APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Bahasa Indonesia

Karya Sastra

MATERI

Fungsi Karya Sastra

Sobat Pintar Yuk Belajar Fungsi Karya Sastra

Ada beberapa fungsi karya sastra, salah satunya disampaikan oleh Sapardi Djoko Damono yaitu untuk mengkomunikasikan ide dan menyalurkan pikiran serta perasaan estetis manusia pembuatnya. Ide itu disampaikan lewat amanat yang pada umumnya ada dalam sastra.

Selain ide, dalam sastra terdapat juga deskripsi berbagai peristiwa, gambaran psikologis, dan berbagai dinamika penyelesaian masalah. Hal ini dapat menjadi sumber pemikiran dan inspirasi bagi pembacanya. Konflik-konflik dan tragedi yang digambarkan dalam karya sastra memberikan kesadaran pada pembaca bahwa hal itu dapat terjadi dalam kehidupan nyata dan dialami langsung oleh pembaca. Kesadarannya itu membentuk semacam kesiapan dalam diri untuk menghadapi kondisi sosial yang terjadi di masyarakat. Sastra juga berguna bagi para pembacanya sebagai media hiburan.

Karya sastra memiliki banyak sekali fungsi, yaitu:

1. Fungsi reaktif memberi sebuah kesan atau hiburan untuk para pembacanya

2. Fungsi estetis memberi keindahan bagi para pembacanya

3. Fungis didaktif memberi sebuah pengetahuan atau wawasan mengenai persoalan yang ada dalam kehidupan kepada para pembacanya

4. Fungsi religius menghadirkan nilai dan ajaran keagamaan yang dapat diteladani oleh para pembacanya

6. Fungsi moralitas memberi pengetahuan moral antara yang baik dan yang buruk bagi para pembacanya

Unsur Struktural dalam Karya Sastra

Sobat Pintar Ini Penjalasan Unsur Struktural dalam Karya Sastra

Hill (via Pradopo, 1995: 93) menyatakan bahwa karya sastra merupakan sebuah struktur yang kompleks, maka untuk memahami perlu adanya analisis, yaitu penguraian terhadap unsur-unsurnya. Penafsiran terhadap karya sastra bertujuan untuk memperjelas artinya. Selain itu, Pradopo (via Endraswara, 2008: 10) mengungkapkan bahwa analisis sastra dilakukan untuk memahami makna karya sastra sedalam-dalamnya. Selanjutnya, Endraswara (2008: 10-11) mengemukakan bahwa penelitian sastra dapat berfungsi bagi kemajuan sastra itu sendiri dan kepentingan di luar sastra. Kepentingan bagi sastra adalah untuk meningkatkan kualitas cipta sastra. Sedangkan kepentingan di luar sastra berkaitan dengan aspek-aspek di luar sastra, seperti agama, filsafat, moral, dan sebagainya yang sangat dipengaruhi oleh kandungan sastra sebagai dokumen zaman. Sehingga penelitian sastra memiliki nilai pragmatik yang akan bermanfaat bagi ilmu lain yang relevan. Penelitian sastra tidak hanya sekedar bertugas ilmiah murni atau bersifat akademis, tetapi juga harus mampu memberi pencerahan bagi perkembangan, seleksi, penyebarluasan sastra dan menjelaskan hal-hal yang terkait di dalamnya. Jadi fungsi penelitian sastra akan menjadi medium bagi pembaca untuk memahami isi cerita dan makna dalam teks yang ditulis penulis.

Menurut Mukarovsky dan Felik Vodicka (via Ratna, 2004: 93) karya sastra adalah proses komunikasi, fakta semiotik, terdiri atas tanda, struktur, dan nilai seni, sehingga untuk menganalisisnya memerlukan metode struktural dan semiotik. Strukturalis pada dasarnya merupakan cara berpikir tentang sesuatu yang berhubungan dengan tanggapan dan deskripsi struktur-struktur. Teeuw (1984: 135) mengemukakan bahwa analisis struktural bertujuan untuk membongkar dan memaparkan secermat, seteliti, semendetail, dan semendalam mungkin keterkaitan dan keterjalinan semua anasir dan aspek karya sastra yang bersama-sama menghasilkan makna yang menyeluruh.

 

Yuk belajar lagi di materi berikutnya.

1.

Yang dimaksud fungsi didaktif adalah ...


A. Memberi sebuah kesan atau hiburan untuk para pembacanya
B. Memberi keindahan bagi para pembacanya
C. Memberi sebuah pengetahuan atau wawasan mengenai persoalan yang ada dalam kehidupan kepada para pembacanya
D. Menghadirkan nilai dan ajaran keagamaan yang dapat diteladani oleh para pembacanya
E. Memberi pengetahuan moral antara yang baik dan yang buruk bagi para pembacanya

JAWABAN BENAR

C.

Memberi sebuah pengetahuan atau wawasan mengenai persoalan yang ada dalam kehidupan kepada para pembacanya

PEMBAHASAN

Pembahasan :

Karena Fungis didaktif memberi sebuah pengetahuan atau wawasan mengenai persoalan yang ada dalam kehidupan kepada para pembacanya.

redesain-navbar Portlet