PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via blog.100mentors.com

4 Kiat Singkat agar Presentasi Tugas di Kelas Lancar

Tips Pelajar

Kenapa sih, ada temenmu yang keliatan asyik-asyik aja presentasi di depan kelas seperti tanpa beban, gitu? Kenapa kok berat banget kakimu berdiri tegak, perut udah rasanya diaduk-aduk, belum lagi ngomong juga belepotan gak jelas?

Wajar aja lho sebenarnya untuk merasa grogi saat kamu harus berdiri dan menyampaikan sesuatu di depan begitu banyak orang – walaupun mereka adalah teman seru-seruanmu di kantin! Presentasi di depan kelas memang menghasilkan tekanan tersendiri karena tiba-tiba entah dari mana datangnya suasana formal yang menggelayut diudara, apalagi kalau kamu nggak siap sama materi. Mau tau tipsnya? Yuk, lanjut baca.

 

1. Siap dengan Materi Presentasi

Udah disinggung tadi, kesiapan dan penguasaan materi punya andil besar dalam menentukan sukses tidaknya presentasimu. Bila perlu, buatlah poin-poin ringkasan penting pada kartu indeks agar kamu bisa langsung "nyontek" kalau-kalau kelupaan materi ditengah-tengah presentasi.

Biasanya presentasi kan tugas kelompok, tuh. Nah, usahain deh, untuk aktif ambil bagian dalam menyusun materi presentasi. Itung-itung, sekalian belajar buat persiapan presentasinya, jadi kamu tau nanti musti ngomong apa di depan kelas. Kalau ada pertanyaan, kamu juga bisa urun ngasih jawaban.

 

2. Siap dengan Perkiraan Jawaban

Diakhir presentasi, biasanya ada sesi tanya jawab. Nah, selain siap dengan materi, kamu juga kudu siap menjawab berbagai pertanyaan tak terduga yang muncul diakhir presentasi ini. Trus gimana bisa siap kalau kamu nggak tau pertanyaan apa yang bakalan muncul?

Eitts, tenang aja deh, nggak usah panik. Triknya, coba diskusikan dengan anggota kelompok kira-kira pertanyaan apa yang akan muncul saat presentasi nanti. Semakin banyak kepala, semakin bervariasi ide pertanyaan yang muncul. Alhasil, kalian bisa mempersiapkan jawaban dengan lebih baik. Jadi, kalian juga makin siap dengan sesi tanya jawab itu nantinya.

 

3. Buat Slide PowerPoint yang Menarik

Bila kamu presentasi dengan menggunakan bantuan visual, buatlah semenarik mungkin. Slide PowerPoint yang penuh warna, ringkas, jelas, dan informatif dapat membantu presentasimu tampil meyakinkan. Maka, kamupun akan tampil dengan penuh percaya diri. Sementara itu, audience juga akan lebih antusias dengan bantuan visual yang menarik.

Tapi ingat, slide itu cuma berfungsi sebagai bantuan presentasi, ya. Jangan muat seluruh materi atau naskah presentasimu disitu.

 

4. Latihan dengan Anggota Kelompok

Kalau satu dua orang saja dalam kelompok yang mules sebelum presentasi, masih bisa ditolerir, sih. Tapi kalau semua anggota kelompok yakin nggak menguasai materi, gimana?

Coba deh, latihan bareng-bareng. Ada yang pura-pura presentasi, sebagian lagi jadi audience. Dalam masa latihan ini, kalian perlu saling mengoreksi kekurangan satu sama lain, baik dalam hal penguasaan materi maupun penampilan presentasi. Bahkan, kalian bisa menghitung durasi yang dibutuhkan oleh setiap presenter supaya masing-masing mendapat alokasi waktu yang seimbang dan berkesempatan menumbuhkan rasa percaya diri.

 

Soal sulitnya bicara didepan kelas ini sebenarnya tak perlu diambil pusing. Pasalnya, tiga dari empat orang punya ketakutan untuk bicara didepan publik – suatu kondisi psikis yang disebut glassofobia.

Alih-alih terfokus pada perasaan cemas yang kamu rasakan, cobalah untuk menjaga intonasi suaramu tetap stabil dan menjaga kontak mata dengan audience. Tenang saja, audiencemu masihteman yang sama, yang biasa makan bareng dan seru-seruan denganmu. Lambat laun, kamupun akan terbiasa presentasi dan bicara didepan kelas.

Lebih masukan Blog

Tips: 5 Cara Selesaikan Skripsi dan Tugas Akhir tanpa Drama

Iya paham, menulis skripsi, tugas akhir, ataupun makalah memang cukup sulit – terutama buat...

5 Besar Perguruan Tinggi di Dunia Menurut Times Higher Education dan Quacquarelli Symonds

Kalau mencari perguruan tinggi terbaik di dunia, acuan rangking yang sering digunakan adalah...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru