CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Perbedaan SNMPTN dan SNMPN

Sekilas mirip, tetapi SNMPTN dan SNMPN sebenarnya berbeda jauh.

perbedaan snmptn dan snmpn, Photo by Anthony Tran on Unsplash

Apa yang dimaksud SNMPTN? Apa pula SNMPN itu? Terus, apa perbedaan SNMPTN dan SNMPN? Kalau selama ini kamu biasanya menyandingkan SNMPTN dengan SBMPTN, ternyata ada satu lagi nih, Sobat: SNMPN.

Eitts, kita enggak lagi main kriptografi, ya. Meskipun cuma beda huruf T, ada beberapa hal yang kamu perlu tahu tentang perbedaan SNMPTN dan SNMPN. Pastinya, perbedaan SNMPTN sama SBMPTN juga bakal dibahas tipis-tipis. So, yuk baca sampai selesai.

 

Apa yang dimaksud SNMPTN?

apa yang dimaksud snmptn
Photo by sq lim on Unsplash

Kalau kamu sekadang duduk kelas XII dan sedang mengikuti SNMPTN 2022, pasti enggak bakal bertanya apa yang dimaksud SNMPTN. Kepanjangan SNMPTN atau singkatan dari SNMPTN adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Nah, terus apa yang dimaksud dengan seleksi ini?

Pada dasarnya, SNMPTN merupakan seleksi untuk kuliah di universitas atau institut negeri dengan menggunakan nilai rapor. Nilai rapor mulai dari semester I sampai V merupakan pengukuran prestasi akademis yang utama dalam SNMPTN. Itulah sebabnya, SNMPTN dikenal juga sebagai jalur prestasi. Itu juga berarti bahwa kamu seharusnya sudah tahu tentang SNMPTN sejak masuk kelas X, Sobat. Kan berabe tuh, kalau mau ikutan SNMPTN di kelas XII tapi nilai rapormu sejak semester I enggak kamu perhatikan.

Catatan prestasi akademismu akan diserahkan ke kampus tempatmu mendaftar kuliah. Bukan kamunya sendiri yang datang ke kampus dan membawa rapor, Sobat. Akan tetapi, kamu dan sekolah bersama-sama melakukan registrasi ke LTMPT dan kemudian mengikuti proses seleksinya. Nantinya pihak kampus akan melakukan seleksi berdasarkan prestasimu, jejak alumni sekolahmu di kampus tersebut, dan akreditasi sekolahmu.

Walau begitu, kriteria dan keputusan untuk meluluskan atau tidak meluluskan seorang calon mahasiswa sepenuhnya menjadi kewenangan kampus. Karena itulah, SNMPTN juga dikenal sebagai jalur undangan. Yaa... ibaratnya kayak kamu mau ngundang teman-temanmu ke rumah. Suka-suka kamu dong, siapa yang mau kamu undang. Sama seperti kursi di rumahmu yang terbatas, kursi/daya tampung kampus untuk SNMPTN juga terbatas. SNMPTN 2022 sendiri diikuti oleh 86 universitas dan institut negeri.

 

Apa Itu SNMPN dan Perbedaannya dengan SNMPTN?


Photo by Humble Lamb on Unsplash

Apa itu SNMPN? Kepanjangan SNMPN adalah Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri. Politeknik adalah perguruan tinggi khusus untuk pendidikan vokasi. Berbeda dengan pendidikan akademis pada Program Sarjana, pendidikan vokasi berfokus pada keahlian terapan pada Program D3 (mulai 2022 Program D4/Sarjana Terapan mengikuti jalur SNMPTN).

Selain jenjang pendidikan, perbedaan SNMPTN dan SNMPN terdapat pada pihak penyelenggara seleksi. Bukan LTMPT, tetapi Kemendikbud Ristek yang menyelenggarakan SNMPN. Selain itu, SNMPN dapat diikuti hanya oleh sekolah yang sudah mendapatkan undangan. Di SNMPN, sekolah memiliki kewenangan sepenuhnya untuk memberikan rekomendasi siswa yang menjadi peserta. Dibuka sejak 3 Januari yang lalu, SNMPN 2022 diikuti oleh 44 politeknik negeri.

Ada perbedaan, pasti ada pula persamaan. Lantas, apa persamaan SNMPTN dan SNMPN? Kedua jenis seleksi ini dapat diikuti oleh lulusan sekolah tahun 2022 saja. Artinya, kamu yang sekarang duduk di kelas XII dapat mengikuti SNMPTN dan SNMPN – eitts, syarat dan ketentuan berlaku ya, Sobat Pintar.

 

Bagaimana dengan SBMPTN?


Photo by J. Kelly Brito on Unsplash

Oke, kamu sudah tahu perbedaan SNMPTN dan SNMPN. Terus bagaimana dengan SBMPTN? Perbedaan SNMPTN dengan SBMPTN terletak pada kriteria seleksinya. SNMPTN menggunakan prestasi akademis atau nilai rapor, sedangkan SBMPTN menggunakan nilai atau hasil UTBK.

Perbedaan SNMPTN sama SBMPTN juga ada pada ketentuan pemilihan jurusan. Di SNMPTN, kamu dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN. Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asal. Jika memilih satu program studi, kamu dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun. Meskipun tergantung ketentuan kampus tujuanmu, sebaiknya kamu enggak lintas jurusan.

Sementara itu, di SBMPTN kamu dapat memilih dua program studi pada satu PTN atau masing-masing satu prodi pada dua PTN. Lokasi kampusnya di mana? Bebas, Sobat. Psstt! SBMPTN bisa menjadi kesempatanmu untuk lintas jurusan, loh.

Last but not least, perihal biaya. Jika mengikuti SNMPTN dan SNMPN, kamu enggak kudu bayar apapun, Sobat. Sedangkan di SBMPTN, ada biaya UTBK yang harus dibayarkan sesuai dengan kelompok ujianmu. Kamu mau ikut ujian Saintek atau Soshum? Biayanya Rp200.000,00. Kalau kamu mau lintas jurusan di kelompok ujian Campuran, biaya yang dikenakan adalah Rp300.000,00.

 

Nah, sekarang kamu sudah tahu perbedaan SNMPTN dan SNMPN, termasuk pula SBMPTN. Jadi kamu pilih yang mana, nih?

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog