APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

IPS

Perubahan Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan

MATERI

Latar Belakang Kedatangan Bangsa Barat


Sumber: asaldansejrah45.com

Hai Sobat Pintar ! tahukah kamu mengapa bangsa-bangsa Barat tertarik dengan kekayaan Indonesia? Kekayaan apa saja yang mendorong kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia? dan apa saja yang menjadi penyebab bangsa barat ingin sekali melakukan kegiatan termasuk kedalam penjajahan di indonesia. kali, ini kita akan membahas secara singkat mengenai daya tarik sekaligus faktor pendorong kedatangan bangsa barat ke indonesia. Yuk kita simak !

Beberapa daya tarik sebagai faktor pendorong bangsa barat ke indonesia antara lain :

1. Rempah-Rempah 
Indonesia dan bangsa-bangsa di Eropa memiliki perbedaan kondisi alam. Lokasi mempengaruhi perbedaan iklim dan kondisi tanah di Indonesia dan Eropa. Hal ini mengakibatkan hasil bumi yang diperoleh juga berbeda. Keberadaan musim hujan dan kemarau di Indonesia memungkinkan berbagai tanaman mudah tumbuh dan berkembang di Indonesia. Tanaman kebutuhan sehari hari dapat ditanam di setiap waktu. Hal ini berbeda dengan bangsa-bangsa Eropa yang memiliki empat musim, yakni musim panas, musim dingin, musim semi, dan musim gugur.  Rempah-rempah bagi bangsa-bangsa Eropa dapat digunakan untuk mengawetkan makanan, bumbu masakan, dan obat obatan. Negara-negara tropis seperti Indonesia kaya akan rempah-rempah sehingga bangsa-bangsa Barat berusaha memperolehnya.

2. Motivasi 3G (Gold, Gospel, Glory)
Gold artinya emas, yang  identik dengan kekayaan. Semboyan ini menggambarkan bahwa tujuan bangsa Barat ke Indonesia adalah untuk mencari kekayaan. Itulah yang membuat mereka melakukan ekspedisi dan penjelajahan. Glory bermakna kejayaan bangsa. Gospel adalah keinginan bangsa Barat untuk menyebarluaskan atau mengajarkan agama Nasrani khususnya agama Kristen ke bangsa-bangsa di Asia, Afrika, dan Amerika Selatan.

3. Revolusi Industri 
Revolusi industri merupakan salah satu pendorong imperialisme modern. Sudah sangat lama bangsa-bangsa Eropa mengetahui Nusantara (Indonesia) sebagai sumber rempah-rempah. Bahkan sebelum Masehi. Revolusi Industri adalah pergantian atau perubahan secara menyeluruh dalam memproduksi barang dari sebelumnya menggunakan tenaga manusia dan hewan menjadi tenaga mesin. Penggunaan mesin dalam industri menjadikan produksi lebih efisien, ongkos produksi dapat ditekan, serta barang dapat diproduksi dalam jumlah besar dan cepat. Berkembangnya revolusi industri menyebabkan bangsa-bangsa Barat memerlukan bahan baku yang lebih banyak. Mereka juga memerlukan daerah pemasaran untuk menjual hasil-hasil industrinya. 

Kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia



Sumber : AsalusulSejarah.com

Bagaimana proses kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia? Kegiatan apa saja yang mereka lakukan dalam perjalanan tersebut? Belanda adalah negara yang paling lama menjajah Indonesia. Selain Belanda, bangsa-bangsaBarat yang datang ke Indonesia pada masa penjajahan adalah Portugis, Spanyol, dan Inggris. 

1. Kedatangan Bangsa Portugis di Maluku

Perjalanan bangsa Portugis mencari sumber rempah-rempah diawali  dari kota Lisabon, Portugis. Pada tahun 1486, Bartholomeus Diaz melakukan pelayaran pertama menyusuri pantai barat Afrika. Ia bermaksud melakukan pelayaran ke India, namun gagal. Portugis mencapai Malaka pada tahun 1511 dibawah pimpinan Alfonso d'Albuquerque. Ia berhasil menguasai Malaka dan Myanmar. Selanjutnya Portugis menjalin hubungan dagang dengan Maluku. Pada tahun 1512, bangsa Portugis telah berhasil sampai di Maluku di bawah pimpinan Antonio de Abreu dan Francisco Serão..

2. Ekspedisi Bangsa Inggris 

Persekutuan dagang milik Inggris diberi nama EIC (East India Company). Didalamnya bergabung para pengusaha Inggris. Walaupun Inggris tiba di Kepulauan Nusantara, pengaruhnya tidak terlalu banyak seperti halnya Belanda. Hal ini disebabkan EIC terdesak oleh Belanda, sehingga Inggris menyingkir ke India/Asia Selatan dan Asia Timur. 

3. Kedatangan Bangsa Belanda Ke Jayakarta 

Kedatangan Houtman di Indonesia kemudian disusul ekspedisi-ekspedisi lainnya. Dengan banyaknya pedagang Belanda di Indonesia maka muncullah persaingan di antara mereka sendiri.  Untuk mencegah persaingan yang tidak sehat, pada tahun 1602 didirikan Vereenigde Oost Indische Compagnie (VOC/Perserikatan Maskapai  Hindia Timur) yang merupakan merger (penggabungan) dari beberapa perusahaan dagang Belanda. Gubernur Jenderal pertama VOC adalah Pieter Both. Ia mendirikan pusat perdagangan VOC di Ambon, Maluku. Namun kemudian, pusat dagang dipindahkan ke Jayakarta (Jakarta) karena VOC memandang bahwa Jawa lebih strategis sebagai lalu-lintas perdagangan.

Selain itu, Belanda ingin menyingkirkan saingan mereka,yaitu Portugis di Malaka. Pangeran Jayawikarta (penguasa bagian wilayah Banten) memberi izin kepada VOC untuk mendirikan kantor dagang di Jayakarta. Selain memberikan izin kepada VOC, Pangeran Jayawikarta juga memberikan izin pendirian kantor dagang kepada EIC (Inggris). Kebijakan ini membuat Belanda merasa tidak menyukai Pangeran Jayakarta.

Gubernur Jendral VOC Jan Pieterszoon Coen membujuk penguasa Kerajaan Banten untuk memecat Pangeran Jayawikarta, sekaligus memohon agar izin kantor dagang Inggris EIC dicabut. Pada tanggal  31 Mei 1619, keinginan VOC dikabulkan raja Banten. Momentum inilah yang kemudian menjadi mata rantai kekuasaan VOC dan Belanda pada masa berikutnya. VOC menikmati keleluasaan dan kelonggaran yang diberikan penguasa Banten. Jayakarta oleh VOC diubah namanya menjadi Batavia. VOC mendirikan benteng sebagai tempat pertahanan, pusat kantor dagang, dan pemerintahan. Pengaruh ekonomi VOC semakin kuat dengan dimilikinya hak monopoli perdagangan. Masa inilah yang menjadi sandaran perluasan kekuasaan Belanda pada perjalanan sejarah selanjutnya.
 

1.

Perhatikan data berikut !

1. Adanya semangat penaklukan (reconquista)
2. Jatuhnya kekaisaran Romawi
3. Adanya keinginan untuk mendapatkan rempah – rempah
4. Perang salib
5. Semangat 3G (Gold, Glory, Gospel)
Dari data di atas yang menjadi pendorong bangsa Eropa melakukan penjelajahan 
Samudra adalah ….


A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 1, 3, dan 5
D. 4 & 3

JAWABAN BENAR

D.

4 & 3

PEMBAHASAN

Faktor-faktor pendorong bangsa Eropa melakukan penjelajahan samudra adalah : 
1. Adanya semangat penaklukan (reconquista)
2. Adanya keinginan untuk mendapatkan rempah – rempah
3. Semangat 3G (Gold, Glory, Gospel)

2.

Isilah titik-titik dibawah ini !

Bangsa Portugis sampai di Maluku pada tahun …


A. 1510
B. 1511
C. 1512
D. 1521

JAWABAN BENAR

C.

1512

PEMBAHASAN

Portugis sampai di Maluku pada tahun 1512 M selang satu tahun setelah mereka sampai dan menguasai Malak pada tahun 1511 M, Ia berhasil menguasai Malaka dan Myanmar. Selanjutnya Portugis menjalin hubungan dagang dengan Maluku. Pada tahun 1512, bangsa Portugis telah berhasil sampai di Maluku di bawah pimpinan Antonio de Abreu dan Francisco Serão..

3.

Isilah titik-titik dibawah ini !

Perselisihan antara Portugis dan Spanyol dapat diselesaikan dengan sebuah perjanjian yaitu …


A. Perjanjian Saragosa
B. Perjanjian Tordesillas
C. Perjanjian Giyanti
D. Traktat London

JAWABAN BENAR

A.

Perjanjian Saragosa

PEMBAHASAN

Perselisihan antara Portugis dan Spanyol mengenai Maluku berhasil diselesaikan dengan Perjanjian Saragosa. Perjanjian Saragosa, ditandatangani pada tanggal 22 April 1529. Secara garis besar, isi Perjanjian Saragosa tetap membagi wilayah dunia di luar Eropa untuk Spanyol dan Portugis. Dari Meksiko ke arah barat hingga Kepulauan Filipina menjadi milik Spanyol.

4.

Isilah titik-titik dibawah ini !

Latar belakang dan faktor pendorong kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Asia adalah sebagai berikut, kecuali…


A. keinginan menemukan daerah asal rempah-rempah
B. runtuhnya Konstantinopel ke tangan bangsa Turki Seljuk yang menyebabkan putusnya hubungan dagang Asia-Eropa
C. keinginan membuktikan teori Copernicus bahwa bumi bulat
D. penemuan mesin uap oleh James Watt

JAWABAN BENAR

D.

penemuan mesin uap oleh James Watt

PEMBAHASAN

Faktor pendorong penjelajahan samudra adalah :

  1. keinginan menemukan daerah asal rempah-rempah
  2. runtuhnya Konstantinopel ketangan bangsa Turki Seljuk  yang menyebabkan putusnya hubungan dagang Asia Eropa
  3. keinginan membuktikan teori Copernicus bahwa bumi bulat
  4. rasa tertarik kepada buku karya Marcopolo berjudul Imago Mundi yang menceritakan kesuburan Asia

5.

Isilah titik-titik dibawah ini !

Bangsa Portugis pertama kali mendarat di Indonesia di daerah …


A. Banten
B. Jakarta
C. Surabaya
D. Maluku

JAWABAN BENAR

D.

Maluku

PEMBAHASAN

Portugis pertama kali mendarat di Indonesia yakni di Maluku yang menjadi daerah penghasil rempah-rempah pada masa itu

redesain-navbar Portlet