redesain-navbar Portlet

Blog

Profesi Menggambar, photo via www.pexels.com

10 Profesi Ini Membutuhkan Keahlian Menggambar

Ada profesi-profesi tertentu yang mewadahi bakat menggambar.

Did you think of what you're going to do when you're grown up? Kali ini Aku Pintar punya sederet rekomendasi profesi khusus untuk Sobat yang punya bakat menggambar. Let's see if one of them is your dream job in the future.

 

1. Pelukis

Untuk menjadi seorang pelukis, diperlukan imajinasi tinggi agar dapat menghasilkan karya lukis dengan nilai seni yang tinggi pula. Basuki Abdullah dan Affandi Koesoema adalah dua tokoh pelukis Indonesia yang karya lukisnya bernilai jual sangat tinggi.

Only after reaching the maestro level like Basuki Abdullah or Affandi Koesoema did, will your parents never have to worry about you. Meskipun demikian, dibalik keahlian menuangkan imajinasi dan ekspresi diri tersebut, seorang pelukis sebenarnya berkesempatan untuk menginspirasi banyak orang.

 

2. Fashion Designer

Untuk menjadi fashion designer atau perancang busana, diperlukan keahlian menggambar ide-ide karya busana. Tak hanya menggambar, fashion designer juga  terlibat dalam pembuatan pola baju, pemilihan bahan kain, proses jahit, hingga peragaan busana di atas catwalk.

Profesi inipun memerlukan kepekaan terhadap tren mode yang terus berubah. Fashion industry today is in fact not exclusively for women only. Everyone can be a fashion designer regardless of your gender.

 

3. Ilustrator

Suka buku-buku dengan gambar atau ilustrasi yang menarik? Nah, orang dibalik ilustrasi cerita tersebut adalah ilustrator. Tak hanya pada buku, ilustrator juga menuangkan karyanya pada majalah maupun media cetak lainnya.

Bila Sobat Pintar tertarik pada suatu buku atau majalah karena gambar pada sampulnya, bisa jadi itu dikarenakan oleh keahlian seorang ilustrator dibaliknya. And yes, that means illustrators work for publishing companies. At least, you should expect a more regular paycheck for working as an illustrator rather than a painter.

 

4. Komikus

Selain ilustrator, komikus juga merupakan salah satu profesi yang memerlukan keahlian menggambar dalam industri penerbitan. Pada perusahaan besar, misalnya Image, DC, atau Marvel, komikus dapat menerima gaji per halaman karyanya atau menjadi bagian dari tim desainer untuk merampungkan suatu project.

Jika ilustrator harus dapat menerjemahkan kata kedalam ilustrasinya, komikus harus memiliki ide ceritanya sendiri untuk kemudian digambar. Now, do you have them both, Sobat?

 

5. Animator

Profesi animator mirip dengan ilustrator. Hanya saja, karya animator biasanya berupa karya digital tiga dimensi – misalnya mengubah karakter dua dimensi komik menjadi tiga dimensi pada film.

Dengan bantuan teknologi, animator dapat membuat game, kartun, iklan, video musik, efek khusus untuk film, termasuk komik. Untuk itu, seorang animator bekerjasama dengan penulis hingga programmer.

 

6. Desainer Grafis

Sedikit berbeda, pekerjaan desainer grafis lebih banyak berkaitan dengan desain yang secara umum digunakan pada majalah, buku, brosur iklan, surat kabar, situs web, banner, bungkus produk, kaos, atau yang lain. Desainnya sendiri cenderung dibuat sesuai dengan permintaan klien atau perusahaan.

Dengan kreativitasnya, desainer grafis dapat menciptakan tata letak yang menarik sehingga suatu produk atau sebuah iklan menjadi menarik. Desainer grafis tak cukup lihai membuat ilustrasi di atas kertas saja, tetapi dibutuhkan pula kemahiran bekerja dengan berbagai software seperti Photoshop atau Adobe Illustrator.

 

7. Arsitek

Menjadi seorang arsitek berarti harus bisa membuat goresan-goresan pena yang baik. Pada dasarnya, pekerjaan arsitek memang mendesain bangunan, yang biasanya disesuaikan dengan keinginan klien.

Among all other professions above, architect is generally considered a well paid job. Namun perlu dicatat, Sobat Pintar juga harus menguasai teknik konstruksi dan matematis – tak cukup hanya skill menggambar saja.

 

8. Desainer Teknik

Profesi yang satu ini memiliki ragam pekerjaan yang cukup banyak. Rancangan pemasangan kabel listrik, diagram rangkaian peralatan elektronik, rancangan pipa industri berat, maupun desain jaringan pipa pabrik kilang adalah beberapa contoh pekerjaan desainer teknik.

A highly detailed plan is very much expected in this field of job. Untuk itu, seorang desainer teknik harus bisa bekerja dengan CADD maupun kertas dan pensil.

 

9. Game Designer

Game designer bertugas mendesain berbagai aspek visual sebuah game. Saat bermain game, Sobat Pintar bertemu dengan karakter game yang akan terus naik level, bukan? Nah, bila menjadi seorang game designer, Sobatlah yang akan mendesainnya, bukan sekedar memainkannya.

Game adalah salah satu bidang yang berkembang pesat saat ini. Pastinya, game designer adalah salah satu profesi yang potensial dimasa depan. Nantinya, bila menjadi seorang game designer, Sobat Pintar akan bekerja sama dengan QA tester, penata suara, programmer, maupun produser.

 

10.  Interior Designer

Profesi terakhir yang memerlukan kecakapan menggambar dalam list Aku Pintar kali ini adalah interior designer. Sesuai dengan nama profesinya, gambar yang dibuat oleh seorang interior designer berupa denah ruang – termasuk keindahan bentuknya, warna perabotnya, hingga bahan dasarnya.

And what profession that you've always wanted? Sebaiknya memang mempertimbangkan kemampuan lain disamping menggambar, Sobat. Misalnya, Matematikamu bagus, menjadi arsitek dan kuliah di Jurusan Teknik Arsitektur bisa jadi pilihan. But if you're still unsure, why don't you take Minat Pintar test and find out more about yourself?

Lebih masukan Blog

5 Profesi dari Jurusan Teknik Sipil

Salah satu alasan memilih kuliah di Jurusan Teknik Sipil adalah prospek kerja alumninya yang...

Passion: Apa dan Bagaimana

Passion isn't something to talk smoothly with every parent. Bagi mereka yang telah...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line