APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Bahasa Indonesia

Komunikasi Ujung Jari

MATERI

Pengertian dan Fungsi Teks Rekon


Jenis teks dalam Bahasa Indonesia cukup beragam. Salah satunya adalah teks rekon. Teks rekon adalah teks yang menceritakan kembali pengalaman masa lalu secara kronologis dengan tujuan memberi informasi atau menghibur pembaca atau keduanya. Definisi lain menyatakan bahwa arti rekon adalah teks cerita kembali yang berlatarkan waktu masa lampau secara kronologis. Ada beragam bentuk teks rekon, seperti biografi tokoh, teks cerita sejarah, ataupun pengamatan penulis. Teks rekon sendiri juga acap disebut sebagai teks cerita ulang dan termasuk ke dalam jenis teks naratif.

 
Adapun fungsi penulisan teks rekon salah satunya adalah agar pembaca tidak mengalami kejadian serupa dan dapat memetik pembelajaran dari teks yang disampaikan. Pada teks rekon sejarah ditujukan supaya generasi muda dapat melihat sejarah masa lampau yang dialami oleh bangsa tersebut. Teks rekon juga memiliki fungsi sosial dalam penulisannya, yaitu 

  1. Menceritakan pengalaman atau peristiwa yang dialami
  2. Menceritakan sesuatu secara runtut
  3. Mengandung nilai moral untuk pembacanya

Contoh Teks Rekon

Perkembangan Teknologi Komunikasi 


 

Apakah kalian punya ponsel? Bagi sebagian orang, tampaknya kini telepon seluler (ponsel) menjadi kebutuhan utama. Tahukah kalian bagaimana komunikasi dilakukan manusia sebelum ada ponsel? Berikut rangkuman yang mengenai perkembangan komunikasi sebelum ponsel digunakan.

Cahaya, Bunyi, dan Asap 
Komunikasi jarak jauh pada masa purba masih sangat primitif. Manusia menggunakan asap, bunyi-bunyian, dan cahaya api untuk menyampaikan pesan. Cara ini digunakan dalam peradaban Cina Kuno di Benua Amerika. Di Indonesia, masyarakat zaman dulu menggunakan kentongan dan lesung sebagai penanda.

Surat 
Setelah manusia mengenal tulisan dan kertas, surat-menyurat mulai digunakan, dan merpati bisa dilatih sebagai pengantar surat. Kertas dapat dimasukkan ke wadah besi yang diikatkan di kaki merpati, kemudian diterbangkan ke lokasi yang dituju. 

Telegram 
Pada 1837, kawat dan listrik yang dirangkai mampu menjadi pesawat pengirim pesan. Teknologi itu dinamai telegraf. Mesin telegraf mampu mengirimkan berita atau pesan yang disebut telegram. 

Telepon 
Pada tahun 1876 Alexander Graham Bell menemukan telepon. Alat ini mampu mengantarkan suara dari satu telepon ke telepon lainnya. Telepon zaman dulu masih menggunakan kawat. Pada masa berikutnya, telepon menggunakan sinyal satelit, bahkan kini ponsel tak membutuhkan sambungan kabel. 

Radio 
Radio ditemukan pertama kali oleh Marconi pada 1895. Penyiaran radio jarak jauh memanfaatkan stasiun penghubung. Radio awalnya menggunakan listrik. Namun, setelah transistor ditemukan, radio dapat diaktifkan dengan menggunakan baterai.

Koran dan Majalah Selain radio
Media komunikasi massa yang paling tua adalah koran atau surat kabar. Sejarah mencatat, koran pertama di dunia, Acta Diurna, terbit di Kekaisaran Romawi pada tahun 59 sebelum Masehi.

Televisi 
Televisi dikembangkan sejak akhir abad ke-19 di berbagai belahan dunia. Meski demikian, televisi baru populer pada pertengahan abad ke-20. Stasiun televisi pertama di Indonesia yang dimiliki pemerintah adalah TVRI (Televisi Republik Indonesia). 

Internet 
Seluruh alat dan media yang disebutkan di atas kini dapat diakses lewat internet. Televisi digantikan oleh teknologi streaming. Surat kabar dan majalah digantikan oleh media online. Sambungan telepon kini bisa menjadi telekonferensi dan menampilkan video. Hari ini, hampir seluruh teknologi komunikasi dapat diakses berkat internet. 

Teks di atas merupakan contoh teks rekon yang kembali menceritakan pengalaman masa lalu berupa perkembangan dalam dunia telekomunikasi, yang diawali dengan menggunakan asap, bunyi, dan cahaya hingga internet seperti saat ini. Mengetahui perkembangan komunikasi penting sebagai media pembelajaran dan menambah wawasan kita akan kearifan lokal, khususnya di bidang komunikasi. 

Penulisan teks rekon juga perlu mempertimbangkan penggunaan ejaan yang disempurnakan dalam bahasa Indonesia, misalnya kata streaming yang perlu ditulis menggunakan huruf miring sebab kata tersebut  adalah kata asing dan belum diserap ke dalam bahasa Indonesia.

1.

Simak pernyaatan berikut!

  1. Menceritakan kembali kejadian atau peristiwa masa lalu
  2. Menceritakan pendapat penulis tentang suatu fenomena
  3. Berbentuk narasi 
  4. Meramalkan kejadian masa depan

Pernyataan yang benar terkait teks rekon ditunjukkan oleh nomor …


A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4

JAWABAN BENAR

B.

1 dan 3

PEMBAHASAN

Teks rekon merupakan teks yang menceritakan kembali kejadian atau peristiwa masa lalu, baik yang dialami oleh penulis secara langsung maupun tidak. Selain itu, teks rekon juga disajikan dalam bentuk narasi.

2.

Jawablah pertanyaan di bawah dengan benar!

Salah satu fungsi penulisan teks rekon adalah …


A. Agar pembaca tidak mengalami hal yang sama
B. Agar pembaca sependapat dengan penulis
C. Agar pembaca mendapatkan kritik dan saran
D. Agar pembaca mengetahui langkah dalam mengerjakan sesuatu

JAWABAN BENAR

A.

Agar pembaca tidak mengalami hal yang sama

PEMBAHASAN

Teks rekon berisi cerita tentang kejadian masa lalu. Tujuan penceritaan kembali adalah agar pembaca tidak mengalami hal atau kejadian yang sama.

3.

Kerjakan soal berikut!

  1. Menceritakan pengalaman atau peristiwa yang dialami
  2. Menceritakan sesuatu secara runtut
  3. Mengandung nilai moral untuk pembacanya

Pernyataan di atas merupakan fungsi …. Teks rekon


A. sebagian
B. keseluruhan
C. sosial
D. moralitas

JAWABAN BENAR

C.

sosial

PEMBAHASAN

Teks rekon sejarah ditujukan supaya generasi muda dapat melihat sejarah masa lampau yang dialami oleh bangsa tersebut. Teks rekon tersebut  juga memiliki fungsi sosial dalam penulisannya, yaitu menceritakan pengalaman atau peristiwa yang dialami, menceritakan sesuatu secara runtut, dan mengandung nilai moral untuk pembacanya.

4.

Jawablah pertanyaan di bawah ini!

Sebelum mengenal internet, hal yang pertama kali digunakan sebagai media dalam berkomunikasi adalah ….


A. surat
B. telegram
C. bunyi
D. radio

JAWABAN BENAR

C.

bunyi

PEMBAHASAN

Alat pertama yang digunakan sebagai media komunikasi sebelum mengenal adanya internet adalah cahaya, bunyi, dan asap.

5.

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

Di Indonesia, masyarakat zaman dulu menggunakan kentongan. 
Penulisan kentongan menggunakan huruf miring karena …


A. Alat tradisional
B. Merupakan jenis alat musik
C. Bukan bahasa Indonesia
D. Alat musik bukan dari Indonesia

JAWABAN BENAR

C.

Bukan bahasa Indonesia

PEMBAHASAN

Penulisan kentongan pada teks di atas menggunakan huruf miring atau italic sebab kata kentongan berasal bukan dari bahasa Indonesia, melainkan bahasa daerah.

redesain-navbar Portlet