APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Bahasa Indonesia

Teks Tanggapan Kritis

MATERI

Struktur Teks Tanggapan Kritis


 

Struktur Teks Tanggapan Kritis

Teks tanggapan kritis memiliki struktur yang berbeda dengan teks jenis lainnya. terdiri dari apa saja strukturnya? Struktur teks tanggapan kritis terdiri dari evaluasi, deskripsi dan penegasan. Nah, untuk penjelasan lebih lengkapnya, simak strukturnya berikut ini:

1. Evaluasi

Evaluasi yaitu bagian awal dari teks tanggapan kritis. Di bagian evaluasi ini berisi tentang pernyataan-pernyataan umum yang berhubungan dengan permasalahan yang telah disampaikan oleh penulis.

2. Deskripsi teks

Deskripsi merupakan bagian yang berisi tentang informasi. Informasi ini berkaitan dengan alasan yang digunakan untuk mendukung atau menolak suatu pernyataan. Deskripsi teks berada di bagian tengah dari teks tanggapan kritis.

3. Penegasan ulang

Bagian ini merupakan penegasan ulang atau kesimpulan sekaligus saran terhadap sesuatu yang sudah diputuskan oleh individu dalam sebuah teks tanggapan kritis.

Jenis Kalimat Tanggapan


 

Jenis Kalimat Tanggapan

Dalam berdiskusi, kita diharuskan untuk aktif baik dengan menyampaikan pertanyaan, menyatakan pendapat, atau menanggapi suatu pendapat orang lain. Nah, dalam menanggapi suatu pendapat, kita kadang setuju, menolak, atau menyanggah pendapat seseorang sesuai dengan pola pikir kita.

Adapun untuk menanggapi suatu pendapat kita dituntut untuk menyampaikan tanggapan tersebut dengan cara yang baik dan sopan.  Berikut ini merupakan jenis jenis alimat tanggapan :

1. Contoh Kalimat Persetujuan

Secara umum, kalimat persetujuan diartikan sebagai suatu kalimat yang menyatakan kesetujuan seseorang terhadap ide, gagasan, atau pendapat orang lain. Ciri-ciri kalimat persetujuan adalah adanya kata “setuju”, “sependapat”, “sejalan”, atau kata lain yang menunjukan keberpihakan pada suatu pendapat.

Ada beberapa contoh kalimat persetujuan yang bisa Anda gunakan dalam diskusi. Berikut ini contoh-contoh tersebut:

A.  Terus terang saya sangat setuju dengan pendapat Anda!

B.  Kita sejalan! Apa yang Anda sampaikan sangat sesuai dengan apa yang saya pikirkan!

2. Contoh Kalimat Penolakan

Kalimat penolakan adalah kebalikan dari kalimat persetujuan. Kalimat penolakan adalah kalimat yang menyatakan penolakan atau pengingkaran terhadap suatu ide, gagasan, atau pendapat orang lain. Dalam menyampaikan kalimat penolakan, kita dituntut untuk dapat bersikap sopan sehingga orang yang pendapatnya kita tolak tidak tersinggung.

Salah satu cara untuk menimbulkan kesan sopan pada kalimat penolakan adalah adanya pembubuhan kata “maaf”, “mohon maaf”, “izin”, dan lain sebagainya. Selain itu, kalimat penolakan juga dicirikan dengan adanya kata “tidak setuju”, “tidak sejalan”, “kurang sependapat”, dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa contoh kalimat penolakan yang sopan untuk dapat Anda terapkan.

A.  Mohon maaf. Saya tampaknya tidak sejalan dengan apa yang telah Anda kemukakan.

B.  Izin menanggapi. Saya terus terang tidak setuju dengan gagasan yang Anda tawarkan.

3. Contoh Kalimat Sanggahan

Kalimat sanggahan adalah kalimat penolakan terhadap suatu ide, gagasan, atau pendapat yang dirangkai dengan kesan persetujuan agar tidak menimbulkan konotasi kasar dalam menyatakan penolakan. Kalimat sanggahan sering digunakan dalam diskusi untuk mempengaruhi seseorang yang pendapatnya kita tolak agar dapat menerima saran, masukan, dan pendapat kita. Selain itu, kalimat sanggahan umumnya juga dibubuhi dengan argumentasi logis yang memungkinkan penolakan kita terhadap suatu pendapat dapat diterima. Ciri ciri khusus kalimat sanggahan adalah adanya kata tetapi, namun, atau kata sambung lain yang menimbulkan pertentangan.

Adapun berikut ini beberapa contoh kalimat sanggahan yang dapat Anda kembangkan untuk menghadapi diskusi yang panas.

A.  Pada dasarnya saya setuju dengan pendapat Anda, akan tetapi tentu menjadi lebih baik bila kita memperhatikan unsur estetika atau keindahan dari karya seni yang kita buat.

B.  Pada prinsipnya pendapat Anda sudah sangat baik, namun menurut saya akan menjadi lebih baik lagi bila kita juga melakukan perencanaan yang matang. 

1.

Jawablah pertanyaan ini dengan tepat!

Struktur yang membentuk teks tanggapan kritis adalah....


A. Orientasi, insiden, penegasan ulang
B. Evaluasi, deskripsi teks, penegasan ulang
C. Evaluasi, insiden, penegasan ulang
D. Orientasi, deskripsi teks, penegasan ulang

JAWABAN BENAR

B.

Evaluasi, deskripsi teks, penegasan ulang

PEMBAHASAN

Struktur utama yang membangun teks tanggapan yaitu evaluasi, deskripsi teks dan penegasan ulang. 

2.

Jawablah pertanyaan ini dengan tepat!

Bagian tengah teks yang berisi informasi tentang alasan yang mendukung pernyataan dan yang menolak pernyataan dalam teks tanggapan kritis merupakan bagian...


A. Orientasi
B. Insiden
C. Deskripsi Teks
D. Evaluasi

JAWABAN BENAR

C.

Deskripsi Teks

PEMBAHASAN

Deskripsi teks adalah bagian yang berisi informasi tentang alasan yang mendukung dan menolak pernyataan dalam teks tanggapan kritis.

redesain-navbar Portlet