APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

IPA

Pewarisan Sifat dan Bioteknologi

MATERI

Pengertian Kromosom

Apa Itu Kromosom?

Kromosom adalah struktur yang terdapat dalam inti sel eukariotik (sel yang memiliki inti sejati). Kromosom adalah pembawa materi genetik, yang artinya mereka mengandung informasi tentang sifat-sifat kita.

Kromosom Manusia

Manusia memiliki 23 pasang atau total 46 kromosom di dalam setiap sel tubuhnya, kecuali sel sperma dan sel telur yang hanya memiliki 23 kromosom tunggal. Kromosom-kromosom ini mewakili materi genetik yang kita warisi dari orang tua kita.

Struktur DNA

Apa Itu DNA?

DNA adalah singkatan dari Deoksiribonukleat Asam, yang merupakan molekul yang menyimpan informasi genetik. Struktur DNA adalah double helix (heliks ganda) yang terlihat seperti tangga spiral yang melingkar.

Fungsi DNA

DNA menyimpan instruksi untuk pembentukan dan fungsi semua sel dan organisme. Ini adalah kode genetik yang menentukan bagaimana kita dibangun dan bagaimana tubuh kita berfungsi.

Pengertian Gen

Apa Itu Gen?

Gen adalah segmen atau potongan dari molekul DNA yang mengandung informasi tentang bagaimana suatu sifat atau karakteristik tertentu dibentuk. Setiap individu memiliki ribuan gen yang mengendalikan sifat-sifatnya.

Ekspresi Gen

Ekspresi gen adalah proses di mana informasi dari gen diubah menjadi protein. Protein yang dihasilkan oleh gen ini memiliki peran penting dalam membentuk struktur sel, serta mempengaruhi ciri-ciri individu.

Proses Genetika

Bagaimana Gen Diturunkan?

Gen-gen kita diwariskan dari orang tua kita. Kita mewarisi setengah dari gen kita dari ibu dan setengahnya lagi dari ayah. Proses ini terjadi saat sel sperma dari ayah bertemu dengan sel telur dari ibu.

Variasi Genetik

Kombinasi unik dari gen-gen yang kita warisi dari orang tua kita menciptakan keragaman di antara individu dalam populasi.

1.

Kerjakanlah soal berikut ini dengan benar!

Kromosom gonosom berfungsi sebagai....


A. Menentukan warna kulit
B. Menentukan tinggi badan
C. Mengatur sintesis protein
D. Menentukan jenis kelamin

JAWABAN BENAR

D.

Menentukan jenis kelamin

PEMBAHASAN

Autosom adalah kromosom biasa atau kromosom somatik, tidak berperan dalam pertumbuhan seks dan gonosom adalah kromosom seks, berperan dalam menentukan pertumbuhan seks.

2.

Kerjakanlah soal berikut ini dengan benar!

Molekul yang berperan sebagai materi genetik pada manusia adalah….
 


A. asam nukleat, yaitu DNA (deoxyribonucleic acid) dan ribosom
B. Molekul gas, yaitu nitrogen, karbondioksida, dan hidrogen
C. Protein, yaitu lemak dan gliserol
D. Asam nukleat, yaitu DNA (deoxyribonucleic acid) dan RNA (ribonucleic acid)

JAWABAN BENAR

D.

Asam nukleat, yaitu DNA (deoxyribonucleic acid) dan RNA (ribonucleic acid)

PEMBAHASAN

Molekul yang berperan sebagai materi genetik adalah asam nukleat, yaitu DNA (deoxyribonucleic acid) dan RNA (ribonucleic acid). Pada suatu untai DNA terdapat unit instruksi atau perintah yang mempengaruhi sifat atau yang menentukan karakteristik setiap makhluk hidup yang disebut gen.

3.

Kerjakanlah soal berikut ini dengan benar!

Empat senyawa basa nitrogen yang menyusun DNA yaitu….


A. Fenilalanin, lisin, leusin, glutamin
B. Timin, leusin, lisin, adenin
C. Adenin, timin, guanin, sitosin
D. Adenin, fenilalanin, guanin, sitosin

JAWABAN BENAR

C.

Adenin, timin, guanin, sitosin

PEMBAHASAN

Ada empat senyawa basa nitrogen yang menyusun DNA yaitu adenin (A) yang selalu berpasangan dengan timin (T), serta guanine (G) yang selalu berpasangan dengan sitosin (C).

4.

Kerjakanlah soal berikut ini dengan benar!

DNA yang melilit pada protein disebut sebagai….


A. Kromatin
B. Kromatid
C. Protein histon
D. Protein enzim

JAWABAN BENAR

C.

Protein histon

PEMBAHASAN

Agar tersusun di dalam inti sel yang kecil, untaian DNA melilit pada protein yang disebut protein histon. Dengan protein histon, lilitan DNA membentuk benang-benang kromatin. Saat sel akan membelah, benang-benang kromatin ini akan membentuk kromosom.

redesain-navbar Portlet