PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via www.unomaha.edu

12 Jurusan Ini Diyakini Dapat Membuatmu Kaya Raya

Tips Kuliah

Mau jadi horang kaya? Sah-sah aja kok, punya cita-cita hidup kaya raya. Salah satu caranya, adalah dengan kuliah dijurusan yang diyakini dapat mengantarkanmu pada pekerjaan dan karir menjanjikan dimasa depan. Ya... kali-kali aja, kamu memang beruntung bisa hidup mapan lantaran pekerjaan dan karir yang menghasilkan gaji tinggi. Nah, langsung aja deh, jurusan apa aja sih, yang berpotensi membuatmu jadi orang kaya?

 

1. Kedokteran

Salah satu jurusan favorit di Indonesia ini diyakini cukup menghasilkan secara finansial, terutama jika nantinya kamu sudah menjadi dokter spesialis senior. Saat ini, gaji dokter di rumah sakit swasta bisa mencapai puluhan juta rupiah per bulan. Seiring waktu, dengan gelar keahlian spesialisasi, kamu bisa membuka praktek atau klinik sendiri, yang berarti penghasilanmu juga akan makin besar.

Meskipun demikian, perlu diingat bahwa diperlukan biaya yang tak sedikit untuk menyelesaikan pendidikan Dokter. Dan lagi, bidang pekerjaan ini adalah salah satu profesi mulia yang semestinya mengutamakan nilai kemanusiaan diatas pundi-pundi rupiah.

 

2. Teknik Pertambangan, Teknik Perminyakan

Sudah jadi rahasia umum kalau kerja dibidang pertambangan atau perminyakan tuh sangat menghasilkan. Bahkan gaji fresh graduate saja bisa mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah. Jadi, jika gaji besar adalah salah satu target masa depanmu, kuliah di Jurusan Teknik Pertambangan ataupun Teknik Perminyakan wajib dipertimbangkan.

Sayangnya, nggak banyak perguruan tinggi yang punya dua jurusan ini, jadi persaingan masuknya juga cukup ketat. Kudu rajin belajar dan banyak berdoa ya, Sobat Pintar!

 

3. Ilmu Hukum

Sebutkan satu saja nama lawyer yang sering muncul di televisi! Orangnya tajir, bukan? Nah, kalau kamu mau kaya dengan cara yang sama, kuliahlah di Jurusan Ilmu Hukum. Pilihan kampusnya juga banyak karena jurusan ini ditawarkan oleh mayoritas perguruan tinggi di Indonesia.

Kalaupun nggak jadi Advokad, setidaknya kamu bisa jadi staf legal yang pasti dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Apapun pilihan karir lulusan jurusan ini, biasanya sih, semua nggak jauh-jauh dari fulus yang menumpuk.

 

4. Manajemen

Jurusan ini memang nggak serta-merta menjamin penghasilan segunung, tapi lulusannya mudah diterima bekerja diberbagai perusahaan swasta. Lagipula, perusahaan mana sih, yang nggak butuh personalia manajemen dalam operasionalnya? Terlebih lagi, jika membangun karir di perusahaan ternama, tentu penghasilan yang kamu peroleh juga nggak tanggung-tanggung besarnya.

 

5. Psikologi

Jadi Psikolog juga bisa kaya? Well, perusahaan-perusahaan berskala besar selalu membutuhkan lulusan Jurusan Psikologi untuk memperkuat HRD-nya. Pentingnya peran HRD dalam merekrut pegawai sebagai aset perusahaan, tentu diiringi dengan gaji yang tak kecil – bisa mencapai belasan juta rupiah per bulan!

Atau, kamu bisa membuka layanan konsultasi pribadi. Kamu sendiri deh, yang tentukan tarifnya!

 

6. Bisnis

Mengelola usaha atau bisnis sendiri adalah sesuatu yang menyenangkan dan membanggakan. Ya nggak, sih? Masa kamu nggak tertarik bikin startup apa, gitu? Punya bisnis pribadi tuh berarti potensi penghasilan yang tanpa batas – mungkin ratusan juta hingga miliaran rupiah. Tapi kalau kamu lebih suka bekerja pada perusahaan milik orang lain setelah lulus dari jurusan ini, boleh juga, kok.

 

7. Teknologi Informasi

Makin ramainya industri digital saat ini berarti makin dibutuhkannya pakar digital yang tahu benar tentang dunia TI. Pastinya, perusahaan-perusahaan besar membutuhkan pakar-pakar digital seperti ini. Dan kamu nggak mungkin dibayar dengan gaji kecil bila bekerja di perusahaan besar, kan? Yup, fresh gradute jurusan ini biasanya berpenghasilan belasan hingga puluhan juta rupiah per bulan. Kaya? Pastinya!

 

8. Teknik Komputer

Kalaupun kamu kurang tertarik dengan Teknologi Informasi, kuliah di Jurusan Teknik Komputer bisa dipilih, nih. Jurusan ini masih terkait dengan industri digital dan peluang kerjanya juga sangat luas karena banyak perusahaan yang masih terus membutuhkan teknisi komputer. Salah satu sebabnya, keahlian dalam menciptakan otak (processor atau chip) dari suatu alat elektronik akan terus dibutuhkan kedepannya. Serunya lagi, penghasilan yang diperoleh dari bidang ini cukup besar – hingga puluhan juta rupiah per bulan.

 

9. Teknik Penerbangan

Aerospace Engineering atau Teknik Kedirgantaraan ini sekolahnya insinyur penerbangan, ya – bukan sekolah pilot! Dijurusan ini dipelajari tentang perancangan, pembuatan, dan pengujian pesawat terbang dan pesawat luar angkasa. Kalau kamu unggul dalam matapelajaran Fisika, Kimia, dan Matematika, selamat! Kamu berpeluang kaya raya setelah lulus kuliah dari jurusan ini.

Eitts, tapi nggak cukup punya otak super encer lho, Sobat Pintar. Bekerja dibidang kedirgantaraan juga butuh kepribadian yang disiplin, rapi, dan detil. Tapi hasil yang diperoleh lebih dari lumayan: gaji yang ditawarkan bidang ini masih diatas rata-rata pekerjaan atau profesi lain – fresh gradutenya saja sudah berpendapatan puluhan juta rupiah!

 

10. Teknik Elektro

Jika menguasai perusahaan listrik, kamu punya peluang memenangkan permainan Monopoli. Meskipun bukan analogi yang tepat, dalam kenyataanya, pegawai PLN punya kehidupan yang terbilang mapan, bukan? Kalaupun nggak bekerja di BUMN, lulusan Jurusan Teknik Elektro juga bisa bekerja di perusahaan umum. Gaji yang dibawa pulang? Sama-sama gede, euy!

Lagipula, punya bekal pengetahuan tentang ilmu komputer, kendali, rekayasa sistem, hingga telekomunikasi, apa yang membuatmu tak bisa bersaing dipasar kerja? Ya, nggak?

 

11. Teknik Sipil

Kemampuan lulusan jurusan ini dalam merancang program pembangunan memang layak dibayar mahal. Nggak akan ada jalan, jembatan, dan program pembangunan yang lain tanpa insinyur Teknik Sipil. Setuju, nggak?

 

12. Teknik Arsitektur

Udah pada tau kan, kalau Arsitek tuh rata-rata tajir? Nah, kuliahnya dijurusan ini nih, Sobat Pintar. Disinilah kamu belajar tentang seni rancang bangun, yang nantinya dibutuhkan untuk bekerja mandiri maupun di perusahaan developer atau kontraktor.

 

Jurusan-jurusan diatas memang punya prospek menjanjikan, tapi kamu juga perlu mempertimbangkan minat pribadimu. Meskipun Teknik Arsitektur berpeluang memberimu penghasilan tinggi, tapi kalau passionmu bukan disitu lama-kelamaan kamu juga jadi ogah-ogahan kerja. Namun jika kamu cukup fleksibel, boleh juga menggunakan referensi jurusan ini sebagai salah satu sumber rujukan. Pasalnya, tak sedikit juga yang mengacu pada prospek kerja dan penghasilan sebagai pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah.

Lebih masukan Blog

Menjanjikan: 11 Program Keahlian SMK untuk Kerja Dan Kuliah

Kenapa musti sekolah dan kuliah lama-lama kalau kamu tipe orang yang terampil, alih-alih...

Nggak Harus Terbang: 8 Profesi Didunia Penerbangan

Pilot nggak akan bisa menerbangkan pesawat sendiri. Paling jelas, seorang pilot akan duduk...

Menambah Komentar

Nabilla NS 9 Bulan Lalu
analisis kimia juga
Harap sign in untuk melanjutkan.
AA
Alvina Alvina 9 Bulan Lalu
farmasi / apoteker juga menjanjikan
Harap sign in untuk melanjutkan.
CC
camenyta camenyta 8 Bulan Lalu
sastra asing jugaa gk
Harap sign in untuk melanjutkan.
S
sabrina rohayati lubis 8 Bulan Lalu
aktuaris?
Harap sign in untuk melanjutkan.
Salma Hapijah 8 Bulan Lalu
akuntansi?
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru