redesain-navbar Portlet

Blog

Mengapa menjadi Guru? Karena Guru Adalah Profesi Mulia

Memahami tugas guru dan bagaimana cara menjalankan tugas sebagai guru

Foto oleh Max Fischer dari Pexels

Meskipun menurut KBBI kata guru adalah orang yang pekerjaannya (mata pencahariannya, profesinya) mengajar, tetapi pada hakikatnya menjadi seorang guru tidaklah cukup dengan mengajarkan materi pelajaran saja. Guru tidak hanya sebatas profesi melainkan tanggung jawab yang besar karena sangat menentukan kelangsungan sebuah bangsa. Bahkan disebut-sebut bahwa guru adalah pekerjaan yang paling mulia.

Guru sebagai profesi adalah jabatan profesional yang memiliki tugas pokok dalam proses pembelajaran. Uraian tugas-tugas pokok guru telah diatur dan mencakup keseluruhan unsur proses pendidikan serta peserta didik. Tugas pokok guru dapat dilaksanakan secara profesional jika persyaratan profesional yang telah ditetapkan terpenuhi.

Tugas guru sebagai profesi 


Foto oleh Katerina Holmes dari Pexels

Ingin tahu apa saja tugas seorang guru? Simak uraiannya berikut ini!

1. Membantu siswa mengembangkan seluruh potensinya sehingga tumbuh dan berkembang dengan total dan sempurna.

2. Membantu siswa belajar dan mengembangkan kemampuan intelektualnya dengan menguasai berbagai ilmu pengetahuan, keterampilan, pengalaman, nilai, dan sikap.

3. Menyampaikan berbagai ilmu pengetahuan kepada siswa dengan  pendekatan dan metodologi yang penuh dengan kreativitas  sehingga  kreativitas  siswa juga tumbuh dan berkembang.

4. Menanamkan berbagai nilai-nilai dalam diri siswa sehingga melekat dan tumbuh menjadi satu dengan perilaku siswa sehari-hari.

5. Membangun watak dan kepribadian siswa sehingga menjadi orang yang memiliki watak dan kepribadian yang baik.

6. Mengajar siswa bagaimana cara berhubungan dengan orang lain, dan melatih siswa menjadi orang yang berakhlak mulia.

Dalam proses pendidikan, fungsi guru adalah mengajar, mendidik, membina, mengarahkan, dan membentuk watak dan kepribadian siswa sehingga menjadi manusia yang memiliki ilmu pengetahuan, cerdas, dan bermartabat. Tidak mengherankan jika ada orang yang mengatakan bahwa tidak semua orang dapat menjadi guru dan dapat melaksanakan tugas sebagai guru.

Untuk melaksanakan pekerjaan mulia ini diperlukan  persyaratan dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan. Pendidikan guru dirancang  sedemikian rupa untuk mempersiapkan calon guru menjadi seorang guru yang profesional. Hal sangatlah penting mengingat jika sampai terjadi kesalahan, dapat berakibat fatal terhadap masa depan siswa dan tentu saja amat merugikan dunia pendidikan.

Persyaratan menjadi guru profesional


Foto oleh Christina Morillo dari Pexels

Seorang guru mampu melaksanakan  tugasnya  secara  profesional,  efisien,  dan efektif jika memenuhi persyaratan sebagai berikut:

1. Memiliki penguasaan ilmu pendidikan yang baik, termasuk konsep, teori, dan proses,

2. Menguasai strategi-strategi pembelajaran,

3. Memiliki pemahaman cukut terhadap ICT sehingga dapat diaplikasikan dalam kelas,

4. Memiliki pengetahuan tentang psikologi siswa,

5. Menguasai teori belajar mengajar,

6. Paham berbagai  konsep  pokok  sosiologi  dan  antropologi  yang  relevan  dalam  proses pendidikan  dan  pertumbuhan  anak,

7. Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang  studi tertentu  yang relevan dengan tugasnya  sebagai  guru pada jenjang persekolahan tertentu,

8. Paham administrasi pendidikan, terutama tentang Manajemen pembelajaran,

9. Paham konsep dan prinsip pengembangan kurikulum,

10. Paham dan menguasai pendidikan nilai,

11. Paham akan proses dan dampak globalisasi serta  implikasinya  terhadap  proses  pendidikan  siswa,

12. Paham peran dan pengaruh aspek sosial, kultural, dan ekonomi terhadap proses pendidikan.

Mengingat profesi guru ini adalah profesi yang mulia, hal-hal berikut ini sangat penting untuk menunjang kelancaran guru dalam menjalankan perannya, yaitu:

1. Tak berhenti belajar

Menjadi seorang guru bukan berarti sudah tidak perlu belajar lagi. Pengetahuan tentang ilmu yang diajarkan harus selalu dipelajari supaya tidak salah konsep dalam mengajarkannya. Selain itu banyak sekali perkembangan-perkembangan dalam dunia pendidikan yang wajib selalu diikuti. Menjadi guru adalah menjadi pembelajar sepanjang hayat yang akan menjadi inspirasi siswa untuk selalu belajar dengan giat.

2. Up to date terhadap segala perkembangan dan dinamika pendidikan

Dunia pendidikan selalu berkembang banyak tren-tren baru yang bermunculan. Jika Guru Pintar ketinggalan, maka jangan salahkan jika siswa menjadi bosan dan tidak bersemangat belajar karena gurunya ketinggalan zaman.

3. Ikhlas

Beratnya tugas yang diemban oleh guru terkadang tidak sesuai dengan gaji yang didapat. Untuk menjaga supaya Guru Pintar tetap bahagia dalam menjalankan tugasnya, rasa ikhlas perlu untuk selalu dipupuk. Jangan sampai karena materi membuat siswa tidak mendapatkan haknya untuk belajar dengan optimal.

Tetap semangat dalam mengajar dan mencerdaskan anak bangsa ya, Guru Pintar. Jasamu tiada tara!

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet