redesain-navbar Portlet

Blog

Profesi Teknik Sipil, photo via www.didiabdullatip.com

5 Profesi dari Jurusan Teknik Sipil

Jurusan Teknik Sipil menghasilkan alumni yang sesuai untuk berbagai profesi.

Salah satu alasan memilih kuliah di Jurusan Teknik Sipil adalah prospek kerja alumninya yang cukup cerah. Meskipun mahasiswa Teknik kebanyakan bertampang kumal, banyak lho yang bertampang perlente setelah lulus dan bekerja. Biar makin akrab dengan prospek cerah tersebut, ayo kenali profesi-profesi alumni Tekni Sipil berikut ini.

 

1. Surveyor Pengendalian Bangunan

Seorang surveyor pengendali bangunan bertugas memastikan bahwa setiap peraturan dan perundangan yang berlaku ditaati oleh pembangunan yang sedang berjalan. Jikalau terdapat kekurangpatutan, sang surveyorlah yang menawarkan solusi bagi kliennya.

Bekerja sebagai seorang surveyor pengendalian bangunan berarti Sobat Pintar nanti akan memeriksa sistem drainase tanah dan fondasi bangunan. Bahkan, surveyor juga membantu mengurus dokumen-dokumen perizinan yang diperlukan.

 

2. Manajer Konstruksi

Bagaimana pemahaman Sobat ketika mendengar posisi kerja sebagai project manager? Iya, seorang project manager, atau dikenal juga sebagai manajer konstruksi, bertugas mengelola dan mengawasi konstruksi yang tengah berjalan dan melihat potensi risiko atas proses pembangunan tersebut.

Sebagai pemimpin, manajer konstruksi bekerja sama dengan surveyor, arsitek, maupun bagian implementasi yang lain. Posisi ini bisa dipegang oleh seorang kontraktor maupun konsultan konstruksi bangunan, terutama seseorang dengan kecakapan berkomunikasi yang baik.

 

3. Insinyur Struktural

Seorang kontraktor atau konsultan konstruksi bangunan juga dapat berperan secara spesifik sebagai insinyur struktural. Tugas engineer ini adalah merancang struktur bangunan yang kuat menahan tekanan dari lingkungan sekitar maupun penggunaannya oleh manusia.

Bangunan yang kokoh dan kuat takkan bergetar, berputar, berbelok, maupun hancur selama digunakan. Diperlukan sains dan matematika yang kreatif untuk mendesain struktur bangunan seperti itu. Is this your dream job, Sobat?

 

4. Kontraktor Insinyur Sipil

Profesi ini membutuhkan kecakapan dalam mengatur semua orang dan sumber material yang ada di tempat pembangunan berlangsung. Agar dapat mewujudkan rencana konsultan, kontraktor harus dapat menilai keadaan dilapangan. Bila tak ada konsultan, kontraktor pula yang membuat perencanaan sekaligus pelaksanaannya.

Untuk profesi ini, alumni Teknik Sipil telah dibekali matakuliah Teknologi Bahan Bangunan, Struktur Beton, Struktur Kayu, Manajemen Proyek, Mekanika Tanah, dan lain-lain. Pantaslah bila kontraktor dari Jurusan Teknik Sipil tahu benar apa yang harus dikerjakannya.

 

5. Insinyur Air

Dalam perkuliahannya, mahasiswa Teknik Sipil belajar tentang teknik hidrologi. Bidang ilmu ini membahas tentang jaringan irigasi dan berbagai macam bangunan air – bendungan, salah satunya. Walaupun namanya terdengar agak lucu, insinyur air, profesi memang ini berkaitan dengan air.

Pekerjaan seorang insinyur air mencakup pembuangan limbah air, manajemen tanggul laut, dan masih banyak lagi. Sobat Pintar yang memiliki kepedulian tinggi pada standar kualitas hidup terkait dengan perairan akan menyukai profesi ini.

 

Selain kelima profesi diatas, seorang alumnus Teknik Sipil juga bisa menjadi dosen. Tentunya, kalau Sobat Pintar mengincar profesi akademisi ini, wajib sekolah lagi kejenjang Magister, ya! Nah, apa profesi masa depanmu?

Lebih masukan Blog

Kinestetik: Terima dan Eksplor Dirimu

Sobat Pintar sudah mengenal tipe pelajar visual dan auditori? Selain keduanya, masih ada lagi...

10 Profesi Ini Membutuhkan Keahlian Menggambar

Did you think of what you're going to do when you're grown up? Kali ini Aku Pintar punya...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line