redesain-navbar Portlet

Blog

3 Cara Merayakan Hari Guru yang Unik dan Seru

Hari Guru nasional bisa menjadi peringatan yang tak hanya bermakna, namun juga penuh kreativitas.

memperingati hari guru, Photo by Ed Us on Unsplash

Kapan Hari Guru di Indonesia diperingati? Hayo, Sobat Pintar tahu Hari Guru tanggal berapa? Iya, Hari Guru jatuh pada tanggal 25 November. Tanggal ini memiliki makna penting bagi Bapak dan Ibu Guru kita karena pada 24-25 November 1945 berlangsung kongres berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Sejak Keputusan Presiden yang menetapkan peringatan Hari Guru diteken tahun 1994, perayaan Hari Guru nasional semakin meriah. Bahkan sejak awal bulan November, antusiasme memperingati Hari Guru sudah mulai kentara. Apa yang bisa kita lakukan untuk ikut memeriahkan Hari Guru nasional, Sobat?

 

1. Tunjukkan betapa Bapak/Ibu Guru adalah sosok yang istimewa

cara merayakan hari guru
Photo by Husniati Salma on Unsplash

Bayangkan bakal bagaimana jadinya bila tak ada Bapak/Ibu Guru yang setiap hari mencurahkan waktu dan tenaga beliau untuk mengajar dan mendidik kita di sekolah. Eh, enggak usah dibayangkan, deh. Selama belajar jarak jauh kemarin, kita sudah tahu kan, bagaimana susahnya memahami materi pelajaran sendiri tanpa bimbingan Bapak/Ibu Guru? Padahal belajar online-nya hanya berlangsung sementara dan kita masih bisa menjalin komunikasi dengan beliau. Nah, mumpung mendekati Hari Guru nasional nih, Sobat. Tunjukkan betapa berartinya peran Bapak/Ibu Guru buat kita.

Bagaimana caranya? Ah, itu sepenuhnya tergantung kreativitasmu, Sobat. Surat berantai yang ditulis oleh teman-teman sekelas boleh juga, tuh. Bapak/Ibu Guru yang punya kenangan dengan berkirim surat semasa mudanya akan tersentuh hati beliau dengan sepucuk surat dari kalian, siswa-siswi beliau. Selain media kertas, kalian juga bisa menuliskan surat tersebut melalui email. Mau tahu ide lain untuk memperingati Hari Guru? Rangkaian kalimat berantai, entah berupa puisi atau guyonan yang menyenangkan, melalui aplikasi pesan di ponsel juga bukan ide yang buruk buat memperingati Hari Guru, loh.

Atau, kalian lebih suka membuat hasta karya? Boleh juga, kok. Seikat bunga dari krep yang dipersembahkan untuk Bapak/Ibu Guru khusus pada perayaan Hari Guru bisa membuat beliau baper saking harunya. Kalian bebas memilih media untuk menunjukkan betapa istimewanya Bapak/Ibu Guru. Cara merayakan Hari Guru itu enggak harus ribet dan mahal. Sebab apapun yang kalian sampaikan dari hati, pasti akan sampai ke hati.

 

2. Menjadi anggota paduan suara sehari untuk memperingati Hari Guru

hari guru nasional
Photo by Tima Miroshnichenko on Pexels

Mempersembahkan hadiah untuk guru agar selalu diingat itu boleh banget. Tapi hadiah tidak selalu harus berupa barang, Sobat. Selagi masih ada waktu hingga tanggal 25 November nanti, kalian bisa berlatih bernyanyi sebagai tim atau band. Bagaimana kalau kalian berlatih menyanyikan himne guru dalam paduan suara? Bakalan keren habis, tuh!

Namun bila himne guru terasa kurang seru dan meriah, kalian masih bisa memilih lagu-lagu lain yang masih cukup representatif, seperti Guruku Tersayang ciptaan Melly Goeslaw, Terima Kasih Cikgu dari Upin Ipin, atau Semua Murid Semua Guru yang dinyanyikan oleh Andien, Tompi, Tulus, Vidi Aldiano, dan musisi-musisi kenamaan lainnya. Apapun lagu pilihanmu, bahkan bila lagu itu dalam bahasa daerah ataupun bahasa asing, usaha yang telah kalian curahkan khusus untuk memperingati Hari Guru itu lah yang berharga bagi Bapak/Ibu Guru.

 

3. Tunjukkan karyamu di Hari Guru nasional dengan berkreasi melalui video

kapan hari guru
Photo by Muhammad Haikal Sjukri on Unsplash

Jangan sembunyikan jiwa kreatifmu! Buat video selamat Hari Guru, eksplorasi ide-idemu dan kembangkan keterampilanmu bersinematografi. Video itu bisa berupa ucapan selamat peringatan Hari Guru, suka dukamu selama belajar online, teman-teman sekelas dengan keunikannya masing-masing, atau tema-tema yang lain. Jika video selamat Hari Guru itu diunggah di media sosial dan akun medsos Bapak/Ibu Guru kamu tag, beliau pasti bangga karena melihat karyamu yang luar biasa sekaligus terharu lantaran melihat bagaimana beliau menjadi bagian yang penting dari kisahmu.

Bukan hanya itu, Sobat. Kamu juga bisa dapetin uang saku hingga ratusan ribu rupiah hanya dengan mengunggah video hasil karyamu di media sosial. Kok bisa? Bisa dong, kan Aku Pintar mengadakan kompetisi Tiktok/Reels siswa dalam rangka memperingati Hari Guru.

© Aku Pintar

Pendaftaran kompetisi dalam rangka peringatan Hari Guru nasional di Aku Pintar ini masih dibuka sampai tanggal 25 November nanti. Bakalan ada tiga pemenang, juara I sampai III masing-masing berhak mendapatkan hadiah Rp500.000,00, Rp300.000,00, dan Rp200.000,00 beserta sertifikat, yang akan diumumkan pada tanggal 27 November. Yuk, buruan ikutan!

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet