Belajar Pintar Materi SMP, SMA, SMK
BelajarPintarV3
Sisa Waktu
30
:00
Menit
Detik
Daftar Soal
-
Kategori soal:
1Soal Nomor 1
Belum dikerjakan
-
Kategori soal:
2Soal Nomor 2
Belum dikerjakan
-
Kategori soal:
3Soal Nomor 3
Belum dikerjakan
-
Kategori soal:
4Soal Nomor 4
Belum dikerjakan
-
Kategori soal:
5Soal Nomor 5
Belum dikerjakan
-
Kategori soal:
6Soal Nomor 6
Belum dikerjakan
-
Kategori soal:
7Soal Nomor 7
Belum dikerjakan
-
Kategori soal:
8Soal Nomor 8
Belum dikerjakan
-
Kategori soal:
9Soal Nomor 9
Belum dikerjakan
-
Kategori soal:
10Soal Nomor 10
Belum dikerjakan
-
Kategori soal:
11Soal Nomor 11
Belum dikerjakan
-
Kategori soal:
12Soal Nomor 12
Belum dikerjakan
-
Kategori soal:
13Soal Nomor 13
Belum dikerjakan
-
Kategori soal:
14Soal Nomor 14
Belum dikerjakan
-
Kategori soal:
15Soal Nomor 15
Belum dikerjakan
Pertanyaan 1 DARI
1.
Baca dan cermati penggalan teks cerita sejarah berikut ini!
Kala itu tahun 1309, Segenap rakyat berkumpul di alun-alun Kerajaan Majapahit. Semua berdoa, apapun warna agamanya, apakah Siwa, Buddha, maupun Hindu. Semua arah perhatian ditujukan dalam satu pandang, ke Purawaktra yang tidak dijaga terlampau ketat.
Nilai yang terkandung dalam penggalan teks cerita sejarah di atas adalah....
- kebudayaan
- pendidikan
- teknologi
- moral
- estetika
2.
Pahami penggalan teks cerita sejarah di bawah ini!
Di antara para Ibu Ratu yang terpukul hatinya, hanya ibu ratu Rajapatni Biksuni Gayatri yang bisa berpikir sangat tenang.
Maksud kata kiasan “terpukul hatinya” dalam penggalan teks cerita sejarah di atas adalah....
- sedih
- muram
- kecewa
- berduka
- menderita
3.
Baca dan pahami teks cerita sejarah di bawah ini!
Teks 1
“Peristiwa Pembentukan ASEAN” ECAFE dibentuk pada 28 Mei 1947 yang kemudian diubah menjadi ESCAP (Economic and Social Commission for Asia and the Pacific), yaitu badan khusus PBB yang banyak memberikan inspirasi bagi pertumbuhan kerja sama regional di Asia Tenggara.
Teks 2
“FIFA WORLD CUP” Hingga batas akhir pendaftaran, FIFA tidak menerima satu pun konfirmasi keikutsertaan Negara di Eropa. Bahkan, pada dua bulan sebelum Piala Dunia digelar, pesertanya masih berjumlah sembilan Negara.
Perbedaan isi teks 1 dan 2 adalah....
- teks 1 mengulas tentang perubahan nama ECAFE menjadi ESCAPE, teks 2 mengulas FIFA yang telah menerima satu konfirmasi keikutsertaan negara di Eropa sampai akhir pendaftaran
- teks 1 mengulas perubahan nama dari ESCAP menjadi ESCAFE, teks 2 mengulas tentang FIFA yang tidak menerima satu pun konfirmasi keikutsertaan Negara di Eropa hingga batas akhir pendaftaran
- teks 1 mengulas perubahan nama dari ECAFE menjadi ESCAP, teks 2 mengulas tentang FIFA yang menerima beberapa konfirmasi keikutsertaan Negara di Eropa hingga batas akhir pendaftaran
- teks 1 perubahan nama dari ESCAP menjadi ECAFE, teks 2 mengulas tentang FIFA yang tidak menerima satu pun konfirmasi keikutsertaan negara di Eropa hingga batas akhir pendaftaran
- teks 1 mengulas perubahan nama dari ECAFE menjadi ESCAP, teks 2 mengulas tentang FIFA yang tidak menerima satu pun konfirmasi keikutsertaan Negara di Eropa hingga batas akhir pendaftaran
4.
Baca dan cermati penggalan teks cerita sejarah berikut ini!
Brasil merupakan negara yang paling banyak mengoleksi trofi. Trofi yang berjumlah lima itu diraih pada 1958,1962,1970,1994, dan 2002. Seperti halnya Italia yang telah meraih empat trofi pada 1934,1938,1982, dan 2006, Jerman pun telah meraih jumlah trofi yang sama tahun 1978 dan 1986. Uruguay juga meraih dua trofi pada 1930 dan 1950. Kemudian, Prancis mendapat satu trofi pada 1998, Inggris juga dengan satu trofi pada 1996, serta Spanyol dengan satu trofi pada 2010.
Konjungsi temporal paragraf di atas adalah....
- merupakan
- dan
- kemudian
- serta
- dengan
5.
Bagian teks cerita sejarah yang berisi latar belakang, waktu terjadinya peristiwa, tujuan dan hal yang berkenaan dengan judul di setiap tahap adalah....
- urutan peristiwa
- reorientasi
- latar belakang peristiwa
- sumber
- orientasi
6.
Bagian teks cerita sejarah yang mana penulis memberikan penilaian keseluruhan isi cerita sebagai penutup termasuk struktur....
- orientasi
- reorientasi
- abstraksi
- komplikasi
- resolusi
7.
Di bawah ini yang termasuk verba material dalam teks cerita sejarah adalah....
- mereka
- menulis
- dan
- pertarungan
- walaupun
8.
Baca dan pahami paragraf berikut ini!
Pada bulan Oktober 1972 Arpanet secara resmi diluncurkan. Seiring berjalannya waktu proyek tersebut semakin berkembang dan menjadi luas sampai ke seluruh daerah Amerika Serikat. Hal tersebut membuat berbagai Universitas antusias untuk ikut bergabung.
Paragraf di atas termasuk dalam struktur teks cerita sejarah bagian....
- orientasi
- komplikasi
- reorientasi
- koda
- pembuka
9.
Bacalah dan pahami paragraf berikut!
Sistem internet hingga kini sudah menjadi suatu yang penting bagi banyak orang. Seperti orang perkantoran, anak sekolah, dan orang umum lainnya. Tentunya akses internet bagi orang banyak merupakan sarana mencari sumber informasi yang paling mudah dan cepat.
Paragraf di atas termasuk struktur teks cerita sejarah bagian....
- orientasi
- komplikasi
- reorientasi
- koda
- pembuka
10.
Cermati pilihan berikut ini!
Berikut ini konjungsi temporal dalam sebuah teks cerita sejarah adalah....
- merekapun
- di mana
- berlari-larian
- saling menghadang
- sejak
11.
Lengkapi bagian yang rumpang berikut ini!
… tidak boleh dilakukan dalam menuliskan cerita sejarah.
Melakukan riset atau kajian pustaka untuk mencari kebenaran data.
Mengambil topik sejarah yang belum memiliki teori dan bukti.
Membuat tokoh yang bersifat imajinatif dan bukan tokoh nyata.
Membuat kerangka alur untuk penceritaan yang akan dibuat.
Melakukan wawancara atau dialog dengan pelaku sejarah.
12.
Jawablah soal berikut!
Berikut ini merupakan struktur dari cerita sejarah, kecuali....
komplikasi
isi
orientasi
evaluasi
koda
13.
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan teliti!
Dilihat dari rangkaian struktur dan kisahannya, teks cerita sejarah disajikan secara …
Statis
Dinamis
Kronologis
Epidemologis
Logis
14.
Cermatilah kutipan teks cerita sejarah berikut ini!
Masa kecil Kartini yang penuh dengan diskriminasi, entah itu di dalam keluarga ataupun beberapa guru di sekolahnya. Namun di sekolah juga Kartini mengenal dunia baru penuh demokrasi. Larangan bukan didasarkan pada perintah orang yang lebih tua ataupun strata sosial, namun didasarkan pada masuk akal atau tidak hal tersebut.
Struktur teks cerita sejarah tersebut merupakan bagian dari struktur...
Prolog
Reorientasi
Urutan peristiwa
Orientasi
Koda
15.
Simaklah kutipan berikut ini!
Walaupun tidak secara langsung Kartini bersentuhan dengan rakyat, dengan keinginannya untuk membantu rakyat, namun ia tetap berusaha semampu ia untuk hal tersebut. Ia juga meminta bantuan pemerintah untuk melanjutkan sekolah, lama tidak ada balasan, Kartini dinikahkan oleh ayahnya dengan bupati Rembang bernama Raden Mas Adipati Djojoadiningrat. Setelah penentuan tanggal pernikahan, pemerintah Hindia Belanda membalas surat Kartini. Ia meminta pemerintah bahwa biaya untuk sekolahnya tersebut dialihkan pada pemuda Sumatra bernama A. Salim. Maka setelah Kartini menikah, ia dibantu suaminya mendirikan sekolah. Tidak lama kemudian ia melahirkan dan meninggal dunia.
Nilai yang terkandung dalam penggalan teks novel sejarah tersebut adalah …
nilai sosial
nilai budaya
nilai estetis
nilai moral
nilai ekonomi
Apakah kamu yakin akan mengakhiri ujian?
Kamu masih ada sisa waktu
40
:50
Menit
Detik
footer_v3
Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat
sesuai minat dan bakatmu.
Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan, nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia
Kontak Kami
Grand Slipi Tower Lt. 42
Jl. S. Parman Kav 22-24
Jakarta Barat
© 2024 Aku Pintar. All Rights Reserved