APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Bahasa Indonesia

Teks Tanggapan Kritis

MATERI

Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan Kritis


 

Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan Kritis

Selain terdapat struktur dan ciri-ciri, teks tanggapan kritis terdapat kaidah pembahasan. Apa saja kaidah pembahasannya? Mari simak ulasannya berikut ini:

1.  Kalimat yang biasa digunakan dalam teks tanggapan kritis termasuk kalimat yang bersifat kompleks. Komplek disini dalam artian kalimat yang terdiri dari 2 verba dan 2 stuktur.

2.  Teks tanggapan kristis menggunakan konjungsi atau penghubung. Konjungsi bertujuan untuk menghubungkan antar kalimat dalam teks tanggapan kritis.

3.  Menggunakan pilihan kata. Tujuan dari pemilihan kata ini agar bisa memilih kata yang yang tepat untuk digunakan dalam teks tanggapan kritis.

4.  Teks yang menggunakan rujukan. Rujukan ini biasanya digunakan sebagai penguat argumen yang disampaikan oleh penulis, karena dalam penulisannya teks tanggapan kritis memang harus membutuhkan bukti.

Contoh Teks Tanggapan Kritis


 

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Fenomena Alam

Gerhana Matahari dan Mitos Kebutaan

Evaluasi

Berbicara mengenai gerhana matahari, mungkin banyak diantara kita yang bertanya, sebenarnya melihatnya secara langung bisa menyebabkan buta, itu sebuah mitos atau fakta?

Deskripsi

Ketika menanggapi tentang fenomena alam tentunya kita bisa mengetahuinya lewat ilmu sains. Namun sebenarnya gerhana matahari itu?

Gerhana matahari adalah sebuah fenomena dimana posisi bumi, matahari dan bulan sejajar dan berada pada satu garis lurus. Pada saat itu Bulan akan melintas diantara bumi dan matahari, untuk beberapa waktu cahaya matahari ke bumi akan terhalang oleh bayangan Bulan.

Ketika fase total itu terjadi bulan menutupi matahari, korona matahari akan terlihat seperti menjulur dari pinggir bagian yang ditutupi oleh bulan. Lantas apa hubungan fenomena tersebuat dengan kebutaan mata?

Menurut Thomas Djamaluddin, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau LAPAN, melihat gerhana matahari total secara langsung bisa menyebabkan kebutaan adalah mitos modern.

Yang benar ialah cahaya matahari pada saat gerhana maupun dalam kehidupan sehari-hari sama-sama berbahaya, untuk itu jangan melihat matahari secara langsung sebab dapat merusak mata, lebih tepatnya pada bagian retina.

Kerusakan pada retina yang dimaksud adalah terjadinya solar retinopathy, suatu penyakit pada mata yang gejalanya muncul titik hitam pada setiap kamu memandang, dan penyakit ini akan sulit untuk disembuhkan.

Penyebabnya bisa jadi ketika fase gerhana Matahari total terjadi, suasana menjadi sangat gelap dan pupil mata membesar mencoba untuk menangkap cahaya sebanyak mungkin . Tetapi ketika fase total berakhir dan bulan mulai bergeser, cahaya matahari akan terang kembali, perpindahan dari gelap menjadi terang itulah yang sangat berbahaya.

Penegasan Ulang

Melihat dari faktor yang sudah diuraikan tersebut, pertanyaan melihat gerhana matahari bisa menyebabkan kebutaan adalah mitos modern. Faktanya sinar matahari sangat berbahaya jika kita melihatnya secara langsung, baik ketika gerhana atau dalam kehidupan sehari-hari.

1.

Jawablah pertanyaan ini dengan tepat!

Yang tidak termasuk kaidah kebahasaan teks tanggapan kritis adalah . . .


A. Kalimat bersifat sederhana
B. Menggunakan konjungsi atau penghubung
C. Menggunakan pilihan kata
D. Menggunakan rujukan

JAWABAN BENAR

A.

Kalimat bersifat sederhana

PEMBAHASAN

Kaiah Kebahasaan Teks Tanggapan Kritis . . .

1.  Kalimat yang biasa digunakan dalam teks tanggapan kritis termasuk kalimat yang bersifat kompleks. Komplek disini dalam artian kalimat yang terdiri dari 2 verba dan 2 stuktur.

2.  Teks tanggapan kristis menggunakan konjungsi atau penghubung. Konjungsi bertujuan untuk menghubungkan antar kalimat dalam teks tanggapan kritis.

3.  Menggunakan pilihan kata. Tujuan dari pemilihan kata ini agar bisa memilih kata yang yang tepat untuk digunakan dalam teks tanggapan kritis.

4.  Teks yang menggunakan rujukan. Rujukan ini biasanya digunakan sebagai penguat argumen yang disampaikan oleh penulis, karena dalam penulisannya teks tanggapan kritis memang harus membutuhkan bukti.

2.

Jawablah soal berikut dengan tepat!

Berikut ini hal yang perlu dilakukan saat menyusun teks tanggapan kritis, kecuali...


A. Menentukan tema
B. Identifikasi masalah
C. Menyusun kalimat tanggapan kritis berdasarkan hasil analisis.
D. Memberikan tanggapan berupa kalimat penegasan terhadap masalah dan tidak perlu memberikan solusi.

JAWABAN BENAR

D.

Memberikan tanggapan berupa kalimat penegasan terhadap masalah dan tidak perlu memberikan solusi.

PEMBAHASAN

Hal yang perlu dilakukan saat menyusun teks tanggapan kritis :
1. Tentukan tema teks tanggapan kritis yang akan disusun.
2. Kembangkan tema tersebut menjadi kalimat-kalimat dengan kata-kata sendiri.
3. Susun dan gabunglah kalimat-kalimat tersebut sehingga menjadi teks tanggapan kritis yang urut dan logis.
4. Agar teks yang disusun tersebut penggunaan bahasanya sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, cermati dan teliti kembali hasil karya tersebut.

3.

Jawablah soal berikut dengan tepat!

Kalimat “Saya sependapat dengan hal itu.” merupakan jenis ungkapan yang berfungsi untuk....


A. Ungkapan tanggapan yang menguatkan atau menyetujui pikiran penulis atau pelempar gagasan.
B. Ungkapan tanggapan yang menolak atau tidak menyetujui pikiran penulis.
C. Ungkapan tanggapan yang mengungkapkan sudut pandang orang lain.
D. Ungkapan tanggapan yang menggambarkan simpulan dari data orang lain.

JAWABAN BENAR

A.

Ungkapan tanggapan yang menguatkan atau menyetujui pikiran penulis atau pelempar gagasan.

PEMBAHASAN

Pernyataan setuju ada apa teks tanggapan tentang baik buruknya suatu hal (pendapat, objek, peristiwa atau fenomena alam) yang terjadi disekitar kita sesuai dengan fakta yang dilihat atau didengar yang biasanya disertai dengan alasan yang logis.

redesain-navbar Portlet