APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

10 Kampus di Cilacap, Jawa Tengah

Ada kampus-kampus negeri dan swasta di Cilacap.

Photo by Dana Ilmansyah on Unsplash

Kampus di Cilacap itu ada banyak banget loh, Sobat Pintar. Kalian yang berencana kuliah di salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini punya banyak pilihan, baik perguruan tinggi swasta maupun perguruan tinggi negeri.

Emangnya, di Cilacap ada universitas apa saja? Kuy, kepoin satu-satu di bawah ini.

universitas negeri di cilacap
Photo by Ylanite Koppens on Pexels

1. STIKES Graha Mandiri Cilacap

Kampus swasta di Cilacap ini dahulunya adalah Akademi Kebidanan. Beralamat di Jl. dr. Soetomo No.4 B Cilacap, STIKES Graha Mandiri Cilacap (GMC) saat ini membuka Program Studi D3 Kebidanan dan S1 Fisioterapi.

universitas swasta di cilacap
Photo by Ylanite Koppens on Pexels

2. Akademi Maritim Nusantara

Berdiri sebagai Akademi Ilmu Maritim, sekolah pelayaran Cilacap ini sekarang dikenal sebagai Akademi Maritim Nusantara (AMN). Tiga program studi yang tersedia di perguruan tinggi swasta ini adalah Pengelolaan Pelabuhan, Teknika, dan Nautika. Akademi Maritim Nusantara beralamat di Jl. Kendeng No. 307, Sidanegara, Cilacap Tengah.

kampus swasta di cilacap
Photo by Stanislav Kondratiev on Pexels

3. Institut Agama Islam Imam Ghozali

Dikenal dengan singkatan IAIIG, Institut Agama Islam Imam Ghozali adalah salah satu kampus swasta di Cilacap. Menaungi tiga fakultas, Institut Agama Islam Imam Ghozali membuka Jurusan Ahwal Al Syakhsyiah, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Guru MI, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Manajemen Pendidikan Islam, dan Komunikasi Penyiaran Islam. Perguruan tinggi swasta ini berlokasi di Jl. Kemerdekaan Barat No 15 Kesugihan Kidul Cilacap.

kampus negeri di cilacap
Photo by Enzo Munoz on Pexels

4. Politeknik Negeri Cilacap

Ini dia, kampus negeri di Cilacap. Politeknik Negeri Cilacap (PNC) beralamat di Jl. Dr. Soetomo Nomor 1, Sidakaya, Cilacap Selatan. Ada banyak pilihan program studi di perguruan tinggi negeri ini. Untuk program D3-nya, ada Teknik Elektronika, Teknik Listrik, Teknik Mesin, dan Teknik Informatika. Sementara Program D4 terdiri dari Teknik Pengendalian Pencemaran Lingkungan, Pengembangan Produk Agroindustri, Rekayasa Keamanan Siber, dan Kuntansi Lembaga Keuangan Syariah.

Di Cilacap ada universitas apa saja
Photo by Bruno Cervera on Pexels

5. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Cilacap

Kampus swasta di Cilacap ini merupakan pelopor di bidang ilmu ekonomi. Berlokasi di Jl. Urip Sumoharjo No. 21A Mertasinga, STIE Muhammadiyah Cilacap membuka Prodi Akuntansi dan Manajemen.


Photo by Ylanite Koppens on Pexels

6. STAI Sufyan Tsauri

STAI Sufyan Tsauri (STAIS) membuka tiga jurusan, yaitu Ekonomi dan Bisnis Islam, Tarbiyah, dan Syariah. Perguruan tinggi swasta di Cilacap ini beralamat di Jl. K.H. Sufyan Tsauri Po. Box. 18 Majenang.


Photo by Kim van Vuuren on Pexels

7. Universitas Al-Irsyad Cilacap

Keberadaan perguruan tinggi berbentuk universitas di Cilacap masih bisa dihitung jari. Universitas Al-Irsyad Cilacap (UNAIC) adalah salah satunya. Universitas swasta di Cilacap ini pada awalnya berupa Akademi Keperawatan yang kemudian berkembang menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap.

Sebagai sebuah universitas Cilacap, Universitas Al-Irsyad Cilacap kini menaungi tiga fakultas. Di Ilmu Sosial, pilihan program studinya ada S1 Bisnis Digital dan S1 Kewirausahaan. Fakultas Farmasi, Sains dan Teknologi membuka D3 Farmasi, D4 Teknologi Laboratorium Medis, dan S1 Farmasi. Terakhir, Fakultas Ilmu Kesehatan menaungi Program Studi D3 dan S1 Keperawatan, D3 dan S1 Kebidanan, serta D3 Fisioterapi. Universitas swasta di Cilacap ini beralamat di Jl. Cerme No. 24.


Photo by cottonbro studio on Pexels

8. STKIP Darussalam Cilacap

Kampus swasta di Cilacap ini fokus pada bidang ilmu kependidikan. Berlokasi di Jl. Raya Karangpucung – Majenang, km. 02 No. 08 Karangpucung, STKIP Darussalam Cilacap membuka tiga program studi, yaitu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, serta Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi.


Photo by Aline Viana Prado on Pexels

9. Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali

Unugha adalah singkatan universitas swasta di Cilacap ini. Sebagai alternatif universitas negeri di Cilacap, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali saat ini bahkan telah menyelenggarakan perkuliahan Program Pascasarjana.

Untuk Program Sarjana, universitas di Cilacap ini membuka banyak pilihan jurusan kuliah. Di Fakultas Keagamaan Islam, ada Prodi Hukum Keluarga Islam, Komunikasi Penyiaran Islam, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Guru MI, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, dan Manajemen Pendidikan Islam. Di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, ada Prodi Pendidikan Guru SD dan Bimbingan Konseling. Sementara itu, Fakultas Mikom menaungi Prodi Sistem Informasi, Matematika, dan Teknik Informatika. Fakultas Ekonomi menaungi Prodi Manajemen dan Ekonomi Pembangunan. Terakhir, Fakultas Teknologi Industri terdiri dari Prodi Teknik Industri, Teknik Kimia, dan Teknik Mesin.

Asal Sobat tahu, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali berkembang dari IAIIG Cilacap. Sekarang perkuliahan mahasiswa universitas swasta di Cilacap ini berlokasi di Jl. Kemerdekaan Barat No 12 Kesugihan Kidul.


Photo by Huynh Dat on Pexels

10. STIKES Serulingmas Cilacap

Pada awal berdirinya, STIKES Serulingmas Cilacap merupakan sebuah Akademi Keperawatan. Kini sebagai sebuah sekolah tinggi, kampus swasta di Cilacap ini menaungi Program Studi D3 Keperawatan, D3 Kebidanan, dan S1 Farmasi. STIKES Serulingmas Cilacap beralamat di Jl. Raya Maos No.505, Kecamatan Maos.

Itulah alternatif kampus di Cilacap yang bisa dijadikan referensi, Sobat Pintar. Sekarang, kamu sudah menemukan kampus incaranmu?

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog