PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Ada puluhan beasiswa sedang dibuka. Ayo buruan!

website-baru-navbar Portlet

Blog

3 Tips untuk Pelajar Tipe Visual

Tips Buat Kamu

Apa yang dimaksud dengan pelajar bertipe visual? Kalau kamu sehari-harinya cenderung mengakses informasi melalui citra visual, seperti gambar, warna, ruang, atau ilustrasi mental, kemungkinan besar kamu juga memproses pelajaran sekolah secara visual. Lebih dari separuh populasi pelajar terkategorikan bertipe visual. Jadi, bukan hal yang aneh kalau kamu juga bertipe visual. Nah, bagaimana cara belajar yang efektif untuk tipe visual ini? Mari simak tips sederhana berikut ini.

1. Buat Catatanmu Sendiri

Tak melulu harus berupa catatan rapi, kamu bisa membuat gambar, simbol, bahkan peta pikiran. Namun pertama-tama, yang musti kamu lakukan adalah memahami gambaran umum atas suatu materi pelajaran. Begitu kamu memahami struktur utuhnya, kamu bisa memecah apa yang tengah kamu pelajari kedalam bagan, diagram, atau peta pemikiran yang ilustratif. Jangan lupa menyertakan simbol atau gambar yang membantu memberi penjelasan detail. Semakin menarik catatanmu, semakin mudah otakmu memproses dan semakin lama pula menyimpannya.

2. Catatan yang Berwarna

Jangan terpaku pada buku teks. Sah-sah saja bila kamu ingin menambahkan apapun yang muncul dalam benak kedalam catatanmu. Tak jarang, berbagai imajinasi akan muncul tanpa diundang pada benak seseorang yang bertipe visual. Seseorang yang bertipe visual akan mengasosiasikan informasi dengan gambar dalam benaknya, jadi manfaatkan kreativitas otakmu untuk menggali dan mengeksplorasi ilmu yang tengah dipelajari. Dan jangan lupa, tuangkan hasil pemikiran dan imajinasimu dalam corat-coret yang penuh warna pada kertas yang berwarna pula.

3. Kenali Kelebihan dan Kekuranganmu

Seseorang dengan tipe visual memiliki kelemahan dalam beberapa hal. Bila kamu bertipe visual, kamu akan mudah melupakan informasi atau instruksi verbal yang kamu terima. Artikulasi verbalmu juga terbilang kurang lancar meskipun kamu tahu benar apa yang ingin kamu sampaikan. Sebaliknya, kamu sanggup belajar maupun menyelesaikan pekerjaan dalam situasi yang cukup bising atau ramai. Kamu juga cenderung memperhatikan segala sesuatu secara detail. Lanjutkan mendata kelebihan dan kekuranganmu, dan manfaatkan kelebihanmu sebaik mungkin untuk mengatasi kekuranganmu. Misalnya, saat kamu menerima informasi atau instruksi lisan, segera buat catatan agar tidak melupakannya dengan mudah.

Cobalah menerapkan tips-tips mudah di atas. Seiring waktu, kamu akan menemukan strategi atau cara mana yang lebih efektif untukmu. Setiap orang berbeda, jadi bukan hal besar bila caramu berbeda dari orang lain. Bila strategi yang kamu terapkan sesuai dengan karakter dan kebutuhanmu, kamu akan punya peluang yang lebih besar untuk menguasai dan memahami materi pelajaran sekolah. Selamat mencoba!

Lebih masukan Blog

3 Alasan Kenapa Berpikir Kritis Itu Penting

Mempertanyakan dan mengeluhkan tentang banyak hal yang terjadi di sekitarmu, tapi berhenti...

Mengenali 3 Tipe Belajar – Kamu yang Mana?

Dalam dunia pendidikan, tipe belajar dikategorikan kedalam tiga golongan, ditinjau dari cara...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru