PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via home.bt.com/

5 Besar Perguruan Tinggi di Dunia Menurut Times Higher Education dan Quacquarelli Symonds

Dunia Kampus

Kalau mencari perguruan tinggi terbaik di dunia, acuan rangking yang sering digunakan adalah dari Times Higher Education (THE) ataupun Quacquarelli Symonds (QS). Keduanya memang pernah bekerja sama, namun setelah 2009 THE dan QS menetapkan kriteria dan merilis rangkingnya masing-masing. Bagaimana lima besar rangking keduanya untuk tahun 2019? Mari kita lihat.

 

1. THE: University of Oxford, QS: Massachusetts Institute of Technology (MIT)

University of Oxford berada di Kota Oxford, negara bagian England, Inggris Raya. Kedokteran, Fisika, komputer, dan Humaniora adalah bidang-bidang yang paling menonjol di universitas ini. Mau tau siapa alumni Oxford? Stephen Hawking!

MIT berlokasi di Kota Cambridge, negara bagian Massachusetts, Amerika Serikat. Kalau minatmu ada pada sains dan teknologi, pasti kamu tahu kerennya perguruan tinggi ini. Dan tahukah kamu, alumni MIT berhasil mendirikan puluhan perusahaan yang menyerap jutaan tenaga kerja. Bisa begitu? Yup, selain memiliki sains dan teknologi yang kuat, MIT juga jadi yang terdepan dalam penelitian dan industri.

 

2. THE: University of Cambridge, QS: Stanford University

Dilahirkan oleh sarjana-sarja Oxford, Cambridge adalah pakarnya bidang kesehatan, Ekonomi, dan ilmu hayati. Kira-kira siapa alumni Cambridge? Yak, Charles Darwin dan Isaac Newton.

Jika kamu pengguna Hewlett-Packard, Google, atau Yahoo, maka kamu sedang menggunakan produk dari salah satu perusahaan yang dilahirkan dari Stanford University. Cakupan riset dan ragam jurusan universitas ini memang sangat luas, tak heran bila banyak terobosan baru yang dilahirkannya.

 

3. THE: Stanford University, QS: Harvard University

Menurut Times Higher Education, Stanford University berada diurutan ketiga dalam lima besar perguruan tinggi terbaik di dunia. Beda dari rangking Quacquarelli Symonds? Tentulah, karena keduanya punya indikator yang berbeda – tapi nggak jauh-jauh banget kan bedanya?

Sementara itu, menurut QS, Harvard University-lah yang berada diperingkat ketiga. Salah satu bukti kenapa universitas ini layak berada diurutan ketiga terbaik sedunia adalah banyaknya alumni Harvard yang meraih berbagai penghargaan internasional – tak hanya olimpiade, tapi juga Nobel, Pulitzer, bahkan Academy Awards!

 

4. THE: Massachusetts Institute of Technology (MIT), QS: California Institute of Technology

Berbeda dari versi Quacquarelli Symonds yang menempatkan MIT sebagai jawara pendidikan tinggi di dunia, Times Higher Education mengurutkan MIT pada posisi keempat terbaik di dunia. Tapi tetap saja kan, alma mater Kofi Annan ini nggak kurang keren.

Lantas perguruan tinggi apa yang berada diposisi keempatnya QS? Ia adalah California Institute of Technology, atau lebih sering dikenal Caltech. Kampusnya dilengkapi dengan fasilitas mumpuni, seperti Jet Propulsion Laboratory milik NASA dan Caltech Seismological Laboratory. Bayangkan dengan fasilitas begitu, betapa makmur dan berkembangnya penelitian-penelitian di Caltech.

 

5. THE: California Institute of Technology, QS: University of Oxford

Caltech berada satu peringkat lebih rendah menurut Times Higher Education. Dengan jumlah mahasiswa yang terkendali, kualitas pendidikan rekayasa dan teknologi di kampus ini tentu tetap terjaga.

Dan perguruan tinggi kelima terbaik di dunia menurut Quacquarelli Symonds adalah University of Oxford. Kok beda dari versi Times Higher Education?

 

Times Higher Education dan Quacquarelli Symonds memiliki kriteria atau indikatornya masing-masing untuk menyusun rangking. QS menggunakan enam indikator yaitu reputasi akademik, reputasi lulusan, rasio fakultas dan mahasiswa, sitasi per fakultas, rasio fakultas internasional, dan rasio mahasiswa internasional. Sedangkan Times Higher Education menerapkan 13 indikator yang terbagi kedalam lima kategori yaitu sitasi riset, suasana perkuliahan, reputasi riset, mahasiswa dan staf internasional, serta inovasi industri.

Karena perbedaan indikator itulah, Times Higher Education dan Quacquarelli Symonds punya urutan rangking yang berbeda. Jadi, kamu bisa melihat kualitas dan keunggulan suatu perguruan tinggi berdasar pada dua versi indikator yang berbeda.

Lebih masukan Blog

4 Kiat Singkat agar Presentasi Tugas di Kelas Lancar

Kenapa sih, ada temenmu yang keliatan asyik-asyik aja presentasi di depan kelas seperti...

Tentang Himpunan Mahasiswa Jurusan, Apa yang Perlu Diketahui?

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) adalah organisasi mahasiswa ditingkat jurusan atau program...

Menambah Komentar

K
Khoirunnisa harum p. 9 Bulan Lalu
oxford it's amazing
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru