redesain-navbar Portlet

Blog

Kinestetik, photo via www.kindergartenkiosk.com

Kinestetik: Terima dan Eksplor Dirimu

Pelajar kinestetik harus berusaha ekstra agar dapat beradaptasi dalam pembelajaran yang cenderung visual dan auditori.

Sobat Pintar sudah mengenal tipe pelajar visual dan auditori? Selain keduanya, masih ada lagi tipe pelajar kinestetik. If a visual student is learning by seeing and an auditory student is by hearing, a kinesthetic student is learning by doing.

 

Praktik dan Terus Bergerak

Sekedar membaca atau mendengar saja tak cukup bagi seorang kinestetik. Sobat kinestetik harus mempraktikkannya agar suatu informasi atau pengetahuan dapat terekam dan membekas dalam benaknya.

Praktik yang dimaksud dalam hal ini adalah memperoleh pengalaman. Bisa jadi praktik tersebut memang berupa bekerja di lab atau sekedar menyentuh objek yang dipelajari.

Seorang kinestetik sering disalahpahami karena tak bisa duduk diam di dalam kelas. Memang sudah menjadi kebutuhan seorang kinestetik untuk terus aktif bergerak secara fisik agar pelajaran dapat terserap dengan baik. Wait, jangan menggunakan alasan ini untuk membuat gaduh di kelas ya, Sobat!

 

Tipe Aktif yang Tak Bisa Diam

Coba perhatikan, apakah tangan atau kaki Sobat Pintar sulit diam saat harus fokus mendengarkan guru di depan kelas? Sembari memutar-mutar pensil di tangan atau mengantuk-antukkan kaki ke lantai, Sobat merasa lebih mudah memahami apa yang disampaikan guru?

Sebaliknya, ketika tangan atau kaki dipaksa diam secara sadar, Sobat Pintar lebih sulit berkonsentrasi? Bila memang iya, barangkali Sobat termasuk tipe kinestetik.

Seorang kinestetik biasanya menyukai pelajaran olahraga, memainkan alat musik, menari, melakukan percobaan Kimia atau Biologi di laboratorium, atau pelajaran lain yang melibatkan aktivitas fisik. Pengalaman langsung di lapangan basket atau di lab itulah yang membuat Sobat kinestetik dapat memahami dan mengingat dengan baik.

Bila ada ekskul KIR di sekolahmu, gabung saja! Disitu Sobat Pintar dapat secara leluasa belajar dengan melakukan berbagai eksperimen.

 

Karakteristik Kinestetik yang Unik

Selain aktif secara fisik, seorang kinestetik biasanya pandai bercerita – dan cukup atraktif karena secara fisik sulit diam. Kalaupun tak terlalu mahir bercerita, seorang kinestetik biasanya menggunakan banyak isyarat tubuh ketika sedang menyampaikan sesuatu maupun sekedar berkomunikasi sehari-hari.

Jika Sobat Pintar memang bertipe kinestetik, usahakan untuk tak terlalu banyak mengganggu teman sekelas atau menyinggung guru disebabkan oleh kebutuhanmu yang selalu ingin bergerak. Memang tak mudah bagi seorang kinestetik untuk duduk manis dan berdiam diri.

Aku Pintar has a couple of tricks for you to try. Misalnya, gunakan jari sebagai penunjuk kata saat membaca buku pelajaran. Menjentikkan jari merupakan cara sederhana yang dapat membuatmu tetap bergerak sambil belajar di kelas – asalkan jangan terlalu bersuara hingga mengganggu, ya!

Alternatively, try to distract yourself by drawing something while listening to your teacher. Karena seorang kinestetik cenderung mengalami kesulitan dalam memahami hal-hal abstrak, tak ada salahnya untuk menggambar konsep yang baru dipelajari. How cool is it when all your notebooks are full with symbols and pictures? You're the only one who can read them!

 

Memang tak mudah untuk menjadi seorang kinestetik dalam sistem belajar yang lebih mengakomodir tipe visual dan audio. Keep exploring your tricks to study. And keep in mind: you're not weird! You're just unique – and that's why you're amazing.

Lebih masukan Blog

Tipe Auditory yang Istimewa

There are generally three types of learners: visual, auditory, and kinesthetic. For now,...

5 Profesi dari Jurusan Teknik Sipil

Salah satu alasan memilih kuliah di Jurusan Teknik Sipil adalah prospek kerja alumninya yang...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Download Aku Pintar

Download aplikasi Aku Pintar dan dapatkan pulsa 50k!

Buka