redesain-navbar Portlet

Blog

3 Tips Mengarahkan Siswa Berhasil Lolos UTBK

Peran Guru Pintar dalam membimbing siswa supaya masuk PTN Idamannya

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Dapat meluluskan siswa dengan nilai yang bagus adalah harapan setiap guru. Dapat mengantarkan siswa-siswinya belajar di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) idamannya juga merupakan sebuah kebahagiaan tak terkira bagi seorang guru. Ada banyak cara yang dapat Guru Pintar lakukan untuk mengarahkan siswa supaya bisa lulus UTBK dan diterima di Perguruan Tinggi Negeri yang diinginkannya.

Apa sih UTBK itu? UTBK adalah singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Hasil dari UTBK nantinya akan digunakan sebagai syarat siswa mengikuti SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Cara masuk perguruan tinggi dengan UTBK ini sudah mulai dilakukan pada tahun 2019. UTBK dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), yaitu sebuah lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia. Pelaksanaan UTBK ini memiliki keunggulan antara lain: hasil tes yang kredibel, terstandar, dan nilai diberikan secara individu kepada peserta.

UTBK 2021 yang telah dilaksanakan diikuti oleh siswa lulusan tahun 2019, 2020, dan 2021 dari SMA/MA/SMK dan sederajat. Lulusan Paket C tahun 2019, 2020, dan 2021 dengan umur maksimal 25 tahun juga dapat mengikuti UTBK 2021 ini. Sangat penting bagi siswa mengikuti UTBK karena merupakan syarat utama dalam Seleksi Bersama Masuk PTN, PTKIN, dan Politeknik Negeri.

Nah. apa peran Guru Pintar supaya siswa sukses UTBK? Berikut ini ulasannya. Baca sampai selesai, ya!

1. Memberikan layanan bimbingan karir

Tips Mengarahkan Siswa Berhasil Lolos UTBK
Foto oleh RF._.studio dari Pexels

Sebelum membimbing siswa hadapi UTBK, Guru Pintar dapat memberikan layanan bimbingan dan pendampingan karir pada siswa. Bimbingan yang biasanya dilakukan oleh guru BK ini sangat bermanfaat untuk memberikan Informasi layanan dalam bimbingan karir. Bimbingan yang diberikan mulai dari peminatan, perencanaan karir, hingga keputusan karir yang kelak akan dipilih oleh siswa. Bentuk bimbingan lainnya adalah layanan pendampingan persiapan masuk perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Dengan cara memberikan berbagai informasi terkait jurusan, perguruan tinggi, dan langkah-langkah yang harus dilakukan supaya dapat diterima di Perguruan Tinggi Negeri atau Politeknik Negeri yang dituju.

2. Memberikan bimbingan dan pendampingan sukses UTBK 2022


Foto oleh RF._.studio dari Pexels

Peran guru dalam mengarahkan siswa berhasil UTBK yang kedua adalah dengan memberikan bimbingan dan pendampingan supaya siswa sukses UTBK. Sejak tahun 2019 Perguruan tinggi memiliki cara berbeda dari tahun sebelumnya dalam melakukan seleksi calon mahasiswanya.  Sebelum mengikuti jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), siswa yang ingin melanjutkan kuliah harus mengikuti Tes Kemampuan Dasar dan Akademik terlebih dahulu, yang dikemas dalam Ujian Tes Berbasis Komputer. Tes UTBK bertujuan untuk mengukur kemampuan calon mahasiswa secara murni sebelum mengikuti seleksi SBMPTN. Karena tergolong hal yang baru, Guru Pintar harus gencar memberikan sosialisasi pendampingan UTBK yang meliputi pengetahuan tentang UTBK, persyaratan mengikuti UTBK, ketentuan mengikuti UTBK, dan juga langkah mendaftar supaya dapat mengikuti UTBK.

3. Menyelenggarakan kegiatan tryout UTBK

Pada tahun 2021 setiap siswa peserta UTBK hanya diperbolehkan mengikuti UTBK sebanyak satu kali dan hasil UTBK 2021 hanya berlaku untuk mengikuti SBMPTN 2021 dan penerimaan di PTN tahun 2021. Oleh karena itu Guru Pintar harus benar-benar mengarahkan siswa berhasil UTBK.

Ada 3 kelompok ujian UTBK yaitu: Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek), Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum), dan Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum). Setiap kelompok ujian memiliki beberapa perbedaan pada materi yang diujikan. Materi yang diujikan dalam Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) adalah Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) Saintek yaitu Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi. Materi ujian Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) adalah Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) Soshum yaitu Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. Sedangkan Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum) memiliki materi ujian Tes Potensi Skolastik (TPS); Tes Kompetensi Akademik (TKA) Saintek yaitu Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi; dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) Soshum yaitu Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi.

Tryout penting dilaksanakan untuk memberikan gambaran pada siswa apa itu UTBK sekaligus menyiapkan siswa baik secara akademik maupun mental dalam menghadapi UTBK. Jika sekolah merasa kurang mampu mempersiapkan tryout UTBK, Guru Pintar tidak perlu risau. Guru Pintar dapat menganjurkan siswa mengikuti tryout-tryout UTBK online seperti yang diselenggarakan oleh PT Aku Pintar Indonesia dalam aplikasi Aku Pintar.


Photo by https://www.facebook.com/akupintar.id

Apa aja yang ditawarkan dari Tryout UTBK Aku Pintar? Dalam tryout UTBK 2020 Aku Pintar yang diselenggarakan tanggal 16-18 November 2020 menawarkan hal-hal berikut ini:

a. Latihan Tes Potensi Skolastik (TPS).

b. Ujian ini terdiri dari 5 subtes.

c. Soal disusun berdasarkan ketentuan dari LTMPT.

d. Setelah mengerjakan Tryout siswa dapat melihat hasil dan pembahasannya.

Dengan mengikuti tryout, diharapkan siswa sudah menguasai tips lolos UTBK dan dapat mencapai cita-citanya belajar di perguruan tinggi negeri yang diinginkannya. Jika ingin mengikuti tryout UTBK 2021 sebagai persiapan mengikuti SBMPTN tahun depan, segera ajak siswa mengunduh aplikasi Aku Pintar di handphone atau follow media sosial Aku Pintar seperti Facebook dan instagram Aku Pintar untuk mendapat berbagai informasi yang bermanfaat termasuk info tryout UTBK.

0
00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet