APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Bahasa Indonesia

Pidato

MATERI

Struktur Pidato


Kalau Sobat Pintar menyimak sebuah pidato, pasti akan ada bagian-bagian seperti salam pembuka, sapaan, ucapan terima kasih, dan lain sebagainya. Nah, itu semua merupakan bagian atau struktur dari pidato. Lalu, apa saja sebenarnya struktur teks pidato itu? Yuk, kita simak lengkapnya!

1. Pembukaan
Pembukaan pada teks pidato terdiri atas tiga bagian, yaitu salam pembuka, ucapan penghormatan, dan juga ucapan syukur.

1) Salam pembuka disesuaikan dengan situasi (waktu) dan latar belakang pendengar (audiens) yang hadir. Kalian bisa menggunakan salam pembuka, seperti selamat pagi, selamat siang, atau selamat malam tergantung situasi (waktu) dan latar belakang pendengar.

2) Ucapan (sapaan)  penghormatan dimaksudkan sebagai bentuk penghormatan orator kepada pendengar. Dari sisi etika, pendengar yang memiliki tingkatan sosial atau usia yang lebih tinggi diberikan ucapan (sapaan) penghormatan lebih dahulu.

3) Ucapan rasa syukur merupakan salah satu wujud rasa syukur kepada Tuhan atas semua anugerah yang telah dilimpahkan kepada hamba-Nya.

2. Isi Pidato
Isi merupakan bagian inti pidato. Pendapat, gagasan, alasan, berbagai data pendukung, dan pesan berupa imbauan atau ajakan disampaikan orator pada bagian ini. Orator menjelaskan secara terperinci tentang hal-hal yang terkait dengan pendapat, gagasan, atau pesan yang ingin disampaikan.

3. Penutup Pidato
Penutup pidato merupakan bagian akhir sebuah pidato. Bagian penutup biasanya berisi hal-hal berikut.

  1. Harapan agar gagasan dan pesan yang disampaikan bermanfaat bagi pendengar.
  2. Permohonan maaf kepada pendengar jika ada kesalahan dan kekhilafan.
  3. Ucapan terima kasih kepada pendengar.
  4. Salam penutup

Kaidah Bahasa Pidato


Untuk membedakannya dengan teks lain, teks pidato memiliki kaidah kebahasaan sebagai berikut

1. Kalimat aktif
Kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya aktif melakukan kegiatan atau aktivitas. Contoh kalimat : Orang-orang di kampung kami memiliki semangat kebersamaan atau gotong rotong yang sudah diakui oleh kampung-kampung lain yang ada di daerah kami.

2. Kata tugas
Kata tugas adalah sejenis kategori kata dalam tata bahasa Indonesia yang terdiri atas kata depan, kata sambung, kata sandang, dan kata seru.

Contoh kalimat: Marilah kita jaga dan rawat bersama agar nilai kesetiakawanan sosial itubisa terus tumbuh dan kerkembang di tengah tantangan perubahan zaman yang tidak mungkin kita hindari.

3. Kosakata emotif
Kosakata emotif adalah kosakata yang berhubungan dengan emosi (perasaan) yang bisa membuat pendengar tersentuh emosinya ketika menyimak atau membaca.

Contoh kalimat: Hal itu bisa terjadi karena bangsa kita memiliki semangat kebersamaan dan gotong royong.

4. Kosakata bidang ilmu (istilah)
Kosakata bidang ilmu (istilah) adalah kosakata yang lazim digunakan di bidang keilmuan tertentu.

Contoh kalimat: Salah satu perubahan yang begitu mencolok yang sedang kita rasakan akhir-akhir ini adalah merebaknya penggunaan media sosial seperti facebook, twitter, instagram, whatsapp, atau telegram di tengah-tengah kehidupan kita.

5. Sinonim
Sinonim adalah persamaan atau padanan makna kata.

Contoh kalimat: Sikap egois dan individualistis tidak sesuai dengan kepribadian bangsa kita.

6. Kata benda abstrak
Kata benda abstrak adalah kata yang menyatakan benda yang sifatnya abstrak (tanpa wujud) karena tidak bisa ditangkap oleh pancaindra. 

Contoh kalimat: Kesetiakawanan sosial memang perlu kita jaga dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

1.

Jawablah pertanyaan berikut ini!

Kategori kata dalam tata bahasa Indonesia yang terdiri atas kata depan, kata sambung, kata sandang, dan kata seru disebut . . .


A. kalimat aktif
B. Kosakata Emotif
C. Kosakata Istilah
D. Kata Tugas

JAWABAN BENAR

D.

Kata Tugas

PEMBAHASAN

Kata tugas adalah sejenis kategori kata dalam tata bahasa Indonesia yang terdiri atas kata depan, kata sambung, kata sandang, dan kata seru.

Contoh kalimat: Marilah kita jaga dan rawat bersama agar nilai kesetiakawanan sosial itubisa terus tumbuh dan kerkembang di tengah tantangan perubahan zaman yang tidak mungkin kita hindari.

2.

Jawablah soal di bawah ini!

Demikianlah sambutan yang dapat saya sampaikan. Apabila ada salah kata saya mohon maaf dan terima kasih atas perhatiannya.
Cuplikan pidato di atas termasuk dalam bagian...


A. Penutup
B. Isi
C. Salam pembuka
D. Pendahuluan

JAWABAN BENAR

A.

Penutup

PEMBAHASAN

Bagian penutup pada pidato merupakan bagian yang mengisyaratkan bahwa pidato akan segera berakhir.

3.

Jawablah soal di bawah ini!

Penentuan isi pidato harus berhubungan dengan tema pidato karena . . .


A. Membuat waktu lebih efisien.
B. Lebih mudah dipahami pendengarnya
C. Mempengaruhi keadaan pembicara
D. Agar tidak sulit

JAWABAN BENAR

B.

Lebih mudah dipahami pendengarnya

PEMBAHASAN

Isi pidato harus berhubungan dengan tema pidato karena berfungsi mempermudah seorang penulis dalam menuliskan pidatonya agar teks pidato yang dibuat tetap berada dalam tema pidato dan juga untuk memudahkan pendengar untuk memahaminya.

redesain-navbar Portlet