APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

IPS

Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat

MATERI

PENGERTIAN PELAKU EKONOMI


Sumber: Serupa.id

Hayy.. sobat pintar ! Zaman sekarang makin banyak nih para wirausaha dimana-dimana nah di dalam wirausaha terdapat 2 pihak, yaitu pelaku ekonomi dan pembeli. Nah, pelaku ekonomi Menurut Cambridge Dictionary, Pelaku ekonomi adalah seseorang, perusahaan, atau organisasi yang memiliki pengaruh terhadap motif ekonomi dengan memproduksi, membeli, atau menjual. 
Ada 4 (empat) pelaku ekonomi, yaitu rumah tangga keluarga/konsumen, rumah tangga perusahaan/produsen, rumah tangga pemerintah, dan rumah tangga luar negeri. Keempat pelaku tersebut berperan penting dalam menggerakkan perekonomian negara sesuai dengan peran masing-masing. Kelompok masyarakat yang melakukan kegiatan konsumsi terhadap barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup diri sendiri maupun keluarga dinamakan Rumah Tangga Konsumen (RTK)

Pihak yang melakukan kegiatan produksi yaitu kegiatan untuk menghasilkan barang dan jasa guna memenuhi kepentingan orang lain dinamakan Rumah Tangga Produsen (RTP). Selain pihak yang menghasilkan dan mengkonsumsi barang dan jasa, ada pihak yang bertugas untuk mengatur, mengendalikan, serta mengadakan kontrol terhadap jalannya roda perekonomian, yang disebut Rumah Tangga Pemerintah.
 

PERAN PELAKU EKONOMI


Sumber: Jojonomic.com 

Peran pelaku ekonomi dalam perekonomian yaitu sebagai berikut ;
1. Peran Rumah Tangga Keluarga/Rumah Tangga Konsumen (RTK)
Rumah tangga konsumen adalah kelompok masyarakat yang melakukan kegiatan konsumsi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Rumah tangga konsumen membutuhkan barang dan jasa yang dihasilkan oleh rumah tangga perusahaan. Jadi, barang dan jasa yang dihasilkan oleh rumah tangga perusahaan ditujukan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga konsumen. Rumah tangga konsumen memiliki dua peran, yaitu sebagai konsumen dan sebagai penyedia faktor produksi, yang meliputi penyediaan lahan, tenaga kerja, modal, dan keahlian.

Rumah tangga keluarga/konsumen menjalankan peran yang pertama, yaitu sebagai konsumen, dengan cara mengonsumsi barang dan jasa yang dihasilkan oleh rumah tangga produsen. Barang dan jasa yang dihasilkan oleh produsen dijual kepada konsumen. Konsumen membayar barang dan jasa tersebut dengan uang dari hasil penggunaan faktor produksi yang mereka pinjamkan ke rumah tangga perusahaan. 

Peran yang kedua dari rumah tangga konsumen adalah sebagai penyedia faktor produksi bagi rumah tangga produsen. Penawaran faktor produksi terjadi di pasar input atau pasar faktor produksi. Salah satu contoh pasar input  adalah pasar tenaga kerja. Tenaga kerja merupakan salah satu faktor produksi yang penting bagi setiap perusahaan.

2. Peran Rumah Tangga Perusahaan/Rumah Tangga Produsen (RTP)
Rumah tangga perusahaan atau biasa disebut sebagai produsen merupakan pelaku ekonomi yang berperan sebagai penyedia barang dan jasa bagi konsumen. Peran pertama dari rumah tangga perusahaan adalah memproduksi barang/jasa. Barang/jasa yang dihasilkan perusahaan kemudian ditawarkan kepada konsumen atau pembeli. 

Hubungan Rumah Tangga Produsen (RTP) dengan Rumah Tangga Konsumen (RTK) di pasar output atau pasar barang. RTP memberikan barang/jasa pada konsumen, kemudian sebagai imbalannya RTK memberikan sejumlah uang kepada RTP. Dua garis panah di bagian bawah menunjukkan hubungan RTP dan RTK di pasar faktor produksi. RTK berperan sebagai penyedia faktor produksi, sedangkan RTP berperan sebagai pengguna faktor produksi. RTP memberikan imbalan atas faktor produksi yang diberikan oleh RTK. Imbalan ini  berupa sewa, upah/gaji, bunga, dan keuntungan.

3. Peran Rumah Tangga Pemerintah
Rumah tangga pemerintah merupakan salah satu pelaku ekonomi. Pemerintah memiliki tiga peran penting, yaitu sebagai regulator, konsumen, dan produsen :

a. Regulator 
Regulasi dan aturan yang Pembayaran atas pembelian barang dan jasa Penjualan barang/jasa Pembelian faktor produksi Pembayaran balas jasa  faktor produksi Rumah Tangga Produsen (RTP) Rumah Tangga Konsumen (RTK) dibuat oleh pemerintah antara lain berupa pemberian subsidi pada perusahaan dalam negeri sehingga mampu bersaing dengan produk dari luar. Peran lain pemerintah adalah menentukan besarnya pajak. Dengan adanya aturan tentang pajak progresif, orang yang kaya dipungut pajak yang tinggi, orang yang miskin dipungut pajak yang rendah, bahkan orang yang sangat miskin tidak dipungut pajak tetapi malah disubsidi.

b. Konsumen 
Dalam menjalankan fungsinya sebagai pengatur, pemerintah membutuhkan sarana dan prasarana penunjang, yang dibeli dari rumah tangga perusahaan/produsen. Contohnya, kantor dinas pendidikan, untuk menjalankan aktivitasnya sehari-hari, membutuhkan kertas, printer, dan tinta. Untuk itu, pemerintah harus membeli ke perusahaan atau produsen.

c. Produsen 
Dalam menjalankan perannya sebagai produsen, pemerintah memproduksi barang atau jasa. rumah tangga produsen di negara kita salah satunya berbentuk BUMN (Badan Usaha Milik Negara). BUMN adalah badan usaha yang dimiliki oleh pemerintah. Maka, pemerintah juga berperan sebagai rumah tangga produsen. Contoh Badan Usaha Milik Negara adalah PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PLN (Perusahaan Listrik Negara)
 

1.

Isilah titik-titik dibawah ini !

Kegiatan ekonomi yang dilakukan rumah tangga produsen adalah ....


A. membayar pajak rumah tangga
B. memiliki tabungan
C. menggunakan faktor produksi untuk berproduksi
D. memberikan subsidi pajak

JAWABAN BENAR

C.

menggunakan faktor produksi untuk berproduksi

PEMBAHASAN

Kegiatan ekonomi yang dilakukan rumah tangga produsen adalah menggunakan faktor  produksi untuk berproduksi, membayar pajak kepada pemerintah, membuat barang/jasa.

 

2.

Isilah titik-titik dibawah ini !

Perhatikan faktor-faktor produksi berikut ini:
(1) Alam
(2) Tenaga kerja
(3) Modal
(4) Kewirausahaan
Yang termasuk faktor produksi sekunder adalah ....

 

 


A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (1) dan (4)
D. (3) dan (4)

JAWABAN BENAR

D.

(3) dan (4)

PEMBAHASAN

Faktor produksi terdiri dari:
a. Faktor produksi asli, meliputi sumber daya alam dan sumber daya manusia.
1)Sumber daya alam
2)Sumber daya manusia
b. Faktor produksi turunan, meliputi modal dan kewirausahaan.
1) Modal atau capital yaitu semua alat yang dipergunakan sebagai penunjang proses produksi.
 

 

3.

 Isilah titik-titik dibawah ini !

  1. Analisis perilaku konsumen dan perilaku produsen berikut:
  2. Bu Widati membuka usaha warung makan di sekitar pabrik garmen dekat rumahnya
  3. Pak Endun mencari alternatif bahan baku untuk menekan harga pokok usahanya
  4. Bu Mira membandingkan harga-harga bahan sembako beberapa kios yang ada di Pasar Untuk mempersiapkan masa pensiun, Pak Wahyu menyisihkan sebagian pendapatannya setiap bulan
  5. Sebagai pengusaha, Henry memberikan apresiasi kepada karyawannya yang memiliki dedikasi tinggi

Perilaku-perilaku produsen ditunjukkan nomor ....

 


A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (5)
C. (1), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (4)

JAWABAN BENAR

B.

(1), (2), dan (5)

PEMBAHASAN

Perilaku-perilaku produsen setiap usaha manusia untuk menciptakan atau menambah guna suatu barang atau benda untuk memenuhi kebutuhan manusia

 

4.

Isilah titik-titik dibawah ini !

Berikut ini yang merupakan kegiatan konsumsi adalah ....


A. memperbanyak jenis barang
B. mengurangi penghasilan konsumen
C. menambah nilai guna barang dan jasa
D. menggunakan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan

JAWABAN BENAR

D.

menggunakan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan

PEMBAHASAN

Konsumsi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia guna memperoleh kepuasan

5.

Isilah titik-titik dibawah ini !

Salah satu peran pemerintah yang paling utama dalam kegiatan ekonomi adalah ....

 


A. Memberi subsidi pupuk pada petani
B. Menggiatkan transmigrasi
C. Melaksanakan APBN secara konsekuen agar tercapai kemakmuran rakyat
D. Memungut pajak sesuai undang-undang

JAWABAN BENAR

D.

Memungut pajak sesuai undang-undang

PEMBAHASAN

Peran pemerintah dalam pelaku ekonomi adalah mengatur, mengendalikan dan mengadakan pengawasan terhadap jalannya roda perekonomian suatu masyarakat. Sebagai pelaku produksi rumah tangga pemerintah menanamkan berbagai investasi untuk menghasilkan barang dan atau jasa lebih lanjut. Kegiatan produksi yang dilakukan pemerintah dapat berupa proyek pengadaan pangan, perbaikan pendidikan, kesehatan dan perumahan rakyat. Sebagai pengatur ekonomi pemerintah berperan menciptakan iklim yang sehat bagi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi melalui kebijakan, seperti kebijakan fiskal (pajak) dan kebijakan moneter.
 
 

 

redesain-navbar Portlet