redesain-navbar Portlet

null

Blog

3 Jurusan Kuliah IPS dengan Keketatan Persaingan Masuk yang Tinggi

Beberapa jurusan tertentu lebih diminati oleh calon mahasiswa baru.

Jurusan Kuliah IPS, image credit You X Ventures

Yang namanya kuliah jurusan anak IPS itu sering mendapat stigma. Ada yang bilang enteng, ada pula yang bilang gampang. Tak jarang, jurusan kuliah IPS menjadi tumpuan harapan terakhir anak IPA. Yang terakhir ini disebabkan oleh stigma pula: peluang lolos di jurusan kuliah IPS itu lebih besar.

Seiring waktu, pandangan-pandangan yang melihat jurusan kuliah IPS hanya dari satu sisi seperti diatas sudah mulai berkurang. Namun faktanya, tetap ada jurusan-jurusan kuliah pada rumpun IPS atau Soshum yang masih sulit ditembus di SBMPTN. Ingin tahu apa saja jurusan kuliah untuk anak IPS yang paling banyak diminati, Sobat?

 

1. Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi dikenal sebagai salah satu favoritnya jurusan kuliah untuk anak IPS. Jurusan ini biasanya dilirik oleh mereka yang punya minat pada public speaking, advertising, jurnalisme, hingga animasi, desain, dan fotografi. Pada SBMPTN 2018 dan 2019, Ilmu Komunikasi selalu diburu peserta.

Untuk SBMPTN 2020, Ilmu Komunikasi UI menyediakan 24 kursi saja. Keketatan persaingan masuk jurusan kuliah IPS di UI ini mencapai 1,92% pada SBMPTN 2018 dengan pendaftar mencapai tiga ribuan peserta. Sementara itu, UGM dan Unpad berturut-turut membuka 27 dan 36 kursi untuk mahasiswa baru pada SBMPTN 2020.

Barangkali salah satu faktor penyebab tingginya minat pada Ilmu Komunikasi adalah prospeknya yang terbilang menjanjikan. Sarjana Ilmu Komunikasi memiliki kecakapan yang dibutuhkan untuk bekerja dibidang media massa, instansi pemerintah, bahkan start up. Mereka ada yang menjadi jurnalis, Public Relation, dan banyak profesi lain.

 

2. Hubungan Internasional

Meskipun tak difavoritkan pada SBMPTN 2018 dan 2019, Hubungan Internasional tak kalah pamor dengan Ilmu Komunikasi. Pada umumnya ada kebanggan tersendiri bagi anak IPS bila kuliah Hubungan Internasional, khususnya di PTN favorit.

Pada jurusan kuliah IPS ini kita belajar tentang seni diplomasi, hukum internasional, perdagangan luar negeri, politik luar negeri, hingga ekonomi internasional. It's not compulsory, but being fluent in English is a benefit for you to study International Relations.

As expected, jurusan kuliah IPS ini menjadi incaran mereka-mereka yang ingin menjadi diplomat atau duta besar. Padahal tak selalu seperti itu, Sobat. Prospek alumni Hubungan Internasional cukup beragam, termasuk diantaranya menjadi jurnalis internasional, konsultan imigrasi, maupun konsultan politik.

Hubungan Internasional UI akan menerima 18 saja mahasiswa baru pada SBMPTN 2020. Pada SBMPTN 2018, ketetatan persaingan masuk jurusan anak IPS ini mencapai 1,52%. Tak terlalu jauh dengan UI, Hubungan Internasional UGM dan Unpad akan menerima masing-masing 28 dan 36 mahasiswa baru pada SBMPTN 2020.

 

3. Akuntansi

Sudah belajar Akuntansi di sekolah, belajar lagi dibangku kuliah? Begitulah kira-kira, Akuntansi menjadi kawan karib anak IPS. Tapi memang jurusan kuliah IPS ini menjadi runner up favorit pada SBMPTN 2018, Sobat.

Pada jurusan anak IPS ini, kita belajar tentang akuntansi manajerial, akuntansi keuangan, pengendalian anggaran, akuntansi pajak, audit, aspek hukum akuntansi, prosedur pelaporan, sistem informasi bisnis, dan masih banyak lagi. Sebagian topik Akuntansi ini mungkin sudah familiar bagi anak IPS, tapi masih banyak lagi yang dipelajari dibangku kuliah.

Akuntansi UI akan menerima 60 mahasiswa baru pada SBMPTN 2020. Keketatan persaingan masuk jurusan kuliah IPS di UI ini terus menurun dari tahun ketahun, dengan angka ketetatan 4,17% pada SBMPTN 2018. Kita mengacu pada SBMPTN 2018 karena SBMPTN 2019 dilakukan dengan cara berbeda – peserta sudah mengetahui skor UTBK-nya terlebih dahulu.

 

Bagaimana dengan pilihan jurusan kuliahmu, Sobat? Apakah salah satu dari tiga jurusan kuliah IPS diatas adalah incaranmu pada SBMPTN 2020 nanti?

It's hard to predict the trend, though. Barangkali pada SBMPTN 2020 esok, peminat Akuntansi akan melampaui peminat Ilmu Komunikasi – we'll never know until it's over.

Terlepas dari fakta bahwa beberapa jurusan anak IPS lebih diminati daripada yang lain, kita tak bisa melonggarkan persiapan SBMPTN. Because, again, we can't really tell how the trend will take its course this year.

60

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp