redesain-navbar Portlet

Blog

20 Politeknik Terbaik di Indonesia 2022

Ketahui rekomendasi politeknik terbaik untuk kuliah di 2022.

,politeknik terbaik di indonesia, Photo by Joshua Golde on Unsplash

Apa saja politeknik terbaik di Indonesia untuk rekomendasi kuliahmu di tahun 2022? Sobat Pintar, selain universitas atau institut, kamu juga bisa kuliah di politeknik, loh. Cara masuk politeknik pun sebenarnya tak jauh berbeda dari cara masuk kuliah di perguruan tinggi lain pada umumnya.

Bahkan sama seperti pemeringkatan universitas, ada juga ranking politeknik di Indonesia, Sobat. Mau tahu apa saja politeknik terbaik di Indonesia saat ini? Buat kalian yang ingin kuliah kesehatan di politeknik, adakah poltekkes dalam rekomendasi politeknik terbaik tersebut?

 

Webometrics: Ranking Politeknik di Indonesia

politeknik di indonesia
Photo by Sergey Zolkin on Unsplash

Webometrics Ranking of World Universities merupakan pemeringkatan yang dilakukan dengan berbasis web universitas. Pemeringkatan universitas yang dilakukan oleh Webometrics juga mencakup politeknik di Indonesia, yang merupakan institusi pendidikan vokasi di perguruan tinggi. Webometrics sendiri merupakan bentuk dukungan akses elektronik untuk publikasi materi akademik dan jurnal ilmiah. Pemeringkatannya yang mengacu pada indikator:

Visibility, yaitu jumlah subnet yang memiliki link kepada laman web institusi, memiliki bobot 50%

- Transparansi, yaitu jumlah kutipan dari 210 peneliti terbaik, memiliki bobot 10%

Excellence, yaitu jumlah naskah yang paling sering dikutip dalam periode empat tahun terakhir, memiliki bobot 40%.

 

Politeknik Terbaik di Indonesia Versi Webometrics

politeknik negeri terbaik di indonesia
Photo by Brooke Cagle on Unsplash

Berdasarkan indikator-indikator di atas, ada beberapa politeknik terbaik di Indonesia versi Webometrics. Berikut ini 20 terbaik ranking politeknik di Indonesia.

1. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Tak heran bila politeknik terkenal di Surabaya ini adalah salah satu politeknik negeri terbaik di Indonesia. Lantaran sudah belasan kali memenangkan Kontes Robot Indonesia, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya terkenal sebagai politeknik favorit Sobat Pintar yang punya minat tinggi pada bidang robotika. Di sini juga ada Jurusan Teknik Telekomunikasi, Teknik Informatika, Teknologi Multimedia Broadcasting, Sains Data Terapan, dan Teknologi Rekayasa Multimedia.

2. Politeknik Negeri Lhokseumawe

Dari namanya saja Sobat Pintar pasti sudah bisa menebak kalau kampus politeknik ini berada di Aceh. Dulunya sempat menjadi bagian dari Universitas Syiah Kuala, kini politeknik di Lhokseumawe ini berstatus sebagai satu-satunya politeknik di provinsi tersebut. Politeknik Negeri Lhokseumawe menaungi Jurusan Teknologi Mesin, Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi, Teknologi Konstruksi Jalan dan Jembatan, Teknologi Rekayasa Pengelasan dan Fabrikasi, Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah, Teknologi Kimia, Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung, Teknologi Listrik, Akuntansi, Administrasi Bisnis, Perbankan dan Keuangan, Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi, Teknologi Konstruksi Bangunan Air, Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol, Teknologi Pengolahan Minyak dan Gas, Teknologi Rekayasa Manufaktur, Teknologi Rekayasa Kimia Industri, Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan, Teknologi Industri, Teknik Informatika, Teknologi Elektronika, dan Teknologi Telekomunikasi.

3. Politeknik Negeri Ujung Pandang

Sulawesi Selatan memiliki salah satu politeknik negeri terbaik di Indonesia. Pilihan jurusan di Politeknik Negeri Ujung Pandang yaitu Teknik Kimia, Teknik Konstruksi Gedung, Perancangan Bangunan Gedung, Perawatan Alat Berat, Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi, Teknik Telekomunikasi, Administrasi Bisnis, Akuntansi Manajerial, Teknik Pembangkit Energi, Teknik Listrik, Teknik Elektronika, Administrasi Bisnis, Teknik Konstruksi Sipil, Analisis Kimia, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Otomotif, Teknologi Kimia Industri, Teknik Konversi Energi, Akuntansi, Teknik Mekatronika, Teknik Manufaktur, Teknik Mesin, serta Teknik Multimedia dan Jaringan.

4. Politeknik Negeri Jember

Jawa Timur punya satu lagi politeknik favorit. Meskipun bernama Politeknik Negeri Jember, kampus politeknik ini berlokasi di banyak kota lain meliputi Jember, Bondowoso, Nganjuk, dan Sidoarjo. Kampus-kampus tersebut menaungi Jurusan Pengelolaan Perkebunan Kopi, Manajemen Agribisnis, Akuntansi Sektor Publik, Teknologi Pakan Ternak, Teknologi Rekayasa Pangan, Teknologi Rekayasa Mekatronika, Produksi Tanaman Hortikultura, Keteknikan Pertanian, Manajemen Agroindustri, Produksi Ternak, Produksi Tanaman Perkebunan, Teknik Produksi Benih, Teknologi Industri Pangan, Manajemen Informatika, Teknik Komputer, Budidaya Tanaman Perkebunan, Teknik Energi Terbarukan, Teknologi Produksi Tanaman Pangan, Gizi Klinik, Manajemen Bisnis Unggas, Teknik Informatika, Agribisnis, Rekam Medik, Bahasa Inggris, Mesin Otomotif, dan Manajemen Informasi Kesehatan.

5. Politeknik Negeri Malang

Berada di peringkat ke-5 politeknik terbaik di Indonesia, politeknik terkenal di Malang ini memiliki kerja sama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri berupa Job Placement Center (JPC). JPC membantu menyiapkan mahasiswa dan alumni Politeknik Negeri Malang dari berbagai jurusan untuk memasuki dunia kerja. Jurusan-jurusan tersebut yaitu Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional, Teknik Telekomunikasi, Manajemen Rekayasa Konstruksi, Teknik Sipil, Teknologi Konstruksi Jalan Jembatan dan Bangunan Air, Teknologi Pertambangan, Teknik Kimia, Akuntansi, Administrasi Bisnis, Jaringan Telekomunikasi Digital, Manajemen Pemasaran, Teknik Otomotif Elektronik, Teknik Elektro, Keuangan, Teknologi Kimia Industri, Bahasa Inggris, Manajemen Informatika, Teknik Mesin Produksi dan Perawatan, Teknik Mesin, Sistem Kelistrikan, Teknik Informatika, Teknik Listrik, dan Akuntansi Manajemen.

Setelah lima besar politeknik di Indonesia di atas, politeknik terbaik di Indonesia versi Webometrics berikutnya adalah:

6. Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

7. Politeknik Negeri Tanah Laut

8. Politeknik Negeri Bali

9. Politeknik Negeri Medan

10. Politeknik LP3I Medan

11. Politeknik Negeri Pontianak

12. Politeknik Negeri Samarinda

13. Politeknik Caltex Riau Pekanbaru

14. Politeknik Bosowa Makassar

15. Politeknik Negeri Banjarmasin

16. Politeknik Negeri Manado

17. Politeknik Piksi Ganesha Bandung

18. Politeknik Keuangan Negara STAN PKN

19. Politeknik Negeri Bandung

20. Politeknik Negeri Sriwijaya

30

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet