redesain-navbar Portlet

Blog

photo via www.digitalskillmaster.in

10 Profesi Masa Depan Didunia Digital – Adakah Profesi Idamanmu?

Profesi Masa Depan

Bisa nggak, kamu ketinggalan telepon genggam saat bepergian? Mungkin kamu lebih santai saat sadar dompetmu ketinggalan, dibanding telepon genggam yang masih di rumah. Kalau sampai barang yang satu ini tak bersamamu, rasanya ada yang aneh, gitu. Bener nggak, sih?

Pergeseran kebutuhan ini juga mempengaruhi pergeseran demand profesi. Pada tahun-tahun kedepan, akan lebih banyak lagi profesi yang berkecimpung didunia digital dibanding satu dekade kemarin. Coba pertimbangkan beberapa profesi berikut ini, apakah sudah ada dalam life goal-mu, apa belum?

 

1. Database Administrator (DBA)

Tugas seorang Database Administrator adalah memastikan kelancaran alur data, keamanan data, dan lajunya proses bisnis perusahaan. Kebutuhan akan seorang Database Administrator meningkat seiring dengan peningkatan penggunaan software Enterprise Resource Planning (ERP).

 

2. Software Developer

Profesi ini bisa bekerja diperusahaan IT maupun non-IT karena hampir setiap lini kehidupan kita sekarang sudah terkomputerisasi. Seorang Software Developer membuat sebuah komputer, sesederhana atau bahkan secanggih apapun, menjadi berguna. Iya, kan? Bayangin aja PC atau laptopmu yang baru beli, bisa kamu pakai apa, coba? Atau smartphone, yang baru bermanfaat setelah beberapa aplikasi kamu download dari play store-nya.

 

3. Network Engineer

Network Engineer adalah profesi yang berjasa besar pada masa digital seperti sekarang ini. Dialah yang berkutat dengan layanan jaringan suatu perusahaan supaya setiap perangkat dapat terhubung satu sama lain. Dialah yang memastikan agar setiap user dapat memiliki akses melalui jaringan yang tersambung baik, tanpa putus.

 

4. Front and Back End/ Full Stack Developer

Saat kamu mengunjungi suatu situs dan bisa mengakses berbagai fitur dan menikmati tampilan yang ditawarkan, itulah ketika kamu melihat hasil pekerjaan seorang Front End Developer. Seorang Back End Developer berjasa dengan memastikan fitur yang kamu akses dapat berjalan lancar menuju database atau sistem yang digunakan. Seringkali kedua fungsi pekerjaan ini dikerjakan oleh satu orang saja, yaitu Full Stack Developer.

 

5. iOS atau Android Developer

Hari ini, apa sih, yang nggak bisa kamu akses melalui smartphone-­mu? Berterimakasihlah pada orang-orang yang telah menciptakan berbagai aplikasi yang bisa kamu unduh gratis. Dan kalau selama ini kamu telah berangan-angan tentang suatu aplikasi, wujudkan saja aplikasi impianmu itu dengan menjadi seorang iOS Developer atau Android Developer.

 

6. Cyber Security Consultant

Polisi sekarang tak hanya ada didunia nyata, tapi juga didunia virtual. Iya, Cyber Security Consultant adalah profesi polisi siber yang menjaga keamanan data perusahaan. Kalau polisi didunia nyata berhadapan dengan pelaku kejahatan, Cyber Security Consultant berhadapan dengan crackers dan hackers yang berseliweran didunia maya.

 

7. User Experience (UX) Designer

Ketika kamu merasa nyaman dan mudah menggunakan tampilan pada suatu User Interface (UI), maka bisa dipastikan sang UX Designer yang berada dibalik layar telah bekerja dengan baik. Profesi ini adalah sang ahli yang bisa memahami perasaamu sebagai end user tentang bagaimana menggunakan aplikasi atau layanan suatu perusahaan. Jika kamu ingin menjadi seorang UX Designer, pastikan kamu nggak cuma bisa coding, tapi juga lihai membuat prototype produk.

 

8. Digital Specialist

Pengen jadi seorang Digital Specialist yang tak hanya mengerti IT, tapi paham manajemen pula? Kuliahlah di Jurusan Teknik Informasi atau Teknik Informatika. Asal kamu tahu, profesi ini lagi banyak dicari oleh berbagai perusahaan swasta maupun instansi pemerintah.

 

9. Data Scientist

Kalau kamu jago Statistik atau punya dasar Matematika yang bagus, bahkan paham banget sama yang namanya Algoritma, profesi Data Scientist pasti menarik buatmu. Profesi yang tengah populer ini tak hanya membutuhkan kemampuan analisis yang kuat, tapi juga daya kreativitas dan rasa ingin tahu yang tinggi.

 

10. Content Specialist

Masih tentang profesi yang makin dibutuhkan didunia digintal: Content Specialist – entah content writer, social media specialist, atau editor. Contoh sederhananya saja, portal berita daring yang makin populer dibanding koran – ups, kamu masih tahu koran, kan? Bahkan mulai laman resmi perusahaan swasta atau institusi pemerintah sampai toko online sekalipun semua membutuhkan seorang Content Specialist.

 

Adakah profesi diatas yang telah kamu incar? Kalaupun belum, kamu masih punya waktu untuk menimbang-nimbang profesi impianmu dimasa depan. Tetap buka mata, telinga, dan pikiran serta pintar-pintarlah melihat tren yang terus berubah dan berkembang. Semoga masa depanmu cerah!

Lebih masukan Blog

Hukum Internasional, Konsentrasi Ilmu Hukum untuk Calon Diplomat

Mau jadi Diplomat yang sering jalan-jalan ke berbagai negara di dunia? Kamu bisa bertugas ke...

Bangkitkan Rasa Percaya Dirimu dengan 5 Langkah Mudah Ini

Diakui atau tidak, krisis pede udah jadi masalah umum diusia sekolah menengah bahkan sampai...

Menambah Komentar

H
Hilda Alintria 1 Tahun Lalu
hmm, aku udah jadi konten spesialis khusus blog saat ini. tapi aku masih ingin kejar cita-cita yang lainnya. semangat!!
Harap sign in untuk melanjutkan.
G
Ghanny Zahwa 8 Bulan Lalu
..
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Download Aku Pintar

Download aplikasi Aku Pintar dan dapatkan pulsa 50k!

Buka