APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

3 Kiat Anti Stres Menulis Tugas Akhir

Menulis tugas akhir dapat dilakukan tanpa stres.

Kiat Anti Stres Menulis Tugas Akhir, photo credit ISTOCKPHOTO.COM/LAMAIP

Let's be honest. Tugas Akhir (TA) sering menjadi momok tersendiri bagi para siswa SMK maupun mahasiswa diploma. Bagi siswa SMK, menulis proposal hingga laporannya merupakan sesuatu yang baru. Sementara secara umum, menulis itu sendiri masih menjadi perjuangan yang tak mudah bagi sebagian besar pelajar dan mahasiswa.

Sobat Pintar juga harus menulis TA? Awas, berhati-hatilah jangan sampai terlalu stres karena TA. Bagaimana kiatnya? Mari lihat satu demi satu berikut ini.

 

1. Luangkan Waktu, Buat Jadwal Pribadi, dan Tepati

Salah satu penyebab stres pada masa TA adalah TA itu sendiri yang sepertinya tak kunjung selesai. But wait, let's be more honest – yeah, again. Sebenarnya kenapa TA kita tak ada perkembangan yang signifikan?

Salah satu sebabnya adalah karena kita 'tak punya waktu' untuk mengerjakannya. Memang siswa SMK punya banyak tugas yang harus dikerjakan, tapi jangan sampai kehabisan waktu untuk mengerjakan TA, Sobat. Apalagi, kalau alasannya demi jalan-jalan, hangout, atau semacamnya.

You'll have so much time for fun only after has your work done. For the time being, make time to write your report. Luangkan waktu – entah benar-benar ada atau tidak. Jangan tergoda untuk skip jadwal sekali saja karena biasanya kita akan punya lebih banyak alasan untuk melakukannya lagi.

 

2. Bagi Waktu dengan Baik: untuk TA dan Istirahat

Sulit tidur karena memikirkan TA? Again, rather than wasting your time feeling stressed thinking of your report, why don't you get up and write it down? Tapi alangkah baiknya bila TA dikerjakan saja disiang hari, sehingga Sobat bisa tidur nyenyak dimalam hari.

Bila dapat meluangkan waktu untuk menulis TA, sekalipun satu paragraf saja, maka setidaknya Sobat tak dikejar rasa bersalah ketika berbaring hendak tidur dimalam hari. Lebih baik lagi, bila waktu tersebut tersusun rapi dan ditaati. Semakin baik Sobat mengelola penulisan TA, semakin nyenyak pula tidurmu nanti.

 

3. Berlatih Melakukan Relaksasi Bila Perlu

Jangan abaikan rasa stres yang ditimbulkan oleh penulisan TA. We'll never know where it brings us to. Apalagi, bila Sobat ingin lanjut kuliah dan harus menulis skripsi. Jangan sampai penulisan TA membawa rasa trauma, ya!

Menurut riliv story, riset di Connecticut University membuktikan bahwa kita dapat membangun ketahanan terhadap stres dalam 20 menit. Dengan kata lain, saat rasa stres itu menyerang, kita punya waktu 20 menit untuk menghadapinya dan merasa lebih baik sesudahnya.

Cobalah untuk melakukan relaksasi dalam 20 menit tersebut. Relaksasinya bukan dengan rebahan sampai tertidur ya, Sobat. Cobalah untuk duduk santai, kemudian bernapas dengan sadar dan teratur dalam hitungan yang sama saat menarik dan menghembuskannya.

Cara relaksasi yang lain adalah dengan melakukan kegiatan yang cukup menghibur, seperti nonton film, jalan-jalan, nongkrong, atau yang lain. Tapi jangan lakukan ini tanpa ada progress nyata pada TA-mu ya, Sobat. Bila Sobat mampu disiplin mengatur jadwal menulis TA, meluangkan waktu untuk hal-hal menyenangkan takkan menjadi persoalan.

 

Anyway, menulis TA hanya salah satu fase kehidupan kita. Sobat yang saat ini duduk dibangku SMK dan ingin lanjut kuliah, masih ada skripsi atau bahkan TA lagi yang menunggu. Bukankah mau tak mau harus dijalani, juga? Nah, cara kita menjalaninya itulah letak seninya, Sobat.

380

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
bantu aku buat skripsi dung
00
bantu aku buat skripsi dung
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog