redesain-navbar Portlet

Blog

3 Cara Lolos SBMPTN, Ketahui Sebelum Terlambat

Komunitas Pintar dapat menjadi support system yang mendukungmu di SBMPTN.

cara lolos sbmptn, Photo by David Emrich on Unsplash

Kalau kamu bertanya tentang cara lulus SBMPTN 2022, besar kemungkinan saran yang akan kamu dapatkan adalah belajar. Belajar SBMPTN memang menjadi senjata utama kita untuk berjuang di ujian SBMPTN. Tapi kamu suka penasaran ga sih, belajar SBMPTN yang asyik namun efektif itu yang bagaimana?

 

1. Terjadwal

belajar sbmptn
Photo by Bich Tran on Pexels

Uugh! Masa iya, kita harus punya jadwal belajar SBMPTN? Kata 'jadwal' saja sudah bikin kita malas, apalagi ditambah kata 'belajar.' Enggak banget, deh!

Yeah, mau gimana lagi dong, Sobat. Bukankah ujian SBMPTN akan berlangsung dalam semester ini juga? Masa kita masih mau ongkang kaki, bersantai kayak di pantai gitu? Ditambah dengan PR dan tugas-tugas sekolah yang enggak mau pengertian banget itu, apakah kamu akan belajar SBMPTN sesempatnya saja?

Waduh, bisa berabe dong, kalau begitu. Bimbel UTBK terbaik sekalipun takkan sanggup menjaminmu lolos UTBK kalau kamu baru masuk kelas hari ini, sementara ujian SBMPTN akan berlangsung besok.

Nah, mumpung masih ada waktu, yuk bikin jadwal belajar SBMPTN. Luangkan waktu setiap hari, meski sebentar, untuk belajar SBMPTN. Asal kamu tahu nih, cara belajar SBMPTN yang efektif adalah dengan belajar sedikit demi sedikit setiap hari – bukan belajar satu-dua buku tebal di akhir pekan saja.

 

2. Terstruktur


Photo by cottonbro on Pexels

Jadwal belajar SBMPTN tak hanya mengatur waktu, tetapi materi pelajaran juga. Kalau kamu perhatikan, materi belajar di sekolah tersusun dari materi yang lebih sederhana ke materi yang lebih kompleks. Idealnya, materi belajar SBMPTN juga begitu, Sobat.

Penyusunan materi belajar yang terstruktur bahkan boleh jadi merupakan tips UTBK yang sangat penting buat kalian yang memilih kelompok ujian Campuran. Pasalnya, ada materi Saintek atau Soshum yang selama ini belum kalian dapatkan dari sekolah. Di sini dapat dibaca selengkapnya tentang tips belajar SBMPTN buat kalian yang lintas jurusan.

 

3. Terhubung dengan Calon Peserta SBMPTN yang Lain

tips lulus sbmptn 2022
Photo by Hannah Busing on Unsplash

Oke, tak bisa dipungkiri bahwa kita berkompetisi dengan siswa dan alumni lain yang akan mengikuti ujian SBMPTN. Akan tetapi, kita bisa tetap sportif dalam berkompetisi. Alih-alih memandang calon peserta ujian SBMPTN yang lain sebagai 'ancaman,' kenapa kita enggak nge-boost potensi dan kemampuan diri kita masing-masing? Kenapa kita enggak bersaing dengan versi diri kita sendiri yang belum ter-upgrade kemarin?

Dengan begitu, kita justru bisa berkolaborasi dengan para calon peserta ujian SBMPTN se-Indonesia. Siapa tahu, barangkali kalian bisa saling berbagi susunan materi belajar SBMPTN untuk lintas jurusan. Bagaimana caranya?

Kalian bisa bergabung dengan Komunitas Pintar, Sobat. Melalui salah satu fitur dalam aplikasi Aku Pintar ini, kalian bisa berdiskusi dan berbagi informasi bersama Sobat Pintar lainnya. Termasuk pula, seperti telah disebutkan sebelumnya, kalian bisa saling berbagi susunan materi belajar SBMPTN untuk lintas jurusan.

Melalui Komunitas Pintar, kalian bisa belajar bareng online – tak hanya untuk persiapan UTBK-SBMPTN, tetapi juga banyak hal lainnya. Di awal masuk Komunitas Pintar saja, kalian sudah ditawarkan berbagai topik seperti Bahasa, Matematika, Sains, hingga Pelajaran sekolah. Kalian yang punya minat pada Bisnis dan Keuangan, Kesehatan, Menulis, Pengetahuan, Self Development, Seni dan Desain, hingga Technology juga dapat mendalami minat masing-masing.

Ada kalanya kita merasa lelah, jenuh belajar SBMPTN – ditambah pula dengan pressure waktu ujian SBMPTN yang terus mendekat. Kalau sudah begitu, takkan ada tips trik SBMPTN paling mujarab sekalipun yang bakal membuatmu siap menghadapi UTBK online esok.

Cooling down dulu, Sobat. Tau nggak, rehat sejenak itu juga salah satu tips lolos SBMPTN yang cukup penting namun sering terabaikan. Apalagi, kita suka kebablasan sih, kalau lagi rehat!

Tapi enggak bakalan kebablasan lagi kalau kalian masih di Komunitas Pintar. Di sini ada tawaran Hiburan, di tengah-tengah rekomendasi channel dan video terbaru yang sesuai dengan minat yang telah kalian pilih sebelumnya. Kalian pun bebas Subscribe dan Unsubscribe seluruh channels yang ada di dalam Komunitas Pintar.

Sama halnya, kalian bebas mute dan unmute notifikasi post. Kalian juga bisa block dan unblock, follow dan unfollow, accept dan decline, bahkan report Sobat Pintar yang lain yang ada di Komunitas Pintar.

In short, Komunitas Pintar dapat membantumu mendapatkan dan membagikan informasi dan pengetahuan, termasuk tips lulus SBMPTN 2022. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mengintip cara lolos SBMPTN Sobat-Sobat yang lain di Komunitas Pintar?

150

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet