redesain-navbar Portlet

Blog

photo via www.quipper.com

3 Jurusan IPA/ Saintek Favorit pada SBMPTN 2018

Jurusan IPA/ Saintek

Dengan adanya perubahan sistem seleksi masuk PTN, berarti kamu punya tambahan PR, nih. Nggak sekedar pilih-pilih jurusan kuliah, tapi juga mempertimbangkan seberapa besar peluangmu diterima di jurusan dan PTN pilihanmu. Udah tahu belum, jurusan IPA/ Saintek apa yang ramai peminat pada SBMPTN 2018? Yuk lihat berikut ini, agar kamu dapat menimbang peluangmu.

 

1. Kedokteran

Pada umumnya, apa cita-cita anak IPS/ Saintek? Yak, jadi dokter! Nggak heran deh, kalau jurusan ini jadi the most wanted major dari zaman old sampai new. Kedokeran memang jurusannya anak IPA/ Saintek banget karena disini dipelajari tentang Biokimia, Fisiologi, Histologi, Anatomi, hingga fungsi dan interaksi indera, saraf, otot, dan tulang tubuh manusia. Dijurusan inilah seorang calon dokter belajar ilmu medis, tentang bagaimana mengobati penyakit dan memelihara kesehatan. Tata cara pemeriksaan pasien, interpretasi hasil pemeriksaan, serta obat-obatan juga menjadi bidang kajian mahasiswa Kedokteran.

Meskipun banyak banget yang harus dipelajari oleh mahasiswa jurusan ini, Kedokteran nggak pernah sepi peminat. Bahkan di Universitas Padjadjaran, Universitas Indonesia, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, dan Universitas Diponegoro, Kedokteran adalah jurusan yang paling tinggi peminat. Kedokteran juga punya predikat sebagai jurusan yang tipis peluang lolos seleksi masuk PTN 2018. Misalnya saja, persentase peluang lolos Kedokteran UGM hanya 2%, sedangkan Kedokteran Unpad hanya 3%.

 

2. Farmasi

Sebagai ilmu, Farmasi mempelajari tentang bagaimana cara membuat, meracik, mencampur, memformulasi, mengkombinasi, mengidentifikasi, menganalisis, dan menstandardisasi obat – termasuk juga pendistribusian dan penggunaan obat secara aman. Farmasi sendiri menerapkan Kimia, Biologi, dan Fisika dalam Farmakologi, Farmasetika, Kimia Farmasi, Teknologi Farmasi, Fisika Farmasi, Dispensa Farmasi, Farmasi Klinik, Biofarmasetika, maupun Biologi Farmasi. Oh ya, kuliah dijurusan Farmasi juga berarti kamu akan belajar tentang Administrasi Farmasi. Seluruh cabang ilmu terapan tersebut memang diperlukan saat nantinya kamu bekerja sebagai analis farmasi, peneliti, ataupun apoteker dalam dunia industri obat atau produk farmasi.

 

3. Teknik Informatika

Pada SBMPTN 2018, Jurusan Teknik Informatika termasuk salah satu dari jurusan IPS/ Saintek yang punya banyak peminat. Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi digital, minat pada Teknik Informatika juga semakin tinggi karena disinilah dipelajari tentang penerapan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisa Matematika dalam desain, pengembangan, pengujian, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak, dan kerja komputer. Peminatan studi Teknik Informatika cukup beragam, mencakup Enterprise Information System, Database System, Multimedia, Computer Network and Web Programming, bahkan Artificial Intelligent. Lulusan jurusan ini punya prospek cerah sebagai seorang programmer, konsultan IT, software engineer, web engineer, system analyst, hingga menjadi wirausaha startup yang berbasis teknologi.

Apakah salah satu profesi tersebut adalah impianmu? Kamu bisa mewujudkannya asalkan lolos dalam ketatnya persaingan masuk jurusan ini. Teknik Informatika termasuk jurusan favorit ranah IPA/ Saintek di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Di Institut Teknologi Bandung, hanya empat calon mahasiswa yang berhasil lolos seleksi masuk Teknik Informatika dari 100 pendaftar. Sedangkan di Universitas Padjadjaran, peluang lolos setiap peserta ujian masuk PTN hanya sebesar 1%.

 

Masih tertarik masuk kesalah satu jurusan favorit diatas? Kamu bisa memperbesar peluangmu dengan memilih PTN yang lebih longgar persaingannya. Atau, mungkin kamu berminat pada jurusan lain? Rumusnya masih sama, pertimbangkan peluangmu pada jurusan dan PTN pilihanmu sebelum menjatuhkan pilihan, ya!

Lebih masukan Blog

5 Jurusan IPS/ Soshum Favorit pada SBMPTN 2018

Banyak anak IPS/ Soshum yang mengeluh peluang lolos ujian masuk PTN-nya makin kecil gegara ...

Percaya Nggak, Ada Jurusan-Jurusan Kuliah Seperti Ini?

Kamu merasa pilihan jurusan kuliah di Indonesia terlalu biasa-biasa saja? Mau tahu seberapa ...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line