redesain-navbar Portlet

Blog

photo via Picture Getty

5 Alternatif Saat Duniamu Runtuh – Belum Lolos SBMPTN

Tips Buat Kamu

Tahukah kamu, kalau peserta SBMPTN yang lolos enggak sampai seperempatnya saja? Beruntunglah kamu jika termasuk kedalam sebagian kecil peserta ujian dan diterima di PTN. Tapi bagaimana dengan tiga perempat peserta yang tersisihkan dari seleksi fenomenal ini? Tak perlu patah semangat, tak lolos SBMPTN bukalah suatu kegagalan yang menjadi akhir dunia karena kamu masih punya 5 alternatif berikut ini.

 

1. Ujian atau Seleksi Mandiri

Menjadi mahasiswa PTN emang udah jadi cita-citamu sejak kecil? Atau salah satu harapan terbesar orang tuamu? Ya udah deh, bagi peminat PTN garis keras, kamu bisa menjadi mahasiswa PTN melalui jalur Mandiri. Tapi cek dulu ya, karena jalur Mandiri tidak ada di beberapa PTN, misalnya Universitas Padjadjaran dan Institut Teknologi Bandung. Penting lagi untuk mengetahui total penerimaan mahasiswa PTN yang bersangkutan, karena kuota mahasiswa jalur Mandiri tidak boleh lebih dari 30%.

 

2. Ujian Masuk Bersama

Selain ujian Mandiri, kamu masih bisa mengikuti ujian lain semacam SBMPTN, yaitu UMB. Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi, berupa ujian masuk untuk PTN dan PTS, diselenggarakan oleh Perhimpunan SPMB Nusantara. Sama seperti ujian Mandiri, kamu perlu memeriksa PTN yang kamu tuju dan pastikan UMB menjadi salah satu tes masuknya. Asal tau aja nih ya, jumlah PTN dan PTS yang tergabung dalam UMB ini berubah-ubah terus tiap tahunnya, jadi kamu musti teliti dan engak boleh kudet.

 

3. Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri

Masih tentang PTN, tapi yang ini khusus untuk perguruan tinggi dengan basis agama Islam seperti STAIN/ IAIN/ UIN. Sayangnya, tak semua jurusan yang membuka penerimaan mahasiswa melalui UMPTKIN, biasanya hanya jurusan Pendidikan Agama Islam, Komunikasi dan Penyiaran Islam, dan lain-lain.

 

4. Perguruan Tinggi Negeri Non-Gelar

Jika menuntut ilmu lebih penting bagimu daripada gelar yang tersemat dibelakang namamu, kamu masih bisa menjadi mahasiswa PTN. Ya emang enggak semua PTN sih, tapi sekolah vokasi atau politeknik negeri. Program D4 yang ditawarkan oleh kedua tipe pendidikan tinggi ini setara dengan S1, meskipun setelah lulus nanti kamu enggak akan punya gelar sebagaimana teman-temanmu yang kuliah S1. Selain program D4, kamu juga bisa ambil program D3. Kuliah di sekolah vokasi ataupun politeknik negeri bisa jadi pilihan yang bagus bila kamu mengalami kesulitan dana untuk kuliah di PTS.

 

5. Perguruan Tinggi Swasta

Nah, jika biaya tak jadi soal buatmu, kamu bisa kuliah dijurusan pilihanmu di PTS. Tapi bukan berarti masuk PTS tak ada ujian, ya! Biasanya PTS tetap memberlakukan seleksi masuk dalam beberapa gelombang penerimaan mahasiswa – barangkali peluangmu lebih besar disini.

 

Bila SBMPTN menjadi semacam obsesi yang tak bisa lepas dari benakmu, kamu masih bisa mengikuti ujian ini tahun depan. Dan selama menunggu, kamu bisa mengisi waktumu dengan mengambil kursus atau bekerja. Kursus bahasa pada umumnya selalu bermanfaat, apapun bahasa asing yang kamu pelajari. Siapa tahu nantinya kamu butuh bahasa tersebut untuk kuliah dengan beasiswa atau bekerja ke luar negeri. Kalaupun bekerja, kamu bisa memilih pekerjaan freelance yang tak terikat waktu. Siapa tahu tahun depan kamu lolos SBMPTN, dan lagipula kamu harus belajar untuk mempersiapkan ujiannya, kan?

Eh, siapa sih yang bilang lulus SMA/ MA atau SMK harus kuliah? Kamu bisa kerja dan belajar hidup mandiri, lho. Bahkan beberapa BUMN menerima pegawai dari lulusan SMA/ MA atau SMK. Berminat mencoba?

Lebih masukan Blog

3 Prinsip Mudah Hidup Sehat untuk Pelajar

Sebagian besar dari kita yang masih berusia muda dan belia cenderung mengabaikan kesehatan....

Jurusan Masa Depan: Bisnis Digital

Kamu tak asing lagi dengan toko online, bukan? Coba tanya sama generasi oma-opa zaman old,...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka