redesain-navbar Portlet

Blog

Cara Daftar Lengkap dan Jadwal SNMPTN 2022

Mengetahui tahapan dan jadwal SNMPTN 2022 lebih awal memberimu waktu untuk menyiapkan pendaftaran dengan lebih baik.

pendaftaran snmptn 2022, Photo by lilartsy on Unsplash

Sudah tahu cara daftar SNMPTN 2022, Sobat Pintar? Pembuatan akun LTMPT-nya sudah dapat dimulai di pekan pertama bulan Januari. Tinggal hitungan hari, nih! Jangan sampai kalian yang akan mengikuti pendaftaran SNMPTN 2022 masih belum tahu seluk beluk cara pendaftaran SNMPTN di bawah ini.

jadwal snmptn 2022
Photo by Iris Wang on Unsplash

1. Pengumuman Kuota

28 Desember 2021

Sebelum memasuki tahapan pendaftaran SNMPTN, ada cara kerja SNMPTN yang kamu perlu tahu, Sobat Pintar. Jadi, setiap sekolah itu mendapatkan kuota tertentu, berapa banyak siswanya yang dapat mengikuti SNMPTN. Ketentuan untuk mengikuti pendaftaran SNMPTN 2022 adalah:

1. Sekolah dengan akreditasi A dapat mengajukan 40% siswa terbaiknya.

2. Sekolah dengan akreditasi B dapat mengajukan 25% siswa terbaiknya.

3. Sekolah dengan akreditasi C dan lainnya dapat mengajukan 5% siswa terbaiknya.

Meskipun tak menjadi bagian dari prosedur pendaftaran SNMPTN, mengetahui kuota sekolah terbilang penting, Sobat. Untuk mengetahui berapa persen kuota sekolahmu, kamu dapat menanyakannya kepada Wali Kelas atau Guru BK setelah tanggal 28 Desember 2021. Layanan masa sanggah kuota paling lambat tanggal 17 Januari 2022, pukul 15.00 WIB.

Pertanyaan berikutnya, apakah kamu termasuk ke dalam kuota 40%, 25%, atau 5% itu? Nah, di sini lah nilai rapormu yang menentukan, Sobat Pintar. Pemeringkatan siswa oleh sekolah dilakukan berdasarkan perhitungan nilai mata pelajaran:

1. Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi untuk kelas IPA

2. Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi untuk kelas IPS

3. Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing untuk kelas Bahasa

4. Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian untuk SMK.

Sekolah dapat menambahkan kriteria lain berupa prestasi akademik dalam menentukan peringkat siswa bila ada nilai yang sama. Jika nilai rapormu berhasil membawamu masuk ke dalam kuota sekolah, maka kamu dapat mengikuti tahapan pendaftaran SNMPTN berikutnya.

 

2. Registrasi Akun LTMPT

04 Januari - 15 Februari 2022

Ada dua akun yang wajib melakukan registrasi, yaitu akun sekolah dan akunmu sendiri sebagai peserta SNMPTN. Sebenarnya prosedur ini wajib bagi seluruh siswa kelas XII, terlepas apakah kamu mau mengikuti pendaftaran SNMPTN 2022 atau tidak. Registrasi akun LTMPT untuk siswa dapat dilakukan melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id.

 

3. Penetapan Siswa Eligible

04 Januari - 08 Februari 2022

Dalam rentang waktu 4 Januari hingga 8 Februari 2022, LTMPT akan menginformasikan ke sekolah jumlah siswa yang eligible untuk mengikuti pendaftaran SNMPTN 2022. Kemudian, sekolahmu akan menentukan siapa saja yang dapat mendaftar untuk SNMPTN berdasarkan pemeringkatan siswa oleh sekolah.

 

4. Pengisian PDSS

08 Januari - 08 Februari 2022

Jika namamu berada dalam daftar siswa yang eligible, tunggu dulu hingga sekolahmu selesai mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Menurut rangkaian jadwal SNMPTN 2022, pengisian PDSS berlangsung mulai 8 Januari hingga 8 Februari 2022. Asal kamu tahu, Sobat. Nilai rapor dan NISN-mu, yang merupakan bagian dari persyaratan peserta SNMPTN 2022, diolah di tahap ini.

 

5. Pendaftaran SNMPTN 2022

14 - 28 Februari 2022

Jangan sampai terlewat jadwal pendaftaran SNMPTN 2022 yang berlangsung selama dua pekan saja ini ya, Sobat Pintar. Untuk pemilihan program studi dan universitasnya, kamu wajib mengikuti ketentuan:

1. Memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN.

2. Jika memilih dua program studi, salah satunya harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan asal SMA/MA/SMK-mu. Jika memilih satu program studi, kamu dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun.

3. Disarankan tidak lintas minat/lintas jurusan (linjur) meskipun ketentuan terakhir ini tergantung pada PTN tujuanmu.

Ada satu prosedur pendaftaran SNMPTN yang sangat penting dan tak boleh kamu abaikan, yaitu mengunggah portofolio. Akan tetapi, pengunggahan portofolio ini menjadi persyaratan peserta SNMPTN 2022 yang memilih program studi bidang seni dan olahraga saja.

cara pendaftaran snmptn
Photo by Aki Tolentino on Unsplash

Setelah menyelesaikan pendaftaran SNMPTN dan mengunggah portofolio (jika kamu memilih program studi bidang seni atau olahraga), apa yang harus dilakukan berikutnya? Sembari menunggu universitas tujuanmu melakukan seleksi, yang bisa kita lakukan pada tahap ini adalah berdoa, Sobat.

Setiap universitas memiliki persyaratan dan standar prestasi akademik masing-masing dari setiap peserta SNMPTN. Sementara itu, kamu sudah mengusahakan prestasi akademikmu sebaik-baiknya, kan? Seluruh persyaratan peserta SNMPTN 2022 juga sudah kamu penuhi. Jadi, tinggal menunggu pengumuman hasil SNMPTN, deh. Kapan pengumuman tersebut dijadwalkan? Catat tanggalnya, Sobat: 9 Maret 2022.

 

 

Sumber:

ltmpt.ac.id

90

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
1 Comment
Bismillah, semoga keterima di PTN impian!
00

CssBlog

metablog-web Portlet