redesain-navbar Portlet

Blog

photo via www.studentachievement.org

Menjanjikan: 11 Program Keahlian SMK untuk Kerja Dan Kuliah

Tips Pelajar

Kenapa musti sekolah dan kuliah lama-lama kalau kamu tipe orang yang terampil, alih-alih banyak mikirin konsep? Sekolah vokasi sekarang menawarkan banyak program keahlian yang keren, yang siap mengantarkanmu kedunia kerja setelah lulus. Makin cepat mandiri, nih? Yak, tepat sekali. Tapi, jurusan atau program keahlian SMK apa sih, yang menawarkan prospek kerja luas?

 

1. Administrasi Perkantoran

Diprogram keahlian ini kamu belajar hal-hal administratif yang terkait dengan pengarsipan dokumen dan surat-menyurat, bahkan etika dan tata cara kerja juga termasuk didalamnya. Nggak kudu jadi tenaga administrasi perusahaan, siapa tau kamu bisa jadi personal assistant CEO ternama dan bergaji gede?

 

2. Akuntansi

Program keahlian ini diyakini akan membuatmu berpenghasilan lumayan gede. Prospek kerjanya juga cukup menjanjikan karena setiap perusahaan pasti membutuhkan tenaga Akuntan. Laporan keuangan yang dihasilkan Akuntan diperlukan untuk mengevaluasi kinerja dan menentukan strategi perusahaan berikutnya.

 

3. Pemasaran

Diprogram keahlian ini kamu belajar tentang kewirausahaan, strategi pasar, termasuk juga membaca peluang didunia bisnis. Pastinya, lulus dari Program Keahlian Pemasaran, kamu akan jadi tenaga marketing yang handal. Oh ya, kamu juga bisa menjual produkmu sendiri, Sobat Pintar!

 

4. Animasi

Di Program Keahlian Animasi, kamu akan belajar tentang cara membuat animasi dari yang basic sampai menggunakan peralatan canggih. Pelajar SMK di jurusan ini biasanya akan melalui masa kerja praktek sebagai Animator di beberapa tempat. Seorang Animator yang handal akan dapat menyampaikan ide dan pesan melalui animasi yang menarik.

 

5. Tata Busana

Menjadi pelajar Program Keahlian Tata Busana, kamu akan belajar tentang merancang produk, memasarkan, melihat tren, hingga menciptakan tren fashion. Dijurusan ini kamu juga berkenalan dengan teknologi dalam menciptakan karya fashion, nggak sekedar menggambar, menggunting pola pakaian, maupun memilih bahan.

 

6. Tata Boga

Lulusan program keahlian ini pasti dibutuhkan di restoran atau hotel. Tapi kalau mau, kamu juga bisa berwirausaha dengan kemampuanmu berkreasi kuliner. Bukankah akhir-akhir ini makin menjamur saja tempat-tempat nongkrong? Masa iya, nongkrong nggak pakai makan?

 

7. Pariwisata

Jika kamu nggak betah dengan rutinitas kerja kantoran, Program Keahlian Pariwisata di SMK akan mengantarkanmu bepergian ke banyak tempat eksotis. Pekerjaan dibidang pariwisata juga akan membuatmu bertemu dengan orang baru setiap hari – nggak sempat bosen, deh!

 

8. Otomotif

Program Keahlian Otomotif akan membuatmu lihai dalam memodifikasi, merakit, hingga menciptakan karya otomotif. Pelajar SMK kita sudah bisa menciptakan mobil sendiri, kan? Bagaimana mungkin industri otomotif nggak butuh lulusan program keahlian ini?

 

9. Elektronika

Jika Program Keahlian Otomotif lebih berkonsentrasi pada mesin, Program Keahlian Elektronika lebih mengarah pada Fisika – tepatnya, hal-hal yang terkait dengan elektromagnetik, tenaga listrik, dan lain-lain. Dunia industri membutuhkan teknisi elektronika dibidang sonar dan navigasi, telekomunikasi, frekuensi radio, selular, network system, dan lain-lain.

 

10.  Farmasi

Pelajar SMK Farmasi belajar tentang bahan-bahan kimia dan peracikan obat. Lulusannya dapat bekerja sebagai tenaga farmasi di apotek, instalasi farmasi di rumah sakit, perusahaan obat, perusahaan makanan, hingga perusahaan kosmetik. Lulusan program keahlian ini memang makin laris manis saja dipasar kerja.

 

11. Analis Kimia

Industri farmasi juga membutuhkan Analis Kimia yang mempelajari Ilmu Kimia, Fisika, dan Matematika secara mendalam. Diprogram Keahlian ini, kamu akan mengenal, mempelajari, dan menganalisis zat-zat Kimia. Selain dibidang farmasi, seorang Analis Kimia juga dibutuhkan dibidang pertanian, pertambangan, ataupun bidang lain yang terkait dengan Kimia.

 

Lulus dari program keahlian diatas, kamu memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja didunia industri. Namun jika ingin lanjut kuliah, kamu bisa melanjutkan dijurusan yang sama. Misalnya, dari Program Keahlian Analis Kimia, kamu bisa melanjutkan kuliah ke Jurusan Kimia. Atau barangkali, kamu mau pindah jurusan? Boleh juga, kok!

Lebih masukan Blog

Kuliah Dijurusan Apa dari SMK? Ini Rekomendasinya

Jika kamu saat ini masih menjadi pelajar SMK, trus mau lanjut kuliah, jurusan apa nih yang mau...

12 Jurusan Ini Diyakini Dapat Membuatmu Kaya Raya

Mau jadi horang kaya? Sah-sah aja kok, punya cita-cita hidup kaya raya. Salah satu caranya,...

Menambah Komentar

A
Annisa Islamiati 10 Bulan Lalu
Aku jurusan Analis Kimia :)
Harap sign in untuk melanjutkan.
Nabilla NS 10 Bulan Lalu
aku juga analis kimia
Harap sign in untuk melanjutkan.
H
Hanifah Nur Fadhillah 10 Bulan Lalu
tata boga, yeay
Harap sign in untuk melanjutkan.
F
febri kurniadi 10 Bulan Lalu
TKJ mna??
Harap sign in untuk melanjutkan.
E
elok zahrotul ula 10 Bulan Lalu
ada yang dari smk farmasi?
Harap sign in untuk melanjutkan.
E
elok zahrotul ula 10 Bulan Lalu
ada yang dari smk farmasi?
Harap sign in untuk melanjutkan.
E
elok zahrotul ula 10 Bulan Lalu
ada yang dari smk farmasi?
Harap sign in untuk melanjutkan.
RR
Rangga Rangga 10 Bulan Lalu
saya jurusan otomotif :)
Harap sign in untuk melanjutkan.
II
ica ica 10 Bulan Lalu
aku SMK jurusan agribisnis tanaman pangan dan hortikultura
Harap sign in untuk melanjutkan.
DD
Dhesy Dhesy 10 Bulan Lalu
ko nggk ada tkj
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line