilayahnya 30.000 km2. Garis pantai Negara ini sepanjang 36.289 km. Filipina merupakan Negara kepulauan, dengan jumlah pulau 7.107.

4. Kamboja

Kamboja terletak pada 10°LU-15° dan 102°BT-108°BT. Kamboja memiliki wilayah seluas 181.300 km2.

5. Laos

Laos memiliki letak astronomis 14°LU-22°LU dan 100°BT-107°BT. Dengan batas-batas sebagai berikut :

  • Sebelah barat berbatasan dengan Thailand dan Birma
  • Sebelah utara berbatasan dengan Tiongkok dan Vietnam
  • Sebelah Timur dengan Vietnam
  • Sebelah Selatan dengan Kamboja

6. Malaysia

Secara Geografis, Malaysia berbatasan dengan laut cina selatan, Indonesia, selat singapura, Singapura, Selat Malaka, dan Thailand. Malaysia terletak diantara 1°LU-7°LS dan antara 100°BT-120°BT.

7. Myanmar

Secara astronomis, Myanmar terletak antara 11°LU-28°LU dan 92°BT-101°BT

8. Singapura

Secara astronomis singapura terletak pada 11°LU-27°LS dan 103°BT-104°BT.

9. Thailand

Secara astronomis, Thailand terletak antara 6°LU-21°LU dan 97°BT-106°BT.

10. Vietnam

Secara astronomis,Vietnam terletak antara 23°LU-9°LU dan 105°BT-109°BT.

1.

Isilah titik-titik dibawah ini !

Negara yang memiliki bentuk compact adalah…


A. Laos
B. Vietnam
C. Kamboja
D. Indonesia

JAWABAN BENAR

C.

Kamboja

PEMBAHASAN

Berdasarkan bentuk secara geografis, negara-negara ASEAN memiliki ciri compact, fragmented, elongated, dan protruded. Negara yang berbentuk compact adalah negara yang berbentuk hampir seperti lingkaran. Contoh negara di ASEAN yang memiliki bentuk compact adalah Kamboja. 

2.

Isilah titik-titik dibawah ini !

Sungai Mekong merupakan sungai terpanjang di Asia Tenggara. Sungai ini melintasi beberapa negara, termasuk Laos. Sungai Mekong memegang peranan penting bagi Laos, dimana pusat perekonomiannya terdapat di sepanjang sungai ini. Faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi adalah…. 


A. Sungai Mekong berfungsi sebagai batas negara Laos
B. Sungai Mekong merupakan sungai suci bagi masyarakat Laos
C. Sungai Mekong dapat dimanfaatkan untuk mengalirkan limbah industri Laos
D. banyaknya dermaga pelabuhan di Sungai Mekong

JAWABAN BENAR

D.

banyaknya dermaga pelabuhan di Sungai Mekong

PEMBAHASAN

Laos merupakan negara yang tidak memiliki wilayah laut karena dikelilingi oleh daratan (land-locked). Sungai Mekong yang merupakan sungai terpanjang di Asia Tenggara juga melintas sepanjang wilayah Laos. Sungai ini memiliki peranan penting bagi negara Laos karena berfungsi untuk mengaliri pertanian di Laos. Selain itu, pada sungai ini terdapat banyak pelabuhan yang membantu proses distribusi barang produksi Laos.

3.

Isilah titik-titik dibawah ini !

Brunei Darussalam terletak pada 4°LU - 6°LU dan 114°BT - 115°BT. Berdasarkan letak astronomis tersebut, maka Brunei Darussalam memiliki iklim….


A. kutub
B. tropis
C. subtropis
D. sedang

JAWABAN BENAR

B.

tropis

PEMBAHASAN

Letak astronomis Brunei Darussalam yang terletak pada 4°LU - 6°LU dan 114°BT - 115°BT menjadikan negara ini memiliki iklim tropis. Wilayah beriklim tropis berada pada wilayah lintang 23,54°LU – 23,5°LS

4.

Isilah titik-titik dibawah ini !

Filipina merupakan negara peringkat kedua (setelah Amerika Serikat) dalam hal penggunaan energi geothermal sebagai pembangkit listrik. Pengelolaan geothermal di Filipina ini jauh lebih tinggi dibandingkan Indonesia. Padahal, Indonesia juga memiliki potensi energi geothermal yang sangat tinggi. Faktor yang menyebabkan hal ini terjadi adalah….


A. topografi di Indonesia sangat beragam
B. cadangan energi fosil di Filipina yang lebih sedikit
C. Indonesia cenderung meningkatkan penggunaan energi fosilnya
D. tidak ada pembangkit listrik tenaga panas bumi di Indonesia

JAWABAN BENAR

B.

cadangan energi fosil di Filipina yang lebih sedikit

PEMBAHASAN

Indonesia yang dilalui oleh jalur Sirkum Pasifik & Mediterania dan Filipina yang dilalui oleh jalur Sirkum Mediterania menyebabkan kedua negara ini memiliki cadangan sumber daya energi dan mineral yang sangat tinggi, termasuk cadangan energi geothermal. Namun, penggunaan dan pengelolaan energi geothermal di Filipina jauh lebih tinggi di Indonesia. Salah satu faktor yang menyebabkan hal ini terjadi adalah karena cadangan energi fosil di Filipina jauh lebih sedikit dibandingkan dengan Indonesia. Kondisi ini menjadikan Filipina banyak mengembangkan energi alternatif, seperti energi geotermal, untuk memenuhi kebutuhan energi listrik di negaranya

5.

Isilah titik-titik dibawah ini !

Kata budaya berasal dari beberapa bahasa. Salah satunya adalah dari bahasa Sansekerta yang memiliki arti akal budi, yaitu ….


A. culture
B. budhaya
C. cutler
D. colere

JAWABAN BENAR

B.

budhaya

PEMBAHASAN

Kebudayaan memiliki arti yang berbeda dengan Budaya. Kata budaya berasal dari beberapa bahasa yang salah satunya dari bahasa Sansekerta yaitu “buddhayah” yang berarti akal budi, dan berkaitan dengan sesuatu yang bersifat tidak konkret (tidak nyata).
 

redesain-navbar Portlet