APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Bahasa Indonesia

Buku Fiksi dan Non Fiksi

MATERI

Pengertian Buku Fiksi

Pengertian Buku Fiksi


Sumber : School of Parenting

Buku terbagi menjadi dua kategori yaitu buku fiksi dan nonfiksi. Secara sederhana fiksi dapat diartikan sebagai sebuah prosa naratif yang memiliki sifat imajinasi atau karangan non-ilmiah dari penulis serta juga bukan dengan berdasarkan kenyataan. Dengan kata lain, fiksi ini tidak terjadi di dunia nyata serta hanya berdasarkan dari khayalan seseorang. 

Buku fiksi ditulis berdasarkan imajinasi sehingga isi dari jenis buku ini lebih banyak berupa cerita yang menghibur dan membangkitkan emosi. Jenis buku fiksi meliputi cerpen, novel, komik, dongen, cergam, cernak, dan lainnya.

Pengertian Buku Nonfiksi

Pengertian Buku Nonfiksi


Sumber : Tribunbali.com

Nonfiksi merupakan sebuah karya yang dibuat dengan berdasarkan kenyataan yang benar ada, realita tanpa unsur mengada-ada, atau dengan  hal yang benar terjadi di dalam kehidupan. Sehingga dapat diartikan bahwa buku nonfiksi adalah buku yang berisi tulisan secara aktual dan faktual bukan hasil imajinasi, rekaan, khayalan penulis.

Contoh buku nonfiksi di antaranya yaitu biografi, otobiografi, motivasi, literatur, pendamping, buku pelajaran sekolah, buku kesehatan, makalah akademik dan lain sebagainya.

1.

"Pilihlah jawaban yang paling tepat!"

Buku yang ditulis berdasarkan imajinasi sehingga isi dari jenis buku lebih banyak berupa cerita yang menghibur dan membangkitkan emosi, merupakan pengertian dari...


A.

Buku Fiksi


B.

Buku Nonfiksi


C.

Buku Fiktif


D.

Buku Nonfiktif


JAWABAN BENAR

A.

Buku Fiksi

PEMBAHASAN

Buku fiksi adalah buku yang ditulis berdasarkan imajinasi sehingga isi dari jenis buku lebih banyak berupa cerita yang menghibur dan membangkitkan emosi.

2.

"Pilihlah jawaban yang paling benar!"

Buku yang dibuat dengan berdasarkan kenyataan yang benar ada, realita tanpa unsur mengada-ada, atau dengan hal yang benar terjadi di dalam kehidupan, merupakan pengertian dari...


A.

 Buku Fiksi


B.

Buku Nonfiksi


C.

Buku Fiktif


D.

Buku Nonfiktif


JAWABAN BENAR

B.

Buku Nonfiksi

PEMBAHASAN

Buku nonfiksi adalah buku yang dibuat dengan berdasarkan kenyataan yang benar ada, realita tanpa unsur mengada-ada, atau dengan hal yang benar terjadi di dalam kehidupan.

redesain-navbar Portlet