APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Bahasa Indonesia

Buku-Buku Berbicara

MATERI

Pengertian Teks Prosedur

Saat kelas tujuh, Sobat sudah mempelajari apa itu teks prosedur. Secara singkat, fungsi teks prosedur adalah menyampaikan langkah-langkah mengerjakan sesuatu agar mudah dipahami dan diikuti atau dilakukan oleh pembaca. Isi teks prosedur berupa kalimat perintah, langkah pembuatan, proses melakukan sesuatu, atau cara menggunakan sesuatu yang dituliskan secara beruntun dan sistematis. Oleh karena itu, biasanya teks prosedur menggunakan angka yang berurutan untuk memudahkan pemahaman pembaca. Agar lebih jelas, perhatikan contoh teks prosedur pada gambar berikut!


Teks prosedur bertujuan untuk memberikan petunjuk bagi pembacanya tentang langkah-langkah secara urut dalam melakukan aktivitas atau menyelesaikan sesuatu. Selain itu, teks prosedur juga memudahkan pembaca untuk mengetahui cara yang benar dalam melakukan sesuatu dan memberikan petunjuk jelas agar mendapatkan hasil maksimal.

Mengubah Cerpen Menjadi Prosedur

Sebelum ke materinya, simaklah cerpen singkat berikut!

Kegiatannya begitu pulang sekolah adalah mengurus sapi. Isrul senang mengurus binatang, tapi kegiatan ini sungguh menyita waktu. Dia harus memeriksa rumput dan menyingkirkan barang asing seperti ranting atau plastik yang mungkin terbawa. Setelah itu dia mencacahnya menjadi potongan kira-kira 10 cm. Dulu waktu sapi-sapi itu masih kecil, potongan rumputnya pun lebih kecil lagi. Tentu parang besar yang dia gunakan harus diasah dulu agar tajam sehingga proses pencacahan berlangsung cepat. Isrul ingin tugasnya lekas selesai. 

Pada saat Isrul mencacah rumput, dua sapi yang menunggu tak henti melenguh tak sabar. “Tunggu sebentar. Aku juga lapar, sama seperti kalian. Kalian enak, tinggal makan. Setelah ini aku masih harus ke sawah menjaga padi dari serbuan burung,” sahut Isrul kepada sapi-sapinya. Empat ember besar disiapkan, dua untuk rumput dua lagi untuk air minum sapi. Isrul meraup cacahan rumput dan menumpahkannya ke dalam ember. Sapi-sapi menyambutnya dengan sukacita. Ember berikutnya diisi air hangat yang dibubuhi sedikit garam buat air minum sapi-sapi itu. Sambil mengusap keringat, Isrul menatap binatang peliharaannya. Bagaimanapun, dia punya tanggung jawab membantu orang tuanya. Urusan sekolahnya akan dia bahas dengan ayahnya nanti malam, apa pun risikonya. Dia sudah bertekad ingin melanjutkan sekolah ke kota kecamatan.

Cerpen di atas dapat diubah ke dalam bentuk teks prosedur. Dalam cerita di atas, terdapat prosedur memberi makan dan minum sapi yang dilakukan oleh tokoh bernama Isrul. Kalian dapat mengubah paragraf-paragraf tersebut menjadi teks prosedur. Perubahannya dapat kalian amati seperti pada contoh di bawah ini.

Tata Cara Memberi Makan dan Minum Sapi

Peralatan 

  1. Parang yang tajam 
  2. Alas mencacah
  3. Ember 

Bahan 

  1. Rumput 
  2. Air hangat
  3. Garam 

Langkah-langkah 

  1. Pilah rumput dengan cermat, siapa tahu ada benda berbahaya yang dapat tertelan oleh sapi. 
  2. Cacah rumput dengan parang. Ukuran cacahan tergantung usia sapi. Untuk sapi dewasa, ukuran cacahan kira-kira 10 cm. 
  3. Letakkan dua ember di depan sapi, satu untuk wadah rumput satu untuk wadah air minum. 
  4. Isi ember pertama dengan cacahan rumput. 
  5. Isi ember kedua dengan air hangat yang dibubuhi sedikit garam.

Meskipun demikian, tidak semua cerpen dapat diubah ke dalam bentuk teks prosedur sebab teks cerpen yang dapat diubah ke dalam bentuk teks prosedur haruslah yang memuat langkah-langkah dalam mengerjakan sesuatu di dalamnya.

1.

Jawablah pertanyaan berikut!

Kalimat di bawah ini yang menunjukkan perintah adalah ...


A. Cucilah semua bagian-bagian seruling
B. Tak perlu khawatir, berikut adalah cara memainkan seruling dengan mudah
C. Nada Do dimulai dengan menutup semua bagian seruling
D. Ibu jari tangan kiri menutup lubang belakang seruling.

JAWABAN BENAR

A.

Cucilah semua bagian-bagian seruling

PEMBAHASAN

Teks prosedur memuat langkah-langkah dalam melakukan sesuatu sehingga di dalamnya sering kali dijumpai penggunaan kalimat perintah. Kalimat perintah ditandai dengan adanya akhiran –kan, -I, dan –lah seperti pada kalimat cucilah semua bagian-bagian seruling.

2.

Jawablah pertanyaan di bawah dengan benar!

Menyampaikan langkah-langkah dalam mengerjakan sesuatu merupakan .… teks prosedur.


A. pengertian
B. definisi
C. fungsi
D. ciri-ciri

JAWABAN BENAR

C.

fungsi

PEMBAHASAN

Fungsi teks prosedur adalah menyampaikan langkah-langkah mengerjakan sesuatu agar mudah dipahami dan diikuti atau dilakukan oleh pembaca.

3.

Kerjakan soal berikut!

Teks prosedur biasanya menggunakan angka atau penomoran dalam penyajiannya. Hal itu bertujuan untuk ….


A. Mengurutkan langkah-langkah
B. Menyusun teks prosedur agar lebih sistematis
C. Memperkuat maksud penulis
D. Memberikan runtutan peristiwa

JAWABAN BENAR

A.

Mengurutkan langkah-langkah

PEMBAHASAN

Penggunaan angka dalam teks rosedur bertujuan untuk memudahkan pembaca dalam mengurutkan langkah-langkah yang disebutkan oleh penulis.

4.

Bacalah teks berikut  untuk menjawab soal di bawah!

Kalimat yang mengandung ungkapan larangan pada teks prosedur di bawah adalah...


A. Sebaiknya, pencelupan dimulai dengan warna-warna muda, dilanjutkan dengan warna lebih tua atau gelap pada tahap berikutnya.
B. Ambil sedikit malam yang sudah cair dengan menggunakan canting, tiup-tiup sebentar biar tidak terlalu panas, kemudian torehkan canting dengan mengikuti motif.
C. Setelah beberapa kali proses pewarnaan, kain yang telah dibatik dicelupkan ke campuran air dan soda ash untuk mematikan warna yang menempel pada batik.
D. Dalam proses ini harus dilakukan dengan hati-hati, jangan sampai malam yang cair menetes di atas permukaan kain karena akan memengaruhi hasil motif batik.

JAWABAN BENAR

D.

Dalam proses ini harus dilakukan dengan hati-hati, jangan sampai malam yang cair menetes di atas permukaan kain karena akan memengaruhi hasil motif batik.

PEMBAHASAN

Kalimat berisi larangan ditunjukkan oleh kalimat Dalam proses ini harus dilakukan dengan hati-hati, jangan sampai malam yang cair menetes di atas permukaan kain karena akan memengaruhi hasil motif batik. Hal ini diketahui dari penggunaan kata jangan yang merujuk pada makna larangan.

5.

Bacalah penggalan teks deskripsi berikut!

Tidak semua cerpen dapat diubah ke dalam bentuk teks prosedur. Teks cerpen yang dapat dimuat ke dalam bentuk teks prosedur adalah teks cerpen yang ….


A. Singkat
B. Mengandung peristiwa kronologis
C. Mengandung tata cara dalam melakukan sesuatu
D. Mengandung penjelasan yang runtut dari penulis

JAWABAN BENAR

C.

Mengandung tata cara dalam melakukan sesuatu

PEMBAHASAN

Tidak semua cerpen dapat diubah ke dalam bentuk teks prosedur sebab teks cerpen yang dapat diubah ke dalam bentuk teks prosedur haruslah yang memuat langkah-langkah dalam mengerjakan sesuatu di dalamnya.

redesain-navbar Portlet