redesain-navbar Portlet

Blog

PTS dengan Akreditasi A BANPT, photo via uangteman.com

20 PTS dengan Akreditasi A BAN-PT – Part 2

PTS dengan akreditasi A layak dipertimbangkan.

Sudah tahu PTS-PTS yang memiliki akreditasi A dari BAN-PT? Yup, you've read the ten of them on the previous post, so let's go on with the rest.

 

11. Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta

Pemeringkatan Kemenristekdikti menempatkan Sanata Dharma pada urutan ke 49. Pada awalnya, diinisiasi oleh Prof. Moh. Yamin sebagai Menteri Pendidikan saat itu dan beberapa imam Katolik, USD lebih fokus pada Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Kini, USD telah memiliki delapan fakultas.

 

12. Universitas Surabaya, Surabaya

Berikutnya, pada urutan ke-45 pemeringkatan Kemenristekdikti, adalah Ubaya. Di Asia, Ubaya berada pada kisaran peringkat 451-500. Sebelum dikenal sebagai Ubaya, PTS ini pada awalnya bernama Universitas Trisakti Surabaya.

 

13. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta

UMY berada pada peringkat ke-42 menurut Kemenristekdikti, 23 pada pemeringkatan UniRank, dan urutan ke-38 menurut Webometrics. For a note, UMY memiliki program pertukaran pelajar yang rutin dilakukan – hingga dianggap sebagai tradisi kampus.

 

14. Universitas Gunadarma, Jakarta

PTS dengan tujuh fakultas ini sempat menorehkan prestasi sebagai runner up pada Telkom Smart Campus Award. In fact, Universitas Gunadarma is one of few universities offering virtual and international classes. Dan lagi, PTS ini memiliki pusat literatur online yang dapat diakses baik oleh mahasiswa UG maupun masyarakat umum.

 

15. Universitas Mercu Buana, Jakarta

Universitas Mercu Buana berposisi diurutan ke-25 di Indonesia, 1025 di Asia, dan 3244 di dunia. Dukungan infrastrukturnya baik, sehingga kualitas perkuliahan Universitas Mercu Buana tak jarang dibandingkan dengan kualitas akademis Binus.

 

16. Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Berdiri pada tahun 1960, saat ini UAD memiliki sembilan fakultas. UniRank menyebutkan UAD sebagai PTS terbaik di Indonesia pada urutan ke-21.

 

17. Universitas Dian Nuswantoro, Semarang

Udinus berada diposisi ke-29 di Indonesia, 1153 di Asia, dan 3555 di dunia. Menurut Webometrics, Udinus merupakan PTS terbaik se-Indonesia diurutan ke-31.

 

18. Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga

Pendirian UKSW diprakarsai oleh para petinggi pendidikan guru Kristen di Salatiga pada tahun 1956. Saat ini, UKSW memiliki 14 fakultas. Pada pemeringkatan Kemenristekditi, UKSW berada pada urutan ke-36. Sedangkan menurut Webometrics dan UniRank, beruturut-turut UKSW berada pada peringkat ke-23 dan 55 se-Indonesia.

 

19. Universitas Tarumanagara, Jakarta

Kemenristekdikti menempatkan Untar pada peringkat ke-50. Berdiri pada tahun 1959, Untar berpredikat sebagai salah satu PTS tertua di Jakarta sebagai Perguruan Tinggi Ekonomi Tarumanagara.

 

20. Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, Jakarta

Sedikit berbeda dari universitas-universitas sebelumnya, Sekolah Tinggi ini fokus pada Ilmu Filsafat dan Teologi saja. PTS ini pun telah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT.

 

Akreditasi BAN-PT menunjukkan kualitas kurikulum setiap program studi, jumlah dosen, keadaan mahasiswa, koordinasi pelaksanaan pendidikan, sarana prasarana pendidikan, serta kesiapan akademik, keuangan, dan rumah tangga perguruan tinggi. Indikator-indikator tersebut diduga kuat secara langsung mempengaruhi kualitas alumninya.

Dengan kata lain, semakin baik akreditasi suatu perguruan tinggi maka semakin baik pula kualitas alumninya. Mengingat kampus sebagai salah satu institusi yang membantu kita mengembangkan diri, khususnya dibidang akademis, maka penting sekali untuk mencermati akreditasi yang dimilikinya.

Sayangnya, dari ribuan jumlah PTS yang ada di Indonesia saat ini, masih banyak yang belum memiliki akreditasi. Selain kualitas akademis, akreditasi PTS dapat mempengaruhi masa depan Sobat dikemudian hari. Pasalnya, ijazah sarjana yang dikeluarkan oleh PTS yang belum terakreditasi dianggap ilegal.

All in all, PTS memang bisa menjadi alternatif, khususnya bagi Sobat Pintar yang ingin tetap lanjut kuliah tanpa harus menunggu SBMPTN tahun depan. Ada saja PTS yang memiliki kualitas perkuliahan sebanding dengan PTN. Bahkan beberapa PTS memiliki fasilitas dan infrastruktur yang lebih baik daripada PTN.

Namun tetap saja, diperlukan kecermatan dalam memilih dan memilah ya, Sobat. Jadi, luangkan waktu dan kumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang PTS yang masuk dalam pertimbanganmu.

Lebih masukan Blog

20 PTS dengan Akreditasi A BAN-PT – Part 1

Dalam bahasa yang sederhana, akreditasi bisa diibaratkan sebagai nilai suatu institusi dalam...

3 Cara Merencanakan Belajar untuk SBMPTN Berikutnya

Janganlah disebut gagal kalau Sobat Pintar tak lolos SBMPTN tahun ini. Kalaupun memang terasa...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka