PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via primaindisoft.com

12 Jurusan Kuliah dengan Prospek Penghasilan Menggiurkan

Tahukah Kamu?

Ada ujaran bijak, katanya uang bukanlah segalanya. Tapi hari gini, apa sih yang tak butuh uang? Dan jika faktor yang satu ini penting buatmu, sangat disarankan kamu tak sampai salah memilih jurusan kuliah.

Apa sebabnya? Karena jurusan kuliahmu adalah pintu gerbang pada dunia yang akan mewujudkan impianmu, bisa jadi karena pergaulan ataupun karena prestasi akademikmu – dan semua itu terkait erat dengan jurusan kuliah. Jadi, jurusan kuliah apa saja yang berpotensi membuatmu tajir melintir? Check them down below.

 

1. Teknik Perminyakan dan Pertambangan

Meskipun tak banyak perguruan tinggi yang memiliki Jurusan Teknik Perminyakan dan Pertambangan, lulusannya sangat dinanti oleh perusahaan-perusahaan besar.     Fresh graduate saja bisa bergaji belasan hingga puluhan juta rupiah!

 

2. Teknik Komputer

Meningkatnya penggunaan peralatan elektronik berarti meningkatnya kebutuhan orang-orang yang sanggup menciptakan otak penggerak alat-alat tersebut. Tak pelak, dunia industri digital akan terus membutuhkan lulusan Jurusan Teknik Komputer.

 

3. Teknik Kimia

Pernah dengar tentang FMCG (fast moving consumer goods)? Istilah ini mengacu pada produk-produk yang dapat terjual cepat pada harga yang relatif murah. Biasanya sih, berupa barang-barang kebutuhan sehari-hari. Kalau kamu memperhatikan produk-produk yang dipajang di rak swalayan, nah itulah contoh fast moving consumer goods.

Bayangkan barang sebanyak itu jenisnya, tentu teknisi yang dibutuhkan juga tak sedikit. Disitulah lulusan Jurusan Teknik Kimia dibutuhkan, bahkan juga oleh industri gas, minyak bumi, makanan, hingga obat-obatan.

 

4.  Teknik Nuklir

Jurusan Teknik Nuklir termasuk jurusan yang tak banyak ditawarkan oleh mayoritas perguruan tinggi. Namun karena tak banyak orang yang sanggup bergelut dengan prinsip-prinsip Fisika, lulusan dari jurusan inipun sangat dibutuhkan.

 

5. Teknik Kedirgantaraan dan Penerbangan

Selain jenjang karirnya yang menjanjikan, tahukah kenapa gaji lulusan Teknik Kedirgantaraan dan Penerbangan cukup gede? Karena dibutuhkan orang-orang yang tangguh dalam Fisika, Kimia, dan Matematika. Tak cukup kualitas akademik, seorang insinyur penerbangan juga musti rapi, detail, dan disiplin.

 

6. Teknik Industri

Memiliki kemampuan manajerial dan teknik, insinyur industri sering disebut sebagai insinyurnya dunia industri. Pastinya, lulusan Teknik Industri bisa mendapat nominal gaji yang menjanjikan.

 

7. Teknik Listrik dan Elektro

Lulusan Jurusan Teknik dan Elektro dibutuhkan dalam merencanakan, membangun, dan menyiapkan perangkat kelistrikan. Prospek kerjanyapun cukup luas, mencakup perusahaan peralatan listrik, perusahaan umum, konsultan kelistrikan, ataupun perusahaan pembangkit tenaga listrik dengan gaji yang tak sedikit.

 

8. Teknik Mesin

Orang-orang Teknik Mesin-lah yang merancang mesin dan membuat kendaraan. Mesin-mesin industri yang rumit dan canggih tak luput dari karya lulusan Teknik Mesin. Keahlian yang dituntut mengimbangi perkembangan zaman inilah yang menghasilkan gaji besar bagi lulusan Jurusan Teknik Mesin.

 

9. Teknik Sipil

Keahlian lulusan Teknik Sipil dalam rancang bangun dan konstruksi fisik serta merencanakan tata lingkungan yang baik dibutuhkan sekali oleh negara yang sedang berkembang. Kompleksnya bidang pembangunan ini tentunya sepadan dengan penghasilan yang tinggi.

 

10. Ilmu Bisnis

Jurusan Ilmu Bisnis menawarkan penghasilan tak terbatas karena lulusannya tak cuma jadi pegawai atau karyawan, tapi juga memiliki cukup bekal untuk memulai dan mengembangkan bisnisnya sendiri. Kamu mau bikin start up? Bisa dimulai dari Ilmu Bisnis.

 

11. Akuntansi

Akuntan adalah salah satu profesi dengan gaji tinggi di perusahaan. Tak hanya di perusahaan swasta, keahlian seorang akuntan juga dibutuhkan di kantor akuntan publik.

 

12. Ilmu Hukum

Profesi advokat semakin populer saja bila kamu sempat memperhatikan di televisi. Selain bekerja di kantor pengacara sebagai advokat, lulusan Ilmu Hukum juga bisa menjadi staf legal perusahaan.

 

Jurusan-jurusan di atas menerima lulusan dari kelas IPA maupun IPS, jadi tak perlu kecil harapan tentang masa depanmu. Teruslah berusaha, salah satunya dengan memilih jurusan kuliah yang tepat dengan prospek yang bagus.

Lebih masukan Blog

5 Prospek Bidang Pekerjaan Sarjana Ilmu Komunikasi

Nyaris tak ada satu halpun dalam hidup kita yang terlepas dari komunikasi. Begitu pentingnya...

Peminatan dan Lintas Minat di SMA/MA

Bila SMK telah menawarkan program keahliannya dimuka, hal ini tidak berlaku pada SMA/MA. Ambil...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru