APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

IPS

Interaksi Sosial terhadap Kehidupan Sosial dan Pengaruh Kebangsaan

MATERI

Pengertian Mobilitas

 



Sumber : Suara.com 

Sobat pintar! terkadang di dalam lingkungan banyak sekali terjadinya mobilitas sosial yang terkadang kita gak suka sadar nih. nah, Mobilitas berasal dari bahasa latin yakni mobilis, yang berarti mudah dipindahkan atau banyak bergerak dari satu tempat ke tempat lainya. Kata social tersebut mengandung makna seseorang atau sekelompok warga dalam kelompok sosial. Jadi, mobilitas sosial berarti perpindahan posisi seseorang atau sekelompok orang dari lapisan satu ke lapisan lain
 

BENTUK-BENTUK MOBILITAS SOSIAL


Sumber : Buguruku.com

Mobilitas sosial positif/naik yaitu perubahan atau dampak yang akan lebih mempercepat tingkat perubahan sosial masyarakat ke arah yang lebih baik. Mobilitas Sosial negatif/turun yaitu perubahan atau dampak yang akan lebih mempercepat tingkat perubahan sosial masyarakat ke arah yang lebih buruk

1. Mobilitas Vertikal

ketika kamu berada di posisi itu, kamu punya kesempatan buat naik ke atas atau turun ke bawah ‘kan? Begitu juga dengan mobilitas vertikal yang dibedakan menjadi mobilitas sosial vertikal ke atas dan mobilitas sosial vertikal ke bawah. Maksudnya, perpindahan status sosial yang terjadi bisa menjadi lebih tinggi (naik) maupun lebih rendah (turun). Maka dari itu mobilitas vertikal adalah perpindahan status sosial yang dimiliki seseorang atau kelompok ke status sosial lain yang tidak sederajat dari sebelumnya.

2. Mobilitas Horizontal

Dalam mobilitas horizontal adalah, perpindahan status sosial yang dialami seseorang atau kelompok tidak akan mengubah derajat sosialnya atau akan tetap sejajar seperti sebelumnya. Contohnya, seorang dokter yang bekerja di salah satu rumah sakit Bandung diharuskan pindah tugas ke rumah sakit Jakarta. Pada kasus itu, dokter tersebut mengalami mobilitas horizontal, yaitu perpindahan tempat kerja tetapi tidak mengubah status sosialnya sebagai dokter. Penghasilannya tidak berubah dan jabatannya sebagai seorang dokter juga tidak berubah. 

FAKTOR PENDORONG DAN PENGHAMBAT MOBILITAS SOSIAL




Sumber : Bobo.grid.id

Kalian mungkin bertanya, mengapa terjadi mobilitas sosial? Apakah mobilitas selalu terjadi dalam masyarakat? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kalian perlu mempelajari faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya mobilitas sosial. Dalam setiap masyarakat, kecenderungan mengalami mobilitas sosial berbeda beda.Ada masyarakat yang dengan cepat dan mudah mengalami mobilitas sosial, tetapi ada pula masyarakat yang cenderung sulit mengalami mobilitas sosial. Mengapa demikian?

Faktor penghambat

1. Faktor Struktural
Faktor ini terkait dengan kesempatan seseorang untuk menempati sebuah kedudukan serta kemudahan untuk memperolehnya. Kalau di Indonesia sih struktur masyarakatnya sangat terbuka. Jadi, kesempatan kamu untuk menempati berbagai jabatan yang tinggi, seperti manajer bahkan presiden, menjadi lebih besar, lho! Namun, di Indonesia, ketersediaan lapangan pekerjaan dengan jumlah penduduknya juga masih belum imbang, nih. Ini bisa menjadi penyebab individu atau kelompok punya potensi mengalami mobilitas sosial yang turun.

2. Faktor Individu
Faktor ini terkait dengan kualitas individu yang dilihat dari segi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Manusia ‘akan dilahirkan dalam status sosial yang dimiliki orang tuanya tuh. Nah, jika seseorang tidak puas dengan status sosial yang diwariskan, ia dapat berusaha untuk mencapai status sosial yang lebih tinggi. Sampai saat ini, pendidikan masih dianggap sebagai social elevator atau sarana yang dapat membuat orang menjadi pribadi yang lebih berkualitas dan meningkatkan status sosialnya di masyarakat.

3. Faktor Ekonomi
Jika situasi ekonomi dalam masyarakat cenderung baik maka mobilitas sosial pun dapat terwujud. Kondisi ekonomi yang baik membuat masyarakat mudah memperoleh modal, pendidikan, dan kesempatan lainnya. jika,ekonominya buruk, masyarakat akan memiliki pendapatan terbatas sehingga sulit untuk memenuhi seluruh kebutuhannya dan mobilitas sosial tidak akan bisa terjadi.

4. Faktor Politik
Faktor yang satu ini sangat bergantung pada situasi politik suatu negara. Keadaan negara yang tidak stabil akan mempengaruhi kondisi keamanannya. Dengan begitu, ketersediaan dan kemudahan dalam bekerja juga lebih baik sehingga masyarakat mampu melakukan mobilitas sosialnya.

5. Faktor kependudukan
Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah penduduk di Indonesia hampir selalu bertambah dari waktu ke waktu. Pertambahan penduduk bisa mempersempit lahan pemukiman bahkan meningkatkan kemiskinan. Makanya, masalah kependudukan seperti ini mendorong individu dan pemerintah untuk mengarahkan masyarakat agar bermigrasi ke daerah lain sehingga mobilitas sosial pun terjadi.

Faktor Pendorong

1. Faktor Kemiskinan
Masyarakat yang mengalami kemiskinan akan kesulitan untuk mencapai status sosial tertentu. Salah satu penyebab kemiskinan adalah pendidikan yang rendah. Emang kenapa kalau pendidikannya rendah? Dengan pendidikan yang rendah, kualitasnya sebagai sumber daya manusia pun juga menjadi rendah. Akibatnya, kemampuannya untuk bersaing dalam mendapatkan pekerjaan menjadi terbatas

2. Faktor Diskriminasi
Diskriminasi adalah membedakan perlakuan terhadap sesama karena alasan beda bangsa, suku ras, agama, dan golongan. Nah, perlakuan membedakan seperti ini sangat tidak baik, selain dapat mengakibatkan konflik, juga dapat menghambat mobilitas sosial.

3. Stereotip Gender
Membeda-bedakan karakteristik serta posisi sosial laki-laki dan perempuan, seperti memiliki pandangan bahwa derajat laki-laki lebih tinggi daripada wanita juga bisa menghambat mobilitas sosial, lho! Misalnya, pandangan bahwa perempuan tidak perlu berpendidikan tinggi toh yang bekerja adalah suami. perilaku seperti itu dapat menghalangi prestasi dan kesempatan seseorang untuk melakukan mobilitas agar status sosialnya meningkat

1.

Isilah titik-titik dibawah ini !

Seorang yang memiliki latar belakang sebagai guru Sekolah Dasar berhasil menjadi pengusaha yan sukses (konglomerat). Contoh tersebut menunjukkan telah terjadi mobilitas ….


A. horizontal
B. vertikal naik
C. vertikal turun
D. antar generasi

JAWABAN BENAR

B.

vertikal naik

PEMBAHASAN

Mobilitas merupakan perubahan individu atau objek sosial dari satu kedudukan sosial ke satu kedudukan sosial yang lain yang tidak sederajat sehingga terjadi perubahan kedudukan, ada yang naik dan ada yang turun. jika ada peningkatan derajat sosial akibat prestasi berarti adalah mobilitas sosial.

2.

Isilah titik-titik dibawah ini !

Seorang pemuda terpelajar dari kalangan rakyat biasa menikah dengan putri seorang hartawan. pemuda tersebut kemudian menempati status sosial yang setara dengan istrinya.Saluran yang digunakan untuk mobilitas sosial adalah ...


A. pendidikan dasar
B. partai politik
C. lembaga keagamaan
D. perkawinan

JAWABAN BENAR

D.

perkawinan

PEMBAHASAN

Perkawinan adalah ikatan sosial dan ikatan hukum antarpribadi yang membentuk hubungan kekerabatan yang bersifat intim dan seksual. Dalam kaitannya sebagai saluran mobilitas sosial, perkawinan dapat meningkatkan derajat seseorang, baik laki-laki ataupun perempuan. Apalagi jika pasangan yang dikawini atau dinikahi adalah orang terpandang atau keturunan orang terpandang.

3.

Isilah titik-titik dibawah ini !

Berikut yang merupakan contoh mobilitas sosial vertikal adalah ….


A. kantor Kinan bulan ini menjalankan sistem rotasi pekerjaan ke daerah lain
B. Galuh mendapatkan promosi jabatan di kantor
C. Hesa pindah tempat tinggal ke daerah lain
D. Cahaya pindah kewarganegaraan mengikuti suaminya

JAWABAN BENAR

B.

Galuh mendapatkan promosi jabatan di kantor

PEMBAHASAN

Mobilitas vertikal merupakan perubahan individu atau objek sosial dari satu kedudukan sosial ke satu kedudukan sosial yang lain yang tidak sederajat sehingga terjadi perubahan kedudukan, ada yang naik dan ada yang turun. jika ada peningkatan derajat sosial akibat prestasi berarti adalah mobilitas sosial. 

4.

Isilah titik-titik dibawah ini !

Mobilitas merupakan kata dari bahasa latin yaitu ‘’ mobilis ‘’ yang mempunyai arti : 


A. sulit dipindahkan
B. mudah dipindahkan
C. tetap ditempat
D. sedang berhenti

JAWABAN BENAR

B.

mudah dipindahkan

PEMBAHASAN

Menurut Variansi.com, mobilitas merupakan kata dari bahasa latin yaitu “mobilis” yang mempunyai arti mudah dipindahkan.
Secara singkat, jawaban dari pertanyaan Mobilitas merupakan kata dari bahasa latin yaitu “mobilis” yang mempunyai arti? tidak ada penjelasan pembahasannya.

5.

Isilah titik-titik dibawah ini !

Berikut yang merupakan contoh mobilitas sosial vertikal adalah ….


A. kantor Kinan bulan ini menjalankan sistem rotasi pekerjaan ke daerah lain
B. Galuh mendapatkan promosi jabatan di kantor
C. Hesa pindah tempat tinggal ke daerah lain
D. Cahaya pindah kewarganegaraan mengikuti suaminya

JAWABAN BENAR

B.

Galuh mendapatkan promosi jabatan di kantor

PEMBAHASAN

Mobilitas vertikal merupakan perubahan individu atau objek sosial dari satu kedudukan sosial ke satu kedudukan sosial yang lain yang tidak sederajat sehingga terjadi perubahan kedudukan, ada yang naik dan ada yang turun. jika ada peningkatan derajat sosial akibat prestasi berarti adalah mobilitas sosial. 

redesain-navbar Portlet