PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via healthafterchemo.com

3 Prinsip Mudah Hidup Sehat untuk Pelajar

Tips Buat Kamu

Sebagian besar dari kita yang masih berusia muda dan belia cenderung mengabaikan kesehatan. Ada aja alasannya, "Ah masih muda, masih sehat," atau "Ah kolesterol tuh cuma buat yang tua-tua, yang muda sih asyik-asyik aja," dan "Mumpung masih muda, puas-puasin makan enak, jangan banyak mikir soal kesehatan." Padahal, kesehatan itu soal penting pada semua rentang usia. Kalau kebiasaanmu sedari sekarang aja udah payah, gimana nantinya kalau usiamu lebih dewasa? Enggak gampang lho, mengubah kebiasaan – apalagi kebiasaan buruk. Lagipula, kamu sendiri yang diuntungkan dengan kesehatan badanmu. Kamu bisa beraktivitas sesuka hatimu, seperti main basket saat temanmu sakit perut, menyelesaikan tugas dan ujian saat temanmu opname di rumah sakit, jalan-jalan keluar kota atau camping di gunung saat temanmu alergi ini itu sehingga kegiatan luar ruangannya sangat terbatas. Bayangkan betapa banyak kegiatan dan pengalaman yang bisa kamu lakukan dan dapatkan diluar sana, betapa banyak hal yang dapat kamu pelajari, dan berapa banyak tugas yang tuntas dengan kesehatanmu yang prima. Jadi, bagaimana supaya kamu bisa memiliki pola hidup yang sehat? 1. Mengatur Asupan Makanan dan Pola Makan Sebagai pelajar maupun mahasiswa, penampilan dan berat badan seringkali menjadi poin penting dalam pergaulan – katanya biar percaya diri. Tapi sebenarnya, bukan soal seberapa langsingnya badanmu, tapi lebih pada seberapa sehatnya kamu. Itulah sebabnya, bagaimana, seberapa sering, dan apa saja yang kamu makan pantas mendapat perhatian yang tak asal-asalan. Jangan meninggalkan sarapan sebelum ke sekolah atau kampus demi alasan menurunkan berat badan karena perut yang tenang dan tidak keroncongan dapat membantumu berkonsentrasi dengan lebih baik. Makanlah secara teratur dalam porsi cukup, jangan makan besar sekali dalam sehari supaya sistem pencernaanmu tak tersiksa. Perhatikan komposisi makananmu, hindari makanan dengan kalori dan lemak tinggi karena dapat membuatmu merasa lesu. Variasikan makanan, jangan pilih-pilih dengan mengkonsumsi makanan yang kamu sukai saja karena badanmu butuh berbagai nutrisi dari buah, sayur, daging, susu, dan beragam sumber karbohidrat. Memang banyak banget makanan dan minuman yang menggoda selera, apalagi saat pergi rame-rame sama teman. Sesekali boleh-boleh saja menikmatinya, tapi beberapa zat seperti alkohol ataupun pewarna perasa dan gula buatan dapat memperberat kerja liver dan ginjalmu. Kalau ada apa-apa dengan organ dalammu padahal kamu masih muda, enggak ada spare part yang dijual bebas di toko-toko, bukan? 2. Olahraga Teratur Selain nutrisi dan pola makan yang baik, kamu juga perlu olahraga. Bukan cuma demi penampilan yang lebih kece, tapi lebih pada kualitas kesehatanmu. Olahraga teratur tiga hingga lima kali seminggu dapat meningkatkan stamina fisikmu agar lebih bugar saat belajar, enggak gampang lesu, enggak gampang ngantuk. Olahraga juga membantu memperbaiki mood, sehingga kamu juga jadi lebih nyaman dan semangat belajar. Lagipula pegel juga dong, kalau kamu banyak duduk dan mengerjakan sekian puluh soal atau mantengin buku teks. Peregangan ringan sekalipun dapat membuat peredaran darahmu lebih lancar, apalagi jika kamu olahraga dengan sungguh-sungguh. Kalau sudah merasakan manfaatnya, bisa-bisa kamu ketagihan melakukannnya setiap hari. Setidaknya, jalan kaki atau mengayuh sepeda saat pulang pergi sekolah atau kampus dapat membuat fisikmu lebih aktif. 3. Istirahat Cukup Iya, kamu memang punya tugas menggunung dan banyak banget yang musti dipelajari, tapi tetap saja kamu butuh istirahat yang cukup. Usahakan menyelesaikan semua pekerjaanmu sebelum larut, secepatnya pergi tidur, sehingga keesokan harinya kamu bisa bangun pagi dalam keadaan bugar. Tidur malam yang cukup dapat membantu organ-organ badanmu – termasuk otak – meregenerasi sel-selnya dan memperbaiki yang rusak, sehingga kamu bisa tetap sehat dan cerdas. Cukup tidur juga membantumu berkonsentrasi dengan lebih baik. Bagaimana bila tetap saja kamu tak punya cukup waktu untuk tidur dimalam hari? Kamu bisa coba untuk memejamkan mata disiang hari. Eitts, sebentar-sebentar aja, ya! Jangan tidur dalam satu waktu pelajaran dari awal hingga akhir dengan alasan hidup sehat karena semalamnya kamu kurang tidur gara-gara main game. Bila memungkinkan, aturlah agar sekira satu jam sebelum tidur, kamu menjauh dari layar TV, laptop, ataupun ponsel. Kamu bisa baca buku atau membuat catatan di buku tulismu. Alhasil, waktu istirahatmu akan bisa lebih teratur. Pada dasarnya, enggak sulit kok untuk menjalani pola hidup yang lebih sehat. Justru yang berat adalah saat kamu udah sakit, sementara ada jadwal ujian dan tugas yang menunggu. Betul, tidak?

Lebih masukan Blog

4 Jenjang Pendidikan Dokter

Kalau ditanya tentang lama waktu kuliah pada jenjang S1, semua orang juga bisa menjawab –...

5 Alternatif Saat Duniamu Runtuh – Belum Lolos SBMPTN

Tahukah kamu, kalau peserta SBMPTN yang lolos enggak sampai seperempatnya saja? Beruntunglah...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru